Film Mulan merupakan salah satu proyek film adaptasi live-action dari Disney yang selanjutnya akan dirilis, mengikuti berbagai film adaptasi sebelumnya seperti Maleficient, Beauty and the Beast, Aladdin, Dumbo, dan beberapa film lainnya. Meskipun perkembangan proses produksinya kurang begitu terdengar, tapi Disney memastikan proyek ini melaju dengan sangat baik.

Hal tersebut dibuktikan dengan dirilisnya teaser trailer perdana dari film Mulan oleh Disney. Dalam trailernya kita melihat bagaimana patuhnya Mulan terhadap permintaan orang tuanya untuk membawa kehormatan kepada keluarganya. Kita juga melihat bagaimana kualitas akting dari aktris Crystal Liu Yi Fei sebagai Mulan. Tapi, jika Geeks sadari ada beberapa karakter yang belum diperlihatkan dalam trailer ini. Siapa saja?

Mushu sang Naga

Buat Geeks yang pernah menyaksikan film animasi Mulan tentunya tahu, jika petualangan Mulan di medan perang tidak sendirian. Dia ditemani oleh seekor naga bijak dan juga cerewet bernama Mushu. Dalam versi film animasi klasiknya, karakter Mushu diisi suaranya oleh komedian dan juga aktor kawakan Eddie Murphy. Namun, sayangnya dalam tayangan trailer ini kita tidak akan melihat karakter Mushu.

Kabarnya, Disney memang sengaja tidak akan menampilkan karakter Mushu untuk film ini dan akan digantikan oleh karakter burung Phoenix. Hal ini tentunya langsung menjadi perhatian para fans dan sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial. Banyak fans yang menyayangkan Disney tidak mau untuk menampilkan Mushu ke dalam filmnya dan berharap Mushu bisa muncul dalam filmnya. Tapi, sebagian fans lainnya mengapresiasi tindakan Disney ini dengan alasan film ini butuh sebuah sentuhan baru.

Cri-Kee

Selain Mushu, sidekick Mushu dan juga sahabat Mulan lainnya adalah Cri-Kee. Cri-Kee merupakan seekor jangkrik kecil lucu berwarna ungu dan sudah menjadi “pembawa keberuntungan” bagi keluarga Fa. Dalam film animasi klasiknya, karakter Cri-Kee suaranya diisi oleh Frank Welker. Dalam trailer film adaptasi live-action ini belum melihat penampilan dari jangkrik pembawa keberuntungan ini.

Cri-Kee mungkin tidak akan memiliki peran yang terlalu signifikan seperti Mushu, yang selalu memberikannya “wejangan” kepada Mulan. Tapi, karena dia merupakan “jimat” keberuntungan bagi keluarga Fa dalam film animasinya dia juga bisa menjadi jimat keberuntungan bagi Mulan dalam film adaptasi live-actionnya.

Li Shang

Tampan, tegap, dan pandai bertarung, itulah karakter yang menggambarkan salah satu karakter lainnya dalam film Mulan, Jendral Li Shang. Dalam film animasinya karakter Li Shang diisi suaranya oleh dua orang, yaitu BD Wong saat dalam sebuah percakapan dan Donny Osmond ketika Li sedang bernyanyi. Jendral Li Shang merupakan pemimpin dari pasukan Fa Mulan dan menjadi orang yang melatih Mulan.

Li Shang juga merupakan karakter yang pertama mengetahui jika Mulan adalah seorang perempuan dan menjadi tambatan hati Mulan. Sayangnya dalam film adaptasi live-action ini, kita tidak akan melihat penampilan Li Shang dengan alasan yang sama dengan Mushu dan Cri-Kee. Sebagai gantinya, Disney akan memperkenalkan karakter lain (orisinal) yaitu Chen Honghui yang akan diperankan oleh Yoson An.

Menurut kabar yang beredar, pada dasarnya Chen Honghui akan menjadi kekasih dari Mulan hanya saja caranya berbeda dengan versi Li Shang. Chen dan Mulan merupakan dua karakter yang saling membenci, karena masalah persaingan. Tapi, semuanya berubah ketika Chen mengetahui jika Mulan merupakan perembuan.

The Emperor of China

Meskipun karakter kaisar Cina hanya seorang karakter pendukung dalam seri animasinya, sang kaisar tetap memiliki peran yang cukup signifikan dalam cerita Mulan. Dialah orang yang memerintahkan seluruh keluarga di Cina untuk mengirimkan minimal satu orang pria untuk bergabung dengan militer Cina dan ikut berperang.

Dalam versi animasinya, sang kaisar Cina diisi suaranya oleh seorang aktor dan komedian Pat Morita. Namun, dalam trailer perdana ini kita masih belum melihat penampilan dari sang kaisar Cina. Dalam film ini, peran Kaisar Cina akan diperankan oleh aktor bela diri Jet Li.

Shan Yu

Shan Yu merupakan karaketr antagonis utama dalam film animasi Mulan. Dia merupakan pemimpin dari suku nomaden, Hun, dan juga seorang pemimpin yang sangat ambisius untuk menguasai daratan Cina. Dialah alasan mengapa Mulan akhirnya mau bergabung dengan pasukan Cina demi menggantikan ayahnya. Shan Yu jugalah alasan Mulan hampir dieksekusi mati atas perintah Chi-Fu karena identitas wanitanya.

Dalam film animasinya, Shan Yu diisi suaranya oleh Miguel Ferrer. Tapi, sayangnya kita tidak akan melihat penampilan dari Shan Yu dalam film adaptasi live-action ini. Sebagai penggantinya, Disney akan memperkenalkan seorang penyihir perempuan yang misterius dan mengerikan yang akan diperankan oleh aktris Gong Li.