Seorang superhero selalu berusaha untuk bersatu dan saling menolong untuk mengalahkan musuh yang dia anggap terlalu sulit untuk dikalahkan sendiri. Konsep ini juga digunakan oleh berbagai kelompok kriminal lainnya, contohnya adalah Sinister Six yang berisi para villain yang pernah dikalahkan atau pernah menghadapi Spider-Man. kelompok Sinister Six ini dibentuk oleh Doctor Octopus dalam perayaan pertama komik Amazing Spider-Man.

Selama bertahun-tahun, kelompok dari Sinister sudah bergonta-ganti anggota untuk mengalahkan sang laba-laba. Hal ini pernah coba diadaptasi dalam versi live-action dama seri film Amazing Spider-Man. Sayangnya rencana tersebut harus kandas setelah film keduanya gagal meraih kesuksesan. Akhirnya rencana tersebut pun belum lagi terdengar sampai saat ini. Tapi, sepertinya Far From Home kembali memberikan harapan untuk konsep tersebut.

Sinister Six di MCU Sejauh Ini

Film Spider-Man versi MCU sudah menghadirkan beberapa villain yang dalam cerita komiknya merupakan anggota dari Sinister Six. Dalam film Spider-man: Homecoming kita diperkenalkan dengan seorang villain bernama Vulture, pedagang senjata ilegal dan salah satu anak buahnya adalah the Shocker; kedua karakternya menjadi karakter penting dalam beberapa versi Sinister Six.

Film tersebut juga menghadirkan karakter villain lainnya, yaitu Scorpion. Donald Glover muncul dalam filmnya dan berperan sebagai Aaron Davis, yang dalam cerita komiknya dia menjadi the Prowler dan memimpin Sinister Six terbaru. Dalam film Far From Home kita melihat villain Mysterio, meskipun di akhir filmnya karakter tersebut tewas.

Meskipun Beck sudah tewas, dia masih memiliki banyak orang di dalam timnya yang siap menggunakan titel Mysterio menggantikan Beck. Sampai sejauh ini, sudah ada empat atau lima member dari anggota Sinister Six yang sudah diperkenalkan di MCU.

Spider-Man Menjadi Target Sinister Six?

Dalam adegan mid-credit scene film Far From Home, kita bisa melihat Mysterio merekam pertarungannya dengan Peter. Dalam tayangan video yang disiarkan di layar raksasa tersebut, Beck juga mengungkapkan identitas asli Spider-Man yang tidak lain adalah Peter Parker. Identitas asli tentunya perlu dirahasiakan bagi seorang superhero, contohnya Spider-Man.

Tujuannya tentu saja untuk melindungi identitas sang superhero dan juga orang-orang disekitarnya. Memang ada momen dimana Peter sengaja mengungkapkan identitas aslinya kepada dunia, yaitu dalam komik Civil War. Seperti yang sudah diduga, setelah pengungkapan jati diri tersebut membuat Peter Parker menjadi incaran banyak villain. Bahkan, dia sampai-sampai harus membuat perjanjian dengan Mephisto sang iblis untuk kembali mengulang jalan cerita hidupnya.

Jika para villain tersebut memperhatikan atau menonton siaran yang menampilkan identitas asli Spider-Man, maka mereka mengetahui siapa Spider-Man sebenarnya. Artinya, sama seperti di komik, mereka bisa mengumpulkan “pasukan” dan menyerang Peter juga keluarga dan temannya. Hal ini sesuai dengan komik Amazing Spider-Man Annual #1, dimana dalam ceritanya komik tersebut memperkenalkan pertama kali dengan Sinister Six.

Kemungkinan Norman Osborn Muncul Di Masa Depan

Sinister Six mungkin memang pertama kali dibentuk oleh Doctor Octopus, tapi pemimpin yang paling terkenal dari kelompok tersebut adalah Norman Osborn yang sudah dirumorkan akan muncul di MCU. Teori yang berkembang adalah Norman Osborn akan membeli gedung bekas markas Avengers dan kemudian dirubah menjadi perusahaan milik Norman, Oscorp. Teori lainnya juga menyebutkan jika Norman merupakan pembeli teknologi dari Vulture.

Selain pembeli dari teknologi Vulture, dia juga dirumorkan menjadi klien misterius yang disebutkan oleh Sony Burch dalam film Ant-Man and the Wasp yang tertarik dengan teknologi Hank Pym. Memang apa yang disebutkan merupakan rumor dan masih sekedar teori, tapi jika memang Marvel “berani” untuk memunculkan Norman di MCU maka itu merupakan sebuah langkah yang besar.

Seperti yang pernah dibahas seblumnya, Norman Osborn bisa menjadi villain utama di Phase 4 mendatang sebagai pengganti Thanos. Dalam cerita komik Marvel “Dark Reign” Norman memang benar-benar mengambil alih kekuasaan dari Marvel universe. Bukan hanya dia menjadi seorang Green Goblin, dia juga menjadi seorang Avengers dan pemimpin mereka. Osborn menciptakan Avengers versi dirinya sendiri yang disebut sebagai Dark Avengers.

Di akhir mid-credit scene kalian bisa melihat sebuah konstruksi bangunan dengan bertuliskan “We Can’t Wait To Show You What’s Coming Next”, lengkap beserta sebuah tanda panah menuju pintu masuk. Apakah artinya Norman Osborn akan muncul di MCU?

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2