Nick Fury, Skrull dan SWORD

Marvel mungkin terbiasa dengan mengakhiri filmnya dengan berbagai lelucon ringan untuk menetralisir berbagai adegan menegangkan sebelumnya. Tapi, Far From Home justru terus memberikan berbagai kejutan besar di sepanjang film. Salah satu contohnya adalah terungkapnya fakta bahwa Nick Fury dan Maria Hill yang kita lihat di sepanjang film ternyata merupakan Skrull yang menyamar.

Mereka adalah Talos dan Soren, dua Skrull yang diselamatkan Carol Danvers di film Captain Marvel. Sedangkan Nick Fury yang aslinya sendiri sedang “berlibur” berada di luar angkasa. Kita masih belum mengetahui apa yang sedang ia kerjakan disana. Sepertinya Nick tengah dalam sebuah proyek baru untuk membentuk organisasi baru yaitu SWORD. SWORD merupakan kependekan dari Sentient World Observation and Response Department, yang pada dasarnya merupakan SHIELD untuk luar angkasa.

Nick Fury (atau Talos) mengungkapkan jika dirinya tidak mempunyai tim atau sumber daya apapun di bumi ini. Jadi, rasanya wajar jika Nick kemudian mencarinya sampai ke luar angkasa. Melihat apa yang terjadi sebelumnya, Nick Fury kemudian memutuskan untuk “pindah” lokasi tugasnya menuju luar angkasa. Jika Phase 4 nanti memang akan mengangkat cerita bertema kosmik, pembentukan SWORD dirasa pas yang memberikan fungsi yang sama seperti SHIELD di Phase 1 dan 2.

Kemenangan dan Kegagalan Tony Stark

Dibandingkan dengan Homecoming, Far From Home bukan hanya berbeicara tentang Peter Parker, tapi juga mentornya Tony Stark. Tony sudah tidak lagi ada di dunia tersebut, tapi dia masih tetap hidup dalam hati dan pikiran Peter. Berbagai warisan dan juga ide-ide kehidupannya, membantu Spider-Man membentuk karakternya dan juga cerita Spider-man secara keseluruhan.

Iron Man memberikan Spider-Man alat yang dia gunakan untuk mengalahkan Mysterio, termasuk EDITH dan kostum terbarunya. Tapi, yang paling simbolik adalah bagaimana Peter membangun kostumnya sendri, seperti yang dilakukan oleh Tony. Dengan Spider-Man yang tidak pernah menyerah, mampu kembali bangkit, dan memperbaiki kesalahan yang sudah dia buat, Peter berhasil memenangkan pertarungannya.

Tapi, Peter bukanlah Tony dan dia juga bukan Iron Man selanjutnya. Ini merupakan sebuah kemenangan bagi Tony Stark. Apa yang dilakukan oleh Peter tentunya berlainan dengan mereka yang ingin membalaskan dendam kepada Iron Man. Tim bentukan Mysterio berisi mereka yang merupakan mantan pegawai dari Stark, yang memiliki alasan yang sama. Meskipun Tony sudah tiada, teknologinya seperti BARF dan EDITH sama-sama bisa memberikan ancaman kepada dunia jika jatuh ke tangan orang yang salah.

Bagaimana Far From Home Menjadi Landasan Bagi Masa Depan MCU

Spider-Man: Far From Home adalah sebuah titik akhir yang sangat menyenangkan bagi Phase 3 MCU, tapi rasanya bukan Marvel jika mereka tidak meberikan petunjuk apapun tentang rencana mereka kedepannya. Tidak petunjuk yang jelas seperti dalam film-film sebelumnya, tapi tetap filmnya mampu memberikan gambaran kemana arah Phase 4 nanti.

Yang paling jelas adalah ada sebuah petunjuk yang menyebutkan jika kemungkinan besar Spider-Man 3 akan dibuat dan hal ini tentunya akan terasa sangat menyenangkan bagi para fans Marvel. Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan identitas Peter yang sudah diketahui publik akan ada banyak orang yang mengincar nyawanya mulai dari Norman Osborn, Scorpion, dan mungkin Kraven.

Semua tantangan tersebut harus Peter lewati sembari juga harus menjalani kehidupan sekolahnya, hubungannya bersama Mary Jane, dan masih banyak lainnya. Di sisi lain Far From Home juga sepertinya memberikan petunjuk lainnya tentang berbagai hal kosmik di Phase 4 mendatang. Contohnya adalah bagaimana SWORD kemungkinan akan memiliki peran penting di film Captain Marvel 2, atau film-film MCU lainnnya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.