Urusan domestik di rumah seringkali jadi hal yang luput dari perhitungan sehari-hari. Mulai dari penggunaan listrik, air bersih, kuota internet, sampai pulsa bulanan mungkin sudah jadi hal-hal yang tidak kamu pikirkan lagi setiap bulannya. Setiap gajian, kamu sudah otomatis membayar tagihan, termasuk bayar paket pascabayar xl yang sekarang bisa makin mudah dibayar lewat Traveloka. Selain mengandalkan promo pembayaran dari Traveloka, mulailah mengurangi tagihan dengan menghemat air di kamar mandi rumah dengan cara berikut.

1Pastikan Sudah Menutup Keran

Saat bolak-balik ke kamar mandi, enggak semua orang hanya masuk untuk mandi. Biasanya, orang yang terburu-buru buang air kecil jadi buru-buru juga saat mencuci tangan. Nah, hal-hal sepele semacam ini biasanya membuat orang jadi asal-asalan menutup keran air.

Air yang terus mengalir secara tidak sengaja itu tetap saja terhitung sebagai air yang digunakan saat bayar tagihan. Untuk memastikan semua orang menutup keran air dengan benar, kamu bisa menambahkan peringatan di dekat keran agar penggunaan air tidak terbuang percuma.

2Periksa Kebocoran Secara Teratur

Keran air, pipa, atau toilet di kamar mandi mungkin mengalami kebocoran jika sudah lama dipakai. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan dirimu agar selalu memeriksa semua peralatan di kamar mandi agar tidak bocor. Meski baru diganti dengan perabot baru, kamu harus tetap mengecek adanya kebocoran secara teratur. Jadi, kalau sudah ada tanda-tanda kecil yang sekiranya tidak bisa diatasi, kamu bisa langsung mengganti perabot sebelum bocornya semakin parah dan menghabiskan air.

3Jangan Mandi Terlalu Lama

Semakin lama waktu mandi kamu, semakin banyak juga air yang digunakan. Nah, buat kamu yang sering menghabiskan waktu di bawah shower, mulailah untuk mengurangi waktu bengong saat mandi. Semakin cepat kamu selesai mandi, maka air yang dipakai juga bisa lebih hemat deh. Meskipun waktu mandimu lebih cepat, jangan lupa untuk tetap membersihkan badan dengan baik dari sabun dan sampo.

4Gunakan Peralatan dengan Desain Water-efficient

Kalau kamu baru saja mau mengganti perabotan di kamar mandi, sebaiknya pilih yang desainnya sudah dibuat dengan fitur water-efficient. Biasanya, perabot ini juga dikenal sebagai perabot eco-friendly yang bisa lebih menghemat air. Beberapa keran dan shower biasanya sudah didesain untuk bisa dipakai dengan tingkat tekanan air yang sama dengan perabot standar lainnya. Jadi, penggunaan airnya juga bisa kamu hemat dan lebih ramah lingkungan.

5Pakai Toilet Dual-flush

Secara tidak sadar, kamu pasti sudah sering menemukan toilet dual-flush. Jenis toilet duduk ini didesain dengan dua buah tombol flush. Nah, masing-masing tombol flush ini dibuat dengan maksud khusus. Kamu bisa menggunakan tombol yang lebih kecil untuk flush setelah buang air kecil. Volume air yang digunakan untuk menyiram tidak akan sebanyak flush standar. Nah, penggunaan toilet dengan flush seperti ini kabarnya bisa menghemat hingga 5.000 liter air setiap tahunnya.

Nah, beberapa langkah tersebut bisa kamu coba biasakan untuk lebih menghemat air. Siapa tahu, tagihan air yang naik bulan lalu bisa kembali ke jumlah semula saat kamu introspeksi pemakaian air yang berlebihan di kamar mandi rumahmu.