Fox telah memulai universe X-Men sejak tahun 2000. Sejak debutnya itu, franchise ini kian diminati sampai dengan film Logan yang juga menjadi film perpisahan bagi Hugh Jackman yang selalu setia memerankan karakter Wolverine. Tetapi akhir dari universe ini berakhir dengan mengecewakan dimana sekarang, Dark Phoenix menjadi film X-Men berpendapatan terendah.

Menurut THR, masalah ini muncul karena Fox salah dalam merencanakan film tersebut. Ada orang dalam Fox yang juga menyebut bahwa Dark Phoenix bukan dirancang untuk menjadi film besar di musim panas, dan film ini memang dibuat untuk menjadi sebuah film dalam skala yang lebih kecil setelah Apocalypse.

Sebelumnya, film Dark Phoenix ini pun harus diundur perilisannya sebanyak 2 kali yang berimbas pada jadwal pemasaran film ini. Awalnya, Dark Phoenix memiliki tanggal rilis 2 November 2018. Lalu karena mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan film ini, mereka pun mendorong tanggal rilis ke 14 Februari 2019. Namun parahnya, saat pemasaran film ini tengah berlangsung, Fox kembali menunda jadwal rilisnya hingga 3 Juni 2019.

Langkah itu dilakukan oleh Fox untuk memfokuskan film utama mereka yang digarap James Cameron, Alita: Battle Angel. Menurut salah satu sumber, Cameron merasa Alita akan kalah ketika menghadapi berbagai film di bulan Desember 2018 lalu seperti Aquaman, Bumblebee, dan Mary Poppins Returns sehingga akhirnya Alita: Battle Angel harus dipindahkan ke bulan Februari. Mau tak mau disini yang menjadi korban adalah Dark Phoenix itu sendiri.

Dan yang terakhir mungkin karena film ini mendapat review yang buruk baik dari para kritikus film dan para penggemar X-Men. Pasalnya, para penggemar tentu sangat menginginkan film terakhir X-Men dari studio Fox ini akan berakhir dengan baik dan memorable bagi mereka.