Franchise Toy Story pertama kali muncul pada tahun 1996 bersamaan dengan perilisan film Toy Story pertama. Film yang mengisahkan tentang para mainan ini memiliki jarak hampir 10 tahun lebih dengan film-film sekuelnya. Dalam film pertamanya, Andy yang merupakan karakter utama dalam film ini masih sangat belia dan seiring berjalan filmnya, Andy pun tumbuh dewasa. Lalu bagaimana penjelasan timeline dalam franchise Toy Story?

Toy Story (1995)

Film Toy Story merupakan film animasi panjang pertama dari karya Pixar dan dirilis pada November 1995 silam. Filmnya memperkenalkan kita pada para mainan Andy yaitu Buzz, Woody, Rex, dan yang lainnya. Pemilik mereka, Andy, merupakan seorang anak laki-laki muda, sementara Molly adiknya saat itu masih sangat kecil.

Ada beberapa poin penting yang kita dapatkan dari film ini. Pertama adalah ketika Molly dan Andy berada di dalam mobil, mereka menyetel lagu “Hakuna Matata” dari film Lion King. Artinya The Lion King sudah dirilis di dunia Andy, dan di seluruh dunia. Jadi, cerita di film pertama Toy Story pasti memiliki setting waktu setelah tahun 1994.

Kedua adalah usia dari para mainan tersebut. Berdasarkan filmnya, kita mengetahui jika mainan tersebut sudah ada dari sejak lama. Bahkan menurut Mr. Potato Head, Woody sudah menjadi mainan favorit Andy sejak dia masih di taman kanak-kanak. Ada banyak perbedaan opini tentang usia dari Andy di film ini.

Meskipun banyak orang memiliki asumsi mereka tentang usia Andy, dalam naskah skripnya Andy merupakan anak laki-laki berusia enam tahun. Sebagian yang menganggap Andy lebih tua, menganggap cara bicara serta tingkah laku Andy sangat memperlihatkan kalau dia bukan seorang anak berusia enam tahun.

Toy Story 2 (1999)

Empat tahun kemudian, film Toy Story 2 pun dirilis. Jika memang filmnya mengikuti alur waktu yang sama, seharusnya Andy di film tersebut berusia 10 tahun. Tapi, sepertinya hal franchise ini tidak mengikuti alur tersebut. Di film Toy Story 2, kita bisa berasumsi jika filmnya bersetting dua tahun sejak film pertamanya alias berusia delapan tahun. Hal ini terbukti dengan Andy yang masih gemar dengan mainan.

Adiknya, Molly, juga sudah mamu berjalan tapi belum bisa berbicara dengan lancar yang juga memberikan petunjuk jika Molly berusia sekitar 1 tahun di Toy Story dan tiga tahun di Toy Story 2. Di tahun 1995, usia Andy beranjak menjadi 6 tahun. Jika Toy Story 2 bersetting pada tahun 1997, Andy memang berusia 8 tahun.

Toy Story 3 (2010)

Jika pada Toy Story 2 Andy memiliki usia 8 tahun karena jarak dua tahun dari film pertamanya, Maka, artinya Toy Story 3 memiliki setting waktu pada 2007, ketika Andy baru akan berusia 18 tahun, terlepas dari filmnya yang dirilis pada 2010. Sampai pada titik ini, kita mungkin sadar tentang perubahan besar yang terjadi di filmnya.

Selain karena Andy yang sudah berubah dewasa, kita juga melihat sosok Molly yang sudah tumbuh berkembang. Rasanya sulit bagi kita untuk melupakan momen yang menyentuh di film Toy Story 3, dimana Andy dan seluruh mainan kesayangannya akhirnya harus berpisah karena Andy meneruskan pendidikannya ke jalur kuliah. Mainan-mainan Andy tersebut akhirnya diberikan kepada Bonnie.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2