Warning! Artikel ini mengandung spoiler Avengers: Endgame!


Pada akhir Juni kemarin, para fans Marvel dikejutkan dengan sebuah pengumuman yang dilakukan oleh Marvel Studios. Mereka mengumumkan bahwa film Avengers: Endgame akan kembali dirilis. Ada hal yang membuat perilisan film Endgame ini sedikit berbeda dari perilsan awal, yaitu mereka memperlihatkan post-credit scene yang sebelumnya absen dari filmnya. Lalu, kira-kira apa saja adegan post-credit scene tersebut?

Hulk Menyelamatkan Warga Kota

Warga kota New York dihebohkan dengan kebakaran besar yang melanda salah satu gedung apartemen. Kita bisa melihat bagaimana para petugas pemadam kebakaran kota New York berusaha keras untuk memadamkan apinya. Tapi, ada satu masalah besar. Masih ada beberapa warga di dalam gedung yang terjebak di dalam kebarakan besar tersebut.

Saat kepala regu pemadam kebakaran meminta bantuan, tiba-tiba mereka melihat ada sesuatu yang datang menghampiri lokasi kebakaran tersebut dan masuk ke dalamnya. Kita kemudian melihat makhluk tersebut pergi menyisir bangunan dan menyelamatkan orang-orang yang terjebak di dalamnya. Di akhir adegan kemudian kita mengetahui jika ternyata makhluk yang membantu pemadam kebakaran tersebut adalah Professor Hulk.

Nick Fury dan Maria Hill Bertemu Mysterio

Masih ada satu adegan lainnya setelah adegan Hulk menyelamatkan warga kota. Selanjutnya kita melihat Nick Fury dan Maria Hill pergi ke wilayah Ixtenco, Meksiko. Tidak disebutkan apa tujuan mereka sebenarnya, namun dengan keadaan wilayah tersebut yang sudah hancur lebur dan berantakan sepertinya mereka akan menginvestigasi apa yang sudah terjadi di daerah tersebut.

Namun, tiba-tiba mereka dikejutkan dengan kemunculan Mysterio di wilayah tersebut. Sebenarnya adegan ini sempat muncul di trailer Spider-Man: Far From Home, hanya saja dalam trailer Far From Home kita tidak melihat bagaimana Nick Fury dan Maria Hill bisa tiba di wilayah tersebut. Dalam adegan ini juga kita diperlihatkan untuk pertama kali salah satu anggota dari The Elementals of Doom dari elemen tanah.

Tambahan Footage Lainnya

Selain dua adegan post-credit scene yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa video lainnya yang ditayangkan di akhir film. Pertama adalah video tribute kepada Stan Lee. Seperti yang kita tahu, Stan Lee merupakan salah satu komikus berbakat yang “bertanggung jawab” atas semua karakter-karakter Marvel. Lee juga merupakan seorang aktor dan cameo abadi di berbagai film MCU.

Namun, di akhir 2018 kemarin para pecinta komik dan Marvel harus menerima kabar duka, yang mana Lee meninggal dunia di usia ke 94 tahun Untuk menghormati karya-karyanya, kemudian Marvel Studios membuat video tribute ini. Isi tayangannya adalah berbagai komentar Lee tentang film yang sedang dia mainkan dan juga bagaimana kedekatan dan kehangatan dari sosok Lee dengan para cast dan juga kru film.

Kemudian tayangan lainnya adalah pesan dari salah satu sutradara film Avengers: Endgame, Anthony Russo. Dia menyampaikan pesan yaitu berterima kasih kepada para fans yang masih tetap setia menunggu sampai akhir filmnya. Anthony juga mengungkapkan jika mereka banyak mengambil stok gambar untuk pembuatan film Endgame, namun sayangnya ada beberapa adegan yang harus dipotong  dalam proses editing. Di akhir tayangannya, Anthony mengungkapkan jika para penonton akan melihat adegan mana yang dipotong sekaligus memperlihatkan teaser untuk film selanjutnya.