Akses perjalanan antarkota di Indonesia sudah semakin mudah dan bisa dijangkau oleh siapa saja. Beberapa rute perjalanan darat populer seperti Jakarta – Bandung atau Semarang – Jogja sudah bisa ditempuh menggunakan moda transportasi darat seperti bus dan travel. Kisaran harga yang ditawarkan setiap moda perjalanan juga terjangkau loh.

Meski demikian, perjalanan darat bisa saja terhambat oleh beberapa hal yang tidak bisa diperkirakan seperti kemacetan hari libur atau faktor cuaca buruk. Kamu yang sudah temukan tiket travel rute semarang jogja mungkin bisa mempersiapkan hiburan berikut ini agar tidak bosan di bus dan tidak mengganggu penumpang lainnya.

11. Musik

Hiburan paling mudah dan murah yang bisa kamu dapatkan di dalam bus adalah musik. Beberapa layanan bus mungkin menyediakan fasilitas musik di dalam kendaraan, tetapi belum tentu sesuai dengan preferensi kamu. Oleh karena itu, selalu siapkan musik di dalam gadget untuk kamu dengarkan setiap saat.

Akan lebih baik saat kamu sudah bisa menyiman musik secara offline. Ya, manfaatkan fasilitas penyimpanan musik secara offline ini untuk bisa menghindari musik yang terputus-putus saat didengarkan dengan layanan streaming. Kalau untuk menghibur di cuaca buruk, lalu koneksi internetmu juga buruk, malah makin bosan dan kesal ‘kan?

22. Streaming Film

Nah, kamu juga bisa nonton film kesukaan untuk bisa mengisi kebosanan. Agar lebih nyaman, nontonnya pakai headset ya. Kamu bisa menyiapkan beberapa film atau serial favorit untuk dapat disaksikan sepanjang perjalanan. Saat menonton, sebaiknya tetap hargai penumpang lain. Jangan sampai kamu terlalu asyik menonton dan bereaksi heboh sampai tertawa terlalu keras atau malah menangis. Ya, nanti orang di sekitarmu malah kaget deh.

33. Game Mobile

Kalau bawa smartphone dalam kondisi baterai penuh, kamu bisa banget main game sepanjang perjalanan. Ya, main game adalah cara paling mudah mengatasi kebosanan, terutama kalau harus menyelesaikan misi permainan yang belum selesai kamu tamatkan. Nah, game mobile di smartphone bisa jadi alternatif yang asyik buat dibawa selama perjalanan darat. Biar lebih aman sih, kamu juga bawa powerbank agar dapat mengantisipasi daya baterai yang habis di tengah-tengah game yang sedang seru atau malah sudah mau tamat.

44. Novel

Untuk perjalanan di siang hari, kamu juga bisa membawa novel untuk dibaca saat sedang terjebak kemacetan. Kamu tidak perlu menyalakan lampu agar bisa membaca kisah seru dari novel favorit kamu. Tidak jarang, ada orang yang sudah baca novel yang sama di dalam bus. Nah, kalau kebetulan cocok, kamu jadi bisa dapat teman ngobrol deh.

Hanya saja, pastikan kamu terbiasa untuk membaca novel di mobil ya. Terkadang, guncangan di kendaaraan membuat beberapa orang merasa mual dan mabuk darat saat melakukan perjalanan sambil membaca. Maksudnya menghibur, malah tersiksa, kalau begitu lebih baik jangan ya.

55. Puzzle Rubik

Kamu pasti pernah memainkan puzzle rubik untuk disusun menjadi deretan warna yang sama. Buat beberapa orang, permainan ini mungkin bikin pusing sekaligus bikin penasaran. Nah, cocok banget nih buat diselesaikan sebagai hiburan saat melakukan perjalanan darat. Tidak usah malu dengan orang di sekitarmu, mereka mungkin juga belum berhasil menyelesaikan susunan warna yang sama. Eh, atau bisa juga ada yang memberikan kamu trik untuk bisa menyusun warna dengan mudah.

Buat kamu yang mau menempuh perjalanan darat, pilih satu atau dua alternatif hiburan saja cukup kok. Setidaknya untuk membuat matamu lelah dan bisa tidur di dalam bus, alternatif hiburan tadi bisa kamu coba.