Selain Superman, Batman merupakan salah satu karakter DC yang paling populer di dunia. Terlepas dari Bruce Wayne tidak memiliki kekuatan super apapun, namun Batman bisa mendapatkan banyak perhatian para pecinta komik dan superhero dengan kemampuan bertarung dan kepintarannya. Dengan kepopuleran ini, Batman sering kali “berkolaborasi” dengan berbagai karakter lainnya di luar DC.

Beberapa diantara kolaborasi atau crossover tersebut memang bisa diakui sangat bagus dan keren, tapi sebagian lainnya bisa dibilang sangat gila. Lalu, apa saja crossover gila yang pernah dilakukan oleh Batman?

Batman Bersama Rorschach

Untuk pertemuan dengan salah satu karakter populer dari Watchmen ini, bukan Batman yang menyebrang ke komik lainnya melainkan sang karakter Watchmen tersebut yang mengunjungi Batman. Rorschach sering dianggap sebagai versi gabungan dari Batman dan juga The Question. Hanya saja lebih psycho dari mereka berdua.

Pertemuan antara Rorschach dan Batman ini terjadi dalam event cerita Doomsday clock, sebuah event cerita dimana universe di series Watchmen bergabung dengan universe di series DC. Rorschah yang bertemu dengan Batman dalam cerita ini adalah Rorschach II, setelah yang pertama tewas. Batman mengirim Rorschach II ke Arkham Asylum, setelah dia memakan kue panekuk yang dibuat oleh Alfred untuk Bruce.

Batman Bersama Captain America

Marvel dan DC sudah sejak bedekade lalu merupakan pesaing terberat bagi masing-masing penerbit. Bahkan tidak jarang persaingan diantara dua penerbit besar ini sering menimbulkan konflik. Meskipun begitu, kedua penerbit tersebut juga pernah melakukan sebuah kolaborasi dari karakter mereka. Salah satunya adalah ketika Batman bertemu dengan Captain America dan bekerja sama dengannya di komik Batman/Captain America yang terbit pada 1997.

John Byrne merupakan orang dibalik cerita pertemuan kedua karakter ini. Dalam cerita tersebut, Batman dan Captain America sama-sama bertarung di perang dunia kedua bersama dengan Bucky dan Robin untuk mengalahkan musuh yang sama yaitu Nazi. Joker dan Red Skull pun bekerja sama dengan Nazi demi mendominiasi dunia ini.

Batman Bersama Tarzan

Siapa yang sangka jika Batman pernah berkolaborasi dengan manusia hutan tersebut. Bruce Wayne merupakan seorang bilyuner yang harus kehilangan kedua orang tuanya ketika dia masih kecil. Lord Greystoke juga merupakan seorang bilyuner yang memiliki masa kecil yang sangat sulit dengan dia harus tumbuh di hutan. Saat keduanya bertemu, Bruce dan Greystoke pun menjadi teman dekat.

Kejadian ini tidak terjadi di masa modern, melainkan di tahun 1930. Diceritakan Bruce membiayai sebuah perjalanan ekspedisi Finnegan Dent untuk menemukan artefak dari Afrika. Namun, Dent justru mencuri salah sebuah artefak suci miliki suku dimana Tarzan tinggal. Bersama dengan Batman, Tarzan membantu suku tersebut untuk mendapatkan kembali artefak tersebut.

Batman Bersama Harry Houdini

Harry Houdini dikenal sebagai seseorang yang sangat ahli dalam meloloskan diri (escape artist) dari berbagai jeratan. Batman berhasil bertemu dengan Houdini dalam komik Batman & Houdini: The Devil’s Workshop yang dirilis pada 1993. Ketika berbicara tentang komik tersebut, artinya Batman yang dimaksud bukanlah Batman modern melainkan Batman yang berasal dari era Victoria.

Kolaborasi Houdini dan Batman ini bukanlah tentang pertarungan melawan penjahat. Diceritakan Gotham sedang heboh dengan banyaknya kasus pembunuhan dan penculikan anak-anak oleh sosok penjahat yang tertawa aneh. Untuk menginvestigasi kasus pembunuhan misterius tersebut dan mencari tahu siapa dalang dibalik pembunuhan tersebut, Batman belajar banyak skill dari sosok Houdini.

Batman Bertemu Dengan Predator

Batman sudah sering bertemu dan menghadapi berbagai alien dari berbagai planet. Mereka merupakan alien yang kuat, tapi sang dark knight selalu berhasil mengalahkan alien tersebut. Tapi, ketika Batman bertemu dengan The Predator, makhluk predator yang muncul dalam film Arnold Scharzenegger, di komik Batman vs Predator, dia tahu jika dia bertemu dengan lawan yang cukup menantang.

Cerita ataupun premis dari komik ini tidak terlalu rumit. Pesawat alien milik The Predator tiba di bumi, tepatnya di kota Gotham. The Predator lalu dengan cepat mencari mangsanya untuk dibunuh. Mengetahui kedatangan The Predator yang sudah banyak menimbulkan korban, Batman pun mencoba menyelamatkan Gotham dari serangannya. Alat yang dimiliki The Predator terbukti lebih canggih dibandingkan milik Batman. Hal inilah yang membuat Batman “mundur” sejenak dan membangun sebuah armor robot yang digunakan untuk melawannya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2