Film Alien yang dirilis pada 1979 hasil garapan Ridley Scott, merupakan sebuah film fiksi ilmiah horor klasik yang membuat karakter Ellen Ripley menjadi sosok ikonik, bersama dengan makhluk mengerikan Xenomorph. Dalam waktu 40 tahun kemudian, franchise Alien terus merilis berbagai film baru dengan kesuksesan dan juga kegagalan, termasuk tiga sekuel dan dua film spinoff.

Yang paling baru, kabarnya Scott akan menggarap film sekuel dari film Alien: Covenant terlepas dari kesuksesan yang tidak terlalu besar. Namun, laporan terakhir menyebutkan jika filmnya masih dalam tahap pengembangan. Menyambut 40 tahun franchise Alien, Variety mengungkapkan bahwa ada tiga film prequel Alien yang sedang dalam masa penulisan. Hal ini kemudian dikonfirmasi oleh Ridley dalam wawancaranya bersama The Hollywood Reporter.

Menurut Ridley, memang ada diskusi yang terjadi antara dirinya dengan Disney dan Fox tentang masa depan franchise tersebut. Ridley menyebutkan jika dirinya mendorong pihak studio untuk “melihat dimana franchise tersebut bisa berubah dan berkembang.” Pada 2018 kemarin, muncul kabar jika film prekuel ketiga (yang kabarnya berjudul Alien: Awakening) akan berfokus pada the Engineers yang ingin balas dendam kepada David the Android karena sudah memutuskan untuk melakukan pembunuhan massal dalam film Covenant.

Banyak fans yang berspekulasi bahwa film Awakening akan menjadi film penutup bagi prekuel trilogi Alien dan akan terhubung langsung dengan kejadian di film Alien orisinal. Pihak Disney sendiri sudah memiliki rencana untuk franchise ini, dan tentunya jika rencana tersebut berhasil maka Disney bisa lebih mengembangkan lagi ceritanya.