Jika semua sesuai pada rencana, seharusnya film garapan Zack Snyder yaitu Justice League 2 dirilis pada hari ini. Tapi, karena WB membatalkan rencana Zack Snyder akhirnya hal tersebut tidak terwujud dan sekarang para fans masih menginginkan WB untuk merilis film Justice League versi Zack Snyder. Zack sendiri sudah memiliki rencana untuk membuat lima buah film untuk WB. Lalu, apa saja hal yang (tadinya) akan disampaikan di film Justice League 2?

Bagaimana Seharusnya Akhir Film Justice League Versi Zack Snyder

Film Justice League versi Zack Snyder akan memiliki durasi tiga jam dan akan memperkenalkan seorang mega villain klasik, Darkseid, termasuk sebuah momen cliffhanger di akhir filmnya dimana Darkseid memperkenalkan dirinya kepada Justice League setelah berhasil memperkenalkan Steppenwolf.

Meskipun sebagian dari adegan di filmnya ada yang ditambahkan, dirubah, ataupun di hilangkan, ada beberapa bagian besar dari karakter yang sesuai dengan apa yang ditulis oleh Zack. Tapi, ada juga beberapa perbedaan yang sangat mencolok. Contohnya adalah Superman seharusnya kembali ke Metropolis dan keadaan disana lebih cerah dibanding sebelumnya, Bruce Wayne mengubah Wayne Manor miliknya menjadi markas bagi Justice League alias Hall of Justice, Flash belajar mengendalikan kecepatannya untuk bisa melakukan perjalanan waktu,  dan Cyborg mencoba untuk terus percaya diri jika dia merupakan pahlawan.

Monolog penutup di akhir film, juga seharusnya dilakukan oleh Silas Stone, ayah dari Cyborg dan bukan Lois Lane. Pesan yang disampaikan adalah memberikan sebuah inspirasi untuk anaknya melalui sebuah pesan yang sudah direkam. Meskipun dalam versi Joss Whedon Silas berhasil selamat, tapi dalam versi Zack dia sudah tewas. Dalam versi Zack, Cyborg seharusnya yang menjadi inti cerita dan menunjukan jika dia memiliki kekuatan yang hampir sama dengan Superman.

Ketika Zack meninggalkan proyek film tersebut, dia sudah selesai melakukan seluruh pengambilan gambar, bahkan sudah mulai memasuki fase pasca-produksi. Jika sebagian besar idenya tidak “dibuang” atau diganti oleh WB, adegan cliffhanger yang melibatkan Darkseid tersebut akan menjadi jembatan untuk film Justice League 2 yang pada awalnya akan dirilis hari kemarin.

Justice League 2 Belum Memiliki Skrip

Meskipun rencananya Zack Snyder akan membuat lima film, nyatanya Justice League 2 belum dibuatkan naskah skripnya, bahkan belum punya penulisnya. Chris Terrio menulis kembali naskah film Batman v Superman: Dawn of Justice dari naskah buatan David Goyer dan juga menulis kembali naskah Justice League. Tapi, sebelum proses pengambilan gambarnya dilakukan Terrio tidak yakin apakah mau menulis untuk Justice League 2 atau tidak.

Sejak naskah Justice League kembali ditulis ulang akibat respon negatif dari film Dawn of Justice, film Justice League 2 juga sepertinya akan mengalami hal yang sama. Tapi, jika memang dirubah sepertinya tidak akan banyak cerita yang akan dibuang atau diganti, artinya cerita utama secara keseluruhan yang kita tahu kemungkinan akan tetap sama.

Villainnya Adalah Darkseid

Darkseid pada awalnya akan diperkenalkan di film Justice League, dengan Steppenwolf yang menjadi villain utamanya. Hal ini sempat diunggah oleh Zack melalui akun media sosial miliknya. Dan baru pada Justice League 2 para anggota Justice League akan langsung berhadapan dengan Darkseid. Sebenarnya ada sebuah adegan “pelajaran sejarah” yang akan ditampilkan di Justice League, yang memperlihatkan Darkseid akan menggunakan Anti-Life Equation.

Namun. pada akhirnya adegan tersebut diganti oleh Steppenwolf. Jadi, saat simbol yang dihancurkan oleh Steppenwolf diduga merupakan Anti-Life Equation, adegan tersebut nyatanya tidak pernah masuk ke dalam versi akhir filmnya. Cerita Final Crisis merupakan insipirasi yang akan digunakan oleh Snyder. Dikisahkan Darkseid datang menginvasi bumi dengan menggunakan Anti-Life Equation tersebut.

Cerita Knightmare Adalah Bagian Terpenting

Lini masa Knightmare (dimana Batman ditangkap oleh Superman di dalam mimpi Bruce Wayne), pertama kali diperlihatkan dalam film Dawn of Justice. Namun, lini masa tersebut ternyata absen di film Justice League. Tapi, sebenarnya cerita Knightmare tersebut pada awalnya akan memiliki pengaruh penting dalam kelima cerita film Snyder.

Naskah awal Justice League memperlihatkan boom tube milik Darkseid menuju bat cave untuk kemudian Darkseid membunuh Lois Lane, yang membuat Superman kehilangan Lois dan akhirnya membuatnya rentan terhadap berbagai serangan Darkseid dan Anti-Life Equation. Akhirnya, Superman pun berhasil dikendalikan oleh Darkseid dan terjadilah apa yang kita lihat di film Dawn of Justice.

Kejadian tersebut membuat The Flash kembali ke masa lalu untuk memperingatkan Bruce akan hal tersebut, tapi justru Flash datang terlalu cepat. Jadi, Bruce tidak mengerti apapun yang diucapkan oleh Flash dan justru salah persepsi, dimana Bruce mengasumsikan ancaman tersebut adalah Superman bukan Darkseid. Dalam timeline Knightmare, Batman dan Cyborg membangun sebuah treadmill kosmik di dalam Batcave.

Dengan menggunakan alat treadmill tersebut, The Flash bisa melompati waktu. Tapi, karena The Flash tidak mampu menggunakan kecepatannya di luar angkasa, dia hanya bisa melakukannya lompatan waktu ketika keadaan bumi sejajar. Setelah Knightmare Superman membunuh Batman, Cyborg mengidentifikasi bahwa ada dua celah yang bisa digunakan untuk melakukan lompatan waktu untuk mencegah Lois Lane tewas.

Cyborg memilih salah satu celah tersebut dan hasilnya adalah The Flash datang terlalu cepat. Rentetan adegan tersebut tidak diketahui secara jelas kapan dan bagaimana urutannya. Naskah skripnya juga mengalami perubahan, tapi intinya tetap sama yaitu Bruce tidak bisa mencegah kematian Lois Lane oleh Darkseid. Hasilnya adalah timeline Knightmare yang kembali terjadi, hanya saja untuk kali ini Bruce sudah mengetahui celah manapun yang akan diambil hasilnya akan tetap terlalu cepat.

Bruce kemudian meminta Cyborg untuk kembali memilih salah satu celah tersebut dan setelah terpilih Bruce memilih jawaban lainnya. hal itu menghasilkan sebuah timeline dimana mereka mampu menyelamatkan Lois dan mencegah timeline Knightmare terjadi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2