Ingatan Big Mom akhirnya kembali setelah cukup lama kehilangan ingatannya. Kembalinya ingatan Big Mom ini dikarenakan serangan Brachio Bomb milik Queen yang mengenai kepalanya. Saat Big Mom kembali sadar dan ingatannya pulih, Queen menyangkan jika mereka harus menghadapi keganasan Olin. Tapi, pada kenyataannya dia justru tertidur.

Momen tersebut dimanfaatkan oleh Queen untuk segera menangkapnya dan segera menyerahkannya kepada Kaidou. Penjara Udon pun akhirnya harus berkurang penjagaannya, karena sebagian besar anak buah Queen ikut menjaga Big Mom. Hal ini juga dimanfaatkan oleh Luffy untuk “mengambil alih” penjara Udon. Apa saja yang dibahas di chapter 948 ini?

Luffy Latihan Haki

Seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, Luffy tidak sengaja berhasil melepaskan kalung peledak yang ada di leher Luffy dan Hyogoro. Tanpa disadari Luffy melepaskan kalung tersebut dengan menggunakan Haki dengan tingkat yang lebih tinggi, mirip seperti yang dilakukan oleh Rayleigh. Hyogoro kemudian meminta Luffy untuk menggunakan Haki tersebut lagi saat melawan Big Mom, tapi Luffy belum menguasainya sehingga dia tidak bisa mengeluarkan Haki tersebut.

Di chapter ini kita melihat bagaimana Luffy menghajar para tahanan yang mencoba untuk menghalanginya. Meskipun Luffy gagal menggunakan Haki tersebut saat melawan para kelompok tahanan, Luffy mengaku hal itu tidak menjadi masalah. Dengan banyaknya para tahanan yang mengepungnya akan menjadi latihan Haki yang menyenangkan.

Alasan Para Tahanan Tidak Kabur

Meskipun para tahanan tersebut mencoba untuk menghalangi Luffy untuk menguasai penjara Udon, sebenarnya mereka sangat ingin keluar dari penjara tersebut. Tapi, ada sebuah alasan besar mengapa mereka tidak ingin keluar dari penjara Udon yaitu mereka tidak memiliki tempat berlindung, suplai makanan, dan mereka pastinya akan menjadi incaran Orochi dan Kaidou.

Dalam panel ini kita melihat seorang tahanan menceritakan jika pada 20 tahun yang lalu, mereka sempat membuat sebuah aliansi untuk membalaskan dendam Kozuki Oden. Namun, rencana mereka digagalkan oleh Kaidou. Keluarga mereka banyak yang tewas dan mereka juga kehilangan teman-teman mereka. Salah seorang tahanan juga mengaku bahwa setelah eksekusi Yasuie dialkukan, keinginan mereka untuk melawan sekarang sudah redup.

Queen Ternyata Seorang Ahli Senjata dan Kimia

Untuk mencegah keributan semakin meluas, Babanuki memerintahkan para tahanan untuk mengepung Luffy dan menahannya. Di sisi lain, Daifugo justru menembak salah satu tahanan yang memiliki keinginan yang sama dengan Luffy untuk bebas. Dia menembak orang tersebut dengan sebuah peluru beracun, yang membuat tubuh korbannya terbakar dan siapapun yang menyentuhnya juga akan terbakar.

Daifugo kemudian menyebutkan jika semua peluru racun tersebut merupakan hasil karya dari Queen. Daifugo juga megatakan jika Queen merupakan seorang yang ahli dalam mekanisme persenjataan dan juga ahli dalam berbagai penyakit yang menular.

Kemunculan Kawamatsu

Sejak beberapa chapter sebelumnya, Raizo yang dibantu oleh Caribou berusaha untuk mencari seorang tahanan yang merupakan karakter legendaris negara Wano. Dia adalah Kawamatsu, yang merupakan salah satu anggota dari nine Red Scabbard. Sebelumnya Kawamatsu sendiri sudah diperlihatkan hanya saja dalam bentuk siluet. Di chapter ini akhirnya identitas dari Kawamatsu terungkap.

LuffyBerkat Raizo yang memberikan kunci tahanan serta pedangnya, akhirnya Kawamatsu sang kappa pun muncul. Kawamatsu sendiri sempat menjadi incaran para anak buah babanuki untuk dibunuh, karena mereka menginginkan imbalan atas kepala Kawamatsu. Namun, meskipun Kawamatsu sudah lama dipenjara kemampuannya tidak menghilang sedikit pun.

Aliansi Topi Jerami

Kawamatsu, Raizo, Kikunojo, Chopper, Hyogoro, dan Luffy akhirnya berkumpul dan “beraliansi” di dalam penjara tersebut. Tujuannya adalah menghajar para tahanan dan kabur dari penjara Udon. Tujuan lainnya adalah mencegah para anak buah Kaidou tersebut melapor kepada bos mereka. Tapi, ada hal menarik dalam situasi ini yaitu para tahanan tersebut tidak mengenal siapa Luffy.

Saat Luffy dan semuanya berkumpul menjadi satu, para tahanan mengenali masing-masing mereka. Para tahanan tersebut mengenal Kawamatsu, mereka mengenai siapa Hyogoro, mereka mengenal Raizo, mereka kenal siapa Kikunojo (meskipun kaget karena para tahanan mengira Kiku sudah tewas). Tapi, mereka tidak mengenal siapa Luffy. Hal ini tentunya mengejutkan mengingat Luffy sudah banyak berbuat “onar” dan menjadi incaran angkatan laut. Bahkan nilai buruannya sekarang sudah mencapai 1,5 milliar Belly.