Midnight in Paris

Film ini menceritakan tentang Gil Pender (Owen Wilson), seorang penulis film dan mempunyai mimpi sebagai penulis novel. Berlibur di Paris dengan tunangannya (Rachel McAdams), ia berjalan – jalan di kota sendirian. Pada suatu perjalanan di tengah malam, Gil bertemu dengan sekelompok orang yang aneh yang membawa Gil kembali ke masa lalu untuk menghabiskan malamnya dengan berbagai hal yang selalu dimimpikannya.

Metode Penjelajahan: Berjalan di sudut

Peraturan:

  • Pikirkan dan imajinasikan sebuah waktu di masa lalu yang ingin dikunjungi.
  • Hanya dengan berjalan kaki di sekitar kota sendirian, maka tiba – tiba orang tersebut akan sampai di tujuan.
  • Dapat bertemu dengan orang – orang terkenal dimasa lalu.
  • Hanya bisa melakukan time travel sendirian, dan tak bisa mengajak orang lain.
  • Masa lalu tidak bisa dirubah.

Frequency

Frequency adalah film yang menceritakan seorang anak bernama Johnny Sullvivan saat ia kehilangan ayahnya karena kebakaran hebat yang pernah terjadi. Tapi suatu saat, ia menemukan sebuah radio bekas ayahnya yang dapat menghubungi seseorang di masa lalu. Saat itulah ia berupaya untuk menyelamatkan ayahnya dari kebakaran tersebut. Frequency merupakan film distribusi New Line Cinema bergenre drama sci-fi yang disutradarai oleh Gregory Hoblit.

Metode Penjelajahan: Radio + Aurora Borealis

Peraturan:

  • Tak dapat melakukan time travel, tetapi dapat berkomunikasi dengan orang yang menggunakan radio tersebut di masa lalu. Masa lalunya pun tak bisa dipilih, dimana mendapat default setting sekitar 30 tahun lalu.
  • Dengan memberi informasi dari masa depan, hal itu dapat merubah masa lalu, dan itu juga beresiko untuk merubah masa depan yang baru.
  • Setelah merubah masa lalu, maka akan mendapatkan ingatan atau memori baru mengenai kejadian – kejadian baru, tetapi tetap mengingat hal – hal sebelum masa lalu dirubah.

Groundhog Day

Harold Ramis, sutradara terkenal yang telah menciptakan banyak film unik seperti Ghostbusters, Caddyshack, dan banyak lainnya menciptakan film ini yang menceritakan mengenai seorang petugas cuaca TV yang sinis bernama Phil (Bill Murray). Ia berupaya untuk mengulang kembali hari yang sama berulang-ulang kali ketika ia pergi ke lokasi di kota kecil Punxsutawney untuk merekam sebuah laporan tentang Groundhog Day tahunan.

Metode Penjelajahan: Tidak ada karena hanya mengadalkan keberuntungan.

Peraturan:

  • Menjalankan hari yang sama berkali – kali.
  • Tidak ada orang yang menyadari kecuali orang yang mengulang hari tersebut.
  • Bila meninggalpun, akan mengulangi hari yang sama.
  • Hanya bisa melanjutkan hidup setelah belajar untuk menjadi seorang manusia yang lebih baik, dan menemukan cara untuk mencintai kehidupannya lagi dengan jujur.

About Time

Film yang disutradarai oleh Richard Kurtis ini menceritakan ketika Tim Lake (Domhnall Gleeson) yang berusia 21 diberitahu sebuah rahasia oleh ayahnya, dimana orang-orang dalam keluarga mereka dapat melakukan perjalanan melalui waktu. Meskipun dia tidak bisa mengubah sejarah, Tim memutuskan untuk memperbaiki hidupnya dengan mendapatkan seorang kekasih. Tim bertemu Mary (Rachel McAdams), jatuh cinta dan akhirnya memenangkan hatinya melalui perjalanan waktu dan sedikit licik. Namun, ketika kehidupannya yang tidak biasa berlangsung, Tim menemukan bahwa kemampuan khususnya tidak dapat melindungi dirinya dan orang-orang yang ia cintai dari masalah kehidupan sehari-hari.

Metode Penjelajahan: Konsentrasi di ruang yang gelap dan kecil.

Peraturan:

  • Hanya pria dari keluarga tertentu yang bisa melakukannya.
  • Hanya dapat kembali ke waktu dan tempat yang pernah dikunjungi.
  • Bila kembali setelah mempunyai anak, maka anak tersebut akan berbeda (berhubungan dengan probabilitas fisik dan mental dan sebagainya).

Looper

Film garapan Rian Johnson ini menceritakan mengenai apa yang terjadi bila di masa depan, dimana perjalanan waktu bisa dilakukan. Tetapi, hanya black market atau para kriminal yang bisa menggunakannya. Ketika Mobster ingin menyingkirkan seseorang, mereka mengirimkan target ke masa lalu, di mana seorang operator di masa lalu menunggu untuk menyelesaikan “pekerjaan” tersebut. Joe (Joseph Gordon-Levitt) adalah salah satu dari operator itu, dan ia melakukan pekerjaannya dengan sempurna, sampai suatu hari Joe bertemu dengan dirinya dari masa depan (Bruce Willis) dan semuanya menjadi kacau.

Metode Penjelajahan: Time Machine yang dikontrol oleh sebuah gang.

Peraturan:

  • Pada masa depan, gang tersebut bisa mengirim orang ke masa lalu untuk menghapus orang – orang yang tidak diinginkan, contohnya pembunuh bayaran yang sudah tidak berguna.
  • Setelah sampai di masa lalu, maka orang yang kembali ke masa lalu tersebut akan berada di ladang jagung, dimana seorang pembunuh bayaran, yang bisa jadi adalah dirinya sendiri dari masa lalu dan akan membunuh orang tersebut sesaat dia sampai.
  • Jika berhasil kabur, gangster akan menyiksa versi muda orang yang kabur tersebut agar dia akan “suka rela” menyerah.
  • Semakin banyak hal yang berubah , memori dari hal – hal yang berubah di masa lalu akan menjadi kabur dan susah dimengerti.
1
2