Warning! Artikel ini mengandung spoiler Far From Home!


Film besutan Marvel studios dan Sony Pictures, Spider-Man: Far From Home, akhirnya dirilis di bioskop dan akan menjadi film penutup di Phase 3 Marvel Cinamatic Universe sekaligus menjadi jembatan untuk hal berikutnya di MCU. Ada banyak spoiler yang terungkap dalam film ini, dan beberapa diantaranya benar-benar tidak terduga. Apa saja?

Myterio Merupakan Villain Dari Dunia Kita

Meskipun dalam berbagai materi promosi film Far From Home kita diperlihatkan jika Mysterio merupakan seorang mentor baru bagi Spider-Man, dan juga seorang superhero dari bumi lainnya di multiverse, di film ini terungkap jika semua hal itu bohong. Quentin Beck sebenarnya merupakan villain yang berasal dari bumi yang sama dan bukan dari bumi yang lain.

Untuk para fans Marvel Comics tentunya hal ini bukan sebuah kejutan yang besar, karena sudah sejak lama diceritakan jika Beck merupakan seseorang yang selalu bercita-cita menjadi seorang pahlawan. Dalam filmnya, kita melihat bagaimana Beck berhasil membuat sebuah hubungan dengan Peter dan membuatnya percaya jika dia merupakan sosok mentor yang pas sebagai pengganti Tony Stark. Baru di akhir cerita kita mengetahui jika Mysterio memiliki niat yang jahat terhadap teknologi milik Tony Stark.

Mysterio Ingin Menjadi Iron Man Yang Baru

Dalam cerita filmnya, kita sempat mendengar tujuan utama dari Beck untuk melakukan berbagai serangan besar di beberapa kota di Eropa. Tujuannya yaitu menjadi pelindung terhebat bumi, menjadi pahlawan paling hebat di dunia, dan menjadi pengisi tempat kosong yang ditinggalkan oleh Iron Man. Selain itu, Beck juga menginginkan pengakuan yang selama ini dia impikan atas berbagai teknologi yang dia ciptakan dan digunakan oleh Tony Stark.

Contohnya adalah teknologi BARF, yang pada konsep awalnya bernama EDITH. Nama tersebut diganti oleh Stark dan hal itu membuat Beck kesal. Bahkan, Beck pun kemudian dipecat oleh Stark. Stark mengatakan jika dia merupakan orang yang “tidak stabil”, dan untuk membuktikan hal tersebut salah dia pun kemudian terobsesi untuk menjadi pahlawan super dan rela melakukan apapun.

Elementals Merupakan Ilusi Yang Diciptakan BARF

Mysterio tidak memiliki kekuatan super apapun untuk menjadi superhero, namun dia merupakan seorang yang hebat dalam hal teknologi. Karena hal itu, dia pun menciptakan kelompok villain bernama Elementals untuk membantunya menjadi seorang pahlawan super. Beck, bersama dengan timnya yang sama-sama pernah dikecewakan oleh Stark, menggunakan teknolog BARF (teknologi yang digunakan dalam film Civil War) dan drone untuk menciptakan ilusi Elementals dan juga Mysterio.

Mysterio yang aslinya sendiri berada di tempat yang lain sambil mengendalikan para drone tersebut. Tim tersebut juga membantu Beck dalam berbagai hal, contohnya dengan mengarang cerita tentang konsep multiverse, membuat teknologi gelombang elektromagnetik yang mengelabui teknologi Nick Fury, dan lainnya.

Mysterio Diciptakan Oleh Teman Sekelas Peter

Quentin Beck adalah aktor yang harus “menjual” personanya agar bisa dipercayai oleh Nick Fury, Peter Parker, dan seluruh dunia. Namun, di film ini sebenarnya nama Mysterio sendiri diberikan oleh salah seorang teman Peter Parker yaitu Tony Raviolo, yang diperankan oleh Flash Thompson. Hal tersebut terjadi saat mereka berkumpul kembali di hotel dan menyaksikan tayangan berita setelah serangan monster Elementals.

Pembaca berita kemudian menyebutkan kata “Mysterio” yang kemudian diartikan oleh Tony sebagai nama pahlawan dari Beck. Tapi, Marry Jane kemudian sempat menjelaskan jika sebenarnya nama Mysterio digunakan karena identitasnya masih belum diketahui. Peter sendiri sempat menyebut Beck dengan Mysterio saat pertama kali bertemu degannya.

Peter Mengungkapkan Identitas Spider-Man Kepada MJ

Saat Peter Parker dan Mysterio terlibat sebuah pertarungan dengan salah satu monster Elementals, satu bagian drone tidak sengaja terkena jaring Peter dan dia pun membuangnya. MJ yang bersembunyi dibalik tembok sambil memperhatikan adegan tersebut, kemudian mengambil drone tersebut. Ketika MJ menanyai hal tentang Peter yang menjadi Spider-Man, Peter sempat mengelak kalau dia bukan Spider-man.

Tapi, ketika MJ memperlihatkan salah satu drone yang tidak berfungsi, tiba-tiba proyeksi gambar ilusi Elemental dan Mysterio pun muncul. Saat itulah Peter menyadari jika Beck bukanlah orang yang dia duga. Sadar jika dunia dalam bahaya dan tidak ada waktu lagi, akhirnya Peter mengatakan yang sebenarnya kepada MJ. Kemudian Peter pun pergi untuk memperingatkan Fury tentang Beck.

Mysterio Tewas

MCU sering mendapatkan kritikan dari para fans karena mereka membunuh berbagai villain terbaik mereka. Tren tersebut sepertinya berlanjut dengan terbunuhnya Mysterio dalam film ini. Mungkin ada sebagian orang yang mengatakan jika Peter yang membunuh Mysterio, ada juga yang berpendapat jika itu merupakan keteledoran dari Mysterio sendiri.

Hal ini terjadi saat Peter dan Mysterio akhirnya bertemu di Tower Bridge, London. Beck kemudian memerintahkan drone untuk melindunginya dan menyerang Peter. Tapi, berkat kemampuan “spider-sense” atau “Peter Tingle” yang akhirnya berfungsi maksimal Peter pun berhasil selamat dari ilusi yang dibuat Beck dan menghancurkan drone yang melindunginya. Namun, saat Peter menyerang salah satu drone, peluru yang ditembakan justru mengarah kepada Beck dan Beck pun tertembak lalu sekarat dan tewas.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2