X-Men merupakan salah satu franchise Marvel Comics yang sangat populer dan juga franchise yang memiliki banyak cerita sejak pertama kemunculannya. X-Men sendiri pertama kali diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby di tahun 1960an. X-Men merupakan kelompok superhero yang berisi para mutan luar biasa yang dipimpn oleh Charlex Xavier.

Tujuannya adalah selain sebagai pembela kaum mutan, juga menjadi pembela manusia agar tercipta sebuah keadaan dimana antara manusia dan mutan bisa saling hidup bersama. Dengan jalan cerita yang panjang dan banyak, wajar jika X-Men memiliki banyak sekali karakter. Saking banyaknya, pohon keluarga dari X-Men bisa benar-benar rumit jika harus digambarkan.

Seorang ilustrator yang juga merupakan penggemar X-Men mencoba untuk memberikan gambaran bagaimana pohon keluarga dari para karakter X-Men. Dengan banyaknya hubungan yang rumit, wajar jika kita tidak bisa memahami jalur hubungan tersebut dalam waktu singkat. Dalam ilustrasinya kita bisa melihat jika Cyclops memiliki ubungan dengan Corsair yang merupakan ayahnya. Havoc dan Vulcan adalah saudara kembar Cyclops dan Jean Grey juga Madelyne Pryor merupakan istri Cyclops.

Artinya Cyclops merupakan ayah bagi Rachel Summers dan Cable. Dalam gambar lainnya kita bisa melihat jika Magneto merupakan ayah dari Scarlet Witch, Polaris, dan Quicksilver. Hal ini juga sempat disinggung dalam franchise X-Men versi live-action, dimana Magneto dan Quicksilver adalah ayah dan anak. Hubungan lainnya yang juga menjadi sorotan adalah Charles Xavier dan Juggernaut yang merupakan saudara angkat dalam komiknya. Bagaimana menurut kalian Geeks?