Jika berbicara tentang Pixar dan Toy Story, film tersebut tidak pernah jauh dari berbagai Easter-Egg atau berbagaihal-hal tersembunyi di filmnya yang berkaitan dengan suatu hal. Toy Story 4 memiliki banyak Easter-Egg, bahkan bisa dibilang Toy Story 4 memiliki lebih banyak Easter-Egg dibandingkan film Pixar sebelumnya. Apa saja Easter-Egg yang muncul di film Toy Story 4?

Nomor Kendaraan ‘RMR F97’

Film Toy Story 4 kembali menghadirkan Bo Peep ke dalam seri Toy Story, setelah dia sempat “menghilang” di beberapa film sebelumnya. Selain menjadi ajang nostalgia dan menjadi bagian dari cerita, kembalinya Bo Peep ke dalam cerita tersebut menyimpan sebuah referensi yang penting. Dalam sebuah adegan flashback tentang Bo Peep, kita melihat Bo Peep berada di dalam sebuah mobil dengan plat nomor RMR F97.

Ternyata diketahui jika kode tersebut memiliki arti yang sangat penting bagi Pixar. Kode tersebut merupakan kode yang dimasukan oleh salah seorang karyawan Pixar yang tidak diketahui identitasnya saat proses produksi Toy Story 2. Kodenya memberikan perintah kepada seluruh server Pixar untuk menghapus berbagai dokumen dan aset-aset lainnya dari film tersebut. Untungnya, server Pixar tidak terhubung, dan data cadangan yang ada bisa mencegah proyek tersebut hilang selamanya.

Perusahaan Eggman

Perusahaan Eggman atau Eggman Moving Company adalah sebuah perusahaan yang membantu kita saat hendak melakukan pindahan rumah atau mengangkut berbagai barang. Tapi, tahukah Geeks jika nama tersebut diambil dari nama salah satu desainer filmnya? Nama desainer tersebutadalah Ralph Eggleston, dan teman-temannya sering memanggil Eggleston dengan nama “Eggman”. Perusahaan ini sudah muncul sejak film pertama Toy Story dirilis dan juga Toy Story 2.

Model Tangan Ed Catmull

Sebelum animasi komputer merupakan sebuah istilah yang umum, seorang mahasiswa dari sebuah Universitas,Ed Catmulld anFred Parke, sudah memulai untukberuji coba dengan teknik atau istilah ini. Dengan menggunakan replika dari tangan Ed, menggambarnya dengan berbagai garis, vector, dan segitiga, dan memindainya dengan komputer, keduanya kemudianberhasil menciptakan sebuah model animasi komputer yang bisa mereka animasikan.

Hasil dari penemuan terebut menjadi tonggak awal sebuah film pendek, A Computer Animated Hand. Tiruan dari pahatan atau patung tangan Ed Catmull tersebut bisa kalian temukan di gudang.

Telepon Mickey Mouse

Pixar mungkin sudah lama dimiliki oleh Disney, tepatnya sejak 2006 silam. Tapi, jarang kita melihat berbagai Easter Eggs yang mereferensikan hal tersebut kepada karakter Mickey Mouse. Tapi, di film Toy Story 4 hal ini berubah. Saat Woody hampir saja ketahuan bisa bergerak oleh sang pemilik toko antik, Margaret, Woody kemudian mengambil telepon dan kemudian melakukan berpose lucu.

Hal ini tentunya mengingatkan para fans dengan salah satu benda populer di masa lalu, yaitu Mickey Mouse Telephones atau telepon Mickey Mouse. Jika Disney menjual benda ini pastinya akan menjadi barang yang cukup laku keras di pasaran. Tapi, rasanya di zaman sekarang tidak terlalu banyak orang yang menggunakan telepon rumah.

Soundtrack The Shining

Mungkin terdengar sangat aneh, tapi para fans sudah lama menemukan Easter Egs dan referensi kepada film The Shining di film-film Toy Story. Mulai dari karpet yang sama dengan yang ada di rumah Sid sampai kepada referensi ‘237’. Tapi, film Toy Story 4 memperjelas bagaimana film The Shining menjadi Easter Egg “rutin” dalam franchise ini.

Hal ini bisa kita lihat saat berada di toko antik dimana Gabby Gabby berada. Ketika kita masuk ke dalam toko tersebut, musik pun berubah. Musik yang diputar di dalam tentunya bukan lagu yang tidak asing, yaitu “Midnight, The Stars and You” yang dinyanyikan oleh Ray Noble dan orkestranya. Lagu ini muncul di adegan terakhir dalam film The Shining. Berdasarkan wawancara Josh Cooley dengan ComingSoon, diketahui jika Josh Cooley merupakan penggemar berat filmnya.

Ruangan 237

Referensi film The Shining di film Toy Story 4 tidak hanya pada musik, ada hal lainnya yang mungkin sedikit sulit untuk ditemukan oleh Geeks. Saat dua karakter baru, yaitu Ducky and Bunny, pergi ke rumah wanita yang akan mereka takut-takuti kita melihat jika nomor pada rumah tersebut menunjukan nomor 237. Dalam film The Shining, Room 237 atau ruangan 237 merupakan ruang dimana terdapat perempuan cantik yang ternyata adalah wanita tua mengerikan.

Roket Bing Bong

Di dalam toko antik milik Margaret, kita melihat banyak sekali barang dan benda-benda yang menarik. Salah satunya adalah benda koleksi yang ada di toko tersebut, roket dengan kekuatan imajinasi yang digunakan oleh Bing Bong, karakter gajah lucu berwarna merah muda yang muncul di film Inside Out.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2