Mentornya Adalah Seorang Supervillain

Karakter ini sebenarnya direncanakan muncul dalam film Spider-Man yang dirilis pada 2002 silam, tapi kemudian dihilangkan dibandingkan dimasukan ke dalam ceritanya. Dalam cerita komik, Mendel Stromm merupakan professor dari Norman Osborn di kuliah, dan hubungan itulah yang menjadi dasar dibentuknya Oscorp oleh Norman Osborn. Namun, keserakahan membuat Osborn justru mengirim Stromm ke penjara akibat tuduhan penggelapan.

Stromm kemudian berusaha untuk kabur dari penjara dan dia sudah merencanakan untuk menyerang Norman Osborn demi membalaskan dendamnya. Tapi, sebelum hal itu terjadi Stromm menderita serangan jantung fatal. Menyadari tentang penyakitnya ini, Stromm kemudian memutuskan untuk mengubah dirinya menjadi robot. Karakter inilah yang kemudian menjadi seorang supervillain, bahkan Spidey pernah melawannya.

Memiliki Hubungan Yang Buruk Dengan Ayahnya

Cerita bagaimana Norman Osborn begitu terobsesi membentuk Oscorp dan terobsesi untuk menjadi kaya dan memiliki banyak uang terjadi karena ayahnya mengorbankan kesejahteraan keluarganya. Amberson Osborn merupakan seorang penemu dengan talenta yang sangat luat biasa. Demi mewujudkan penemuannya, dia menggunakan seluruh harta keluarganya. Ketika penemuan tersebut sukses, penemuannya kemudian dicuri oleh seseorang. Akibat hal itu, Amberson kemudian berubah menjadi kejam dan memiliki jarak dengan anaknya.

Ayah Norman Osborn tersebut akan mengurung Norman di sebuah rumah mewah keluarganya yang ditinggalkan. Trauma akibat sendirian dan ketakutan yang sangat besar tersebut, mengakibatkan Norman Osborn memiliki dua identitas yang salah satunya adalah Green Goblin itu sendiri. Identitas tersebut sangat membenci ayahnya.

Villain Pertama Yang Sering Muncul Di Berbagai Cerita Spider-Man

Berbagai villain Spider-Man sudah sering dimunculkan dalam berbagai media yang melibatkan Spider-man. Yang terbaru adalah kemunculan Mysterio dalam film Far From Home. Tapi, sebenarnya Norman Osborn merupakan villain pertama Spider-Man yang muncul di berbagai medium cerita.

Geeks bisa menemukan Green Goblin dalam cerita buku komik, seri video game, seri animasi, berbagai materi promosi, dan tentunya dalam bentuk live-action. Artinya ada banyak sekali versi dari Norman Osborn yang sudah muncul sampai saat ini. Karena Norman Osborn merupakan villain sekaligus karakter penting, itulah alasan mengapa dia menjadi villain yang muncul dalam live-action pertama Spider-Man.

Pernah Menjadi Iron Patriot dan Memimpin Avengers

MCU mungkin sudah memperlihatkan jka James Rhodes merupakan karakter orisinal dibalik armor Iron Patriot. Tapi, tahukah Geeks jika sebenarnya karakter pertama yang menggunakan armor Iron Patriot adalah Norman Osborn. Hal ini terjadi ketika Iron Patriot dan Osborn menjadi pemimpin bagi kelompok Dark Avengers.

Dalam cerita tersebut, pada awalnya Norman Osborn sudah dianggap sebagai pahlawan dengan berbagai aksi yang dia tunjukan demi memberantas kejahatan. Tapi, hal tersebut tidak berlangsung lama ketika kebiasaan dan pemikiran jahat Osborn kembali meuncul dan menguasainya. Setelah berusaha untuk menginvasi Asgard, Iron Man kemudian menon-aktifkan armor Iron Patriot dan mengetahui jika Osborn adalah orang dibalik armor tersebut.

Orang Yang Bertanggung Jawab Atas Kematian Gwen Stacy

Buat Geeks para pecinta buku komik dan pecinta Spider-Man mungkin sudah tahu tentang hal ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Norman Osborn pernah melakukan hal yang sangat “luar biasa” yaitu dengan menjalin hubungan dengan Gwen Stacy yang notabene merupakan kekasih dari Peter Parker. Tapi, Norman (Green Goblin) jugalah yang bertanggung jawab atas kematian Gwen.

Hal ini terjadi dalam komik The Amazing Spider-Man 2. Apa yang dilakukan oleh Green Goblin dengan membunuh Gwen Stacy, sudah mengubah jalan cerita utama dari Spider-Man secara keseluruhan. Akibat hal inilah yang membuat Green Goblin (dan juga Norman) menjadi musuh abadi bagi Spider-Man.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.