Dari Kong ke Godzilla

Monarch sekarang punya bukti kuat, jika Kong dan Godzilla memang ada dan nyata. Mereka juga sadar jika temuan ini baru permulaan saja dan tentunya masih banyak yang masih belum diketahui oleh mereka. Akhirnya Monarch pun merekrut orang baru untuk menambah kekuatan mereka. Berikut adalah rangkaian peristiwa di MonsterVerse setelah Monarch pertama kali bertemu dengan Kong dan sebelum Godzilla akhirnya menampakan dirinya secara penuh.

  • 12 Juni 1981 – Ishiro Serizawa Bergabung dengan Monarch: Setelah ayahnya, Eiji Serizawa, meninggal dunia, Ishiro kemudian bergabung dengan Monarch untuk mengikuti jejak ayahnya. Setelah bergabung dengan Monarch, Ishiro pun menjadi sosok vital bagi organisasi Monarch.
  • 24 Mei 1989 – Rick Stanton Bergabung dengan Monarch: Setelah menghabiskan waktunya sebagai seorang yang memetakan berbagai hasil gambar dari satelit, Rick Stanton kemudian direkrut oleh Monarch untuk mengawasi satelit milik mereka sendiri.
  • 1991 – Zona Karantina di Isla de Mona Didirikan: Setelah hampir 20 tahun Monarch menemukan Kong, mereka kemudian menemukan Titan lainnya di Isla de Mona. Karena hal itu, mereka pun membangun sebuah fasilitas karantina di sekitar gunung berapi tersebut, tempat dimana Rodan berada. Berawal dari sini, kemudian Monarch membangun berbagai fasilitas karantina lainnya dnegan tujuan untuk mengawasi dan meneliti setiap Titan yang ada.
  • 1995 – Aaron Brooks Membuat Rencana untuk pergi ke Antartika: 20 tahun lebih Houston Brooks bertemu dengan Kong, anaknya yaitu Aaron Brooks berencana untuk melakukan sebuah ekspedisi ke Antartica. Sebenarnya, tujuan dari Aaron adalah pergi ke Skull Island dan melihat apakah Kong masih menjadi sahabat manusia.
  • 7 agustus 1995 – Perjalanan Rahasia ke Skull Island: Aaron Brooks kemudian merekrut sekelompok orang untuk melaksanakan misi rahasia ke Skull Island. Insiden kembali terulang dimana mereka jatuh di Skull Island. Kong berhasil menyelamatkan sebagian besar mereka dari serangan Death Jackals.
  • 17 Juli 1996 – Aaron Brooks Tinggal di Skull Island: Meskipun rencana awalnya perjalanan tersebut hanya berlangsung selama tiga hari, Aaron dan timnya terndampar di pulau tersebut selama hampir setahun. Usaha mereka untuk pergi menghasilkan kehancuran bagi suku Iwi. Jadi, Aaron memutuskan untuk membantu mereka dan tinggal disana. Setelah mendokumentasikan pengalamannya dalam sebuah alat perekam, dia kemudian merekam hal terakhir sebelum akhirnya rekaman tersebut dimasukan ke dalam tas dan dilemparkan ke laut. Dia berharap suatu hari ayahnya akan mendengar rekaman tersebut.
  • 1997 – Ishiro Serizawa Berteu Viviene Graham: Dengan sudah bergabungnya Ishiro ke Monarch, dia pun kemudian merekrut anggota lainnya saat kunjungannya ke universitas Oxford. Disinilah dia bertemu dengan Viviene Graham dan melihat potensinya untuk bisa membantu Monarch.
  • 10 Januari 1999 – Viviene Graham Bargabung dengan Monarch: Dua tahun setelah pertemuannya dengan Ishiro, Viviene kemudian resmi bergabung dengan Monarch.
  • 1999 – Fosil raksasa Ditemukan di Filipina: selama lebih dari 40 tahun setelah penemuan sel Shinomura, Monarch kemudian menemukan sebuah fosil hewan raksasa yang tewas akibat jamur parasit. Viviene Graham ditugaskan untuk meneliti hal tersebut. Satu jamur diamankan dan dipindahkan ke gunung Yucca, Nevada, untuk melakukan monitoring dan sebagai pengamanan. Jamur lainnya terus berkembang ke area dekat dengan sumber radiasi.
  • 1999 – Insiden Janjira: Telur MUTO jantan dipindahkan ke sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Janjira, Jepang. MUTO tersebut mulai melahap seluruh kawasan pembangkit listrik dan mengakibatkan gempa seismik yang tidak nromal di bawah fasilitas tersebut. Hasilnya adalah fasilitas tersebut rubuh. Joe Brody terpaksa harus menutup pintu pengamannya, yang membuatnya tewas akibat hal ini. MUTO tersebut lanjut menyerap bahan bakar radioaktif tersebut selama 15 tahun. Janjira kemudian ditentukan sebagai sebuah zona karantina.
  • 2005 – Teknologi Orca Diciptakan: Emma dan Mark Russel masuk dalam radar Monarch setelah mereka berhasil menemukan alat yang bisa berkomunikasi dengan para Titan. Orca dipercaya merupakan teknologi yang terbukti penting bagi masa depan MonsterVerse.
  • 2005 – Alan Jonah Masuk Dalam Radar Monarch: Monarch juga mulai mempelajari Alan Jonah pada 2005, ketika dia tertangkap sedang berusaha untuk menyusup ke lubang galian MUTO.
  • 4 Mei 2007 – Keluarga Russell Resmi Bergabung Dengan Monarch: Dua tahun setelah diperkenalkan kepada Monarch, Emma dan Mark kemudian resmi bergabung. Monarch menaruh harapan besar mereka terhadap teknologi Orca.
  • 10 Mei 2008 – Ilene Chen Bergabung Dengan Monarch: Organisasi ini terus menambah stafnya dengan merekrut Ilene Chen, yang merupakan seorang ahli di bidang berbau mitologi.
  • 2009 – Kepompong Mothra Ditemukan: Ilene Chen dan saudaranya Ling, terkejut dengan sebuah “nyanyian” aneh yang berasal dari hitan hujan di provinsi Yunnan. Mereka mengenali suara tersebut berasal dari masa lalu dan membawa Emma Russel dan timnya untuk menemukan sebuah kuil besar dengan kepompong raksasa yang didalmnya terdapat Mothra. Mereka memperkirakan bahwa kuil tersebut dibangun 12.000 tahun yang lalu. Monarch kemudian membangun zona karantina di sekitar Yunnan dan Emma Russel bertanggung jawab untuk pengawasan ini.
  • 24 Juni 2012 – Rekaman Aaron Brooks Ditemukan: Enam Belas tahun kemudian setelah Aarom melemparkan seluruh rekamannya ke laut, tas yang berisi rekaman Skull Island tersebut pun ditemukan di Pasifik Selatan.
  • 9 Juli 2012 – Houston Brooks Mempelajari Masa Lalu Anaknya: Sehari sebelum dia memutuskan untuk pensiun dari Monarch, Houston mengunjungi Monarch Field Office Sigma dan kaget ketika melihat tas milik Aaron. Besoknya Houston mulai mendengar seluruh rekaman tersebut dan berjanji akan kembali ke Skull Island, karena dia merasa jika Aaron masih hidup.

Godzilla

Setelah menghabiskan puluhan tahun meneliti tentang para Titan dan juga menjaga kerahasiaan Titan dari pubik, di film inilah MonsterVerse berubah. Lima belas tahun Joe Brody kehilangan istrinya, dia kemudian melanjutkan pencarian untuk mengkonfirmasi bahwa apa yang terjadi di Janjira bukanlah sebuah bencana alam. Banyak yang percaya jika dia gila, tapi persepsi itu kemudian berubah ketika tiga monster menyerang Amerika.

  • 2013 – Ford Ditugaskan di Luar Negeri: Belajar untuk melupakan kesedihan atas kehilangan ayahnya dan percaya bahwa ayahnya gila, Ford kemudian bergabung dengan angkatan laut. Dia kemudian ditugaskan selama 14 bulan untuk bekerja sebagai teknisi penyapu ledakan.
  • 2014 – Godzilla: Ketika Ford kembali ke rumahnya, dia harus menebus ayahnya dari penjara karena menyusup masuk ke faslilitas Monarch. Untuk membuktikan semua teori, mereka kemudian pergi ke Janjira dan menemukan bahwa bukan radioaktif yang ada disana. Mereka kemudian ditangkap dan dibawa masuk ke dalam fasilitas tersebut. Muto jantan yang ada di dalamnya tiba-tiba terbangun dan menghancurkan fasilitas disana. Joe pun tewas akibat hal ini. Muto jantan tersebut kemudian menyerang Honolulu dan diikuti oleh Godzilla. Sementara itu, sang jantan memberikan sinyal kepada betina untuk bertemu. Muto Betina pun menghancurkan kota Las Vegas yang berakibat keduanya bertemu di San Fransisco. Godzilla berhasil membunuh kedua MUTO tersebut dan Ford pun berhasil meledakan sarang yang berisi bayi MUTO. Godzilla kemudian kembali berenang ke laut Pasifik.
  • 2014 – Mark Russel Pergi dari Monarch: Setelah Godzilla menunjukan dirinya kepada dunia, Monarch mulai berpikir kembali apa yang bisa Orca lakukan. Mark Russel tidak setuju kemana arah dari Monarch dan memutuskan untuk keluar dari organisasi tersebut.

Godzilla: King of the Monsters

Setelah Godzilla diketahui oleh publik, Monarch kemudian membuat perubahan untuk beradaptasi bahwa dunia akan penuh dengan lebih banyak Titan. Di film ini, mereka meluncurkan unit mliter mereka dan mencari sebanyak mungkin informasi tentang makhluk tersebut. Hasilnya adalah menurut laporan mereka ada 17 Titan yang tercatat dalam film ini. Berikut adalah apa yang terjadi antara film pertama dan sekuel.

  • 1 Januari 2015 – Diane Foster Bergabung dengan Monarch: seorang mantan pasukan khusus Amerika, yang direkrut oleh Monarch sebagai ujung tombak yaitu Diane Foster. Dia hanya merekrut tentara-tentara terbaik untuk membentuk G-Team.
  • 3 Februari 2015 – Monarch Melebarkan Kekuatan Militernya: Dengan Foster yang sekarang memimpin pasukan, Jackson Barnes, Anthony Martinez, dan Lauren Griffin kemudian direkrut untuk bergabung dengan G-Team. Masing-masing mereka memiliki kemampuan unik yang berguna ketika Foster membutuhkannya dalam sebuah misi.
  • 11 Mei 2015 – Era Baru Monarch Dimulai: Monarch menyewa jasa Sam Coleman untuk membantu membangun Monarch di era baru organisasi ini. Dia membantu untuk mengubah dokumen rahasia menjadi tidak rahasia. Hal ini karena Monarch memutuskan untuk tidak lagi tertutup kepada dunia.
  • 2016 – Ghidorah Terlihat Berada di Antartika: Penemuan besar terbaru bagi Monarch adalah mereka berhasil menemukan Ghidorah yang sedang membeku di Antartika. Viviene Graham kemudian memutuskan untuk membangun fasilitas zona karantina lainnya di sekitar Titan paling besar yang mereka temukan.
1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.