Fantastic Four merupakan karakter Marvel yang sudah ada sejak 1961. Meskipun sampai saat ini anggota inti mereka tetap; yaitu Human Torch, Mr. Fantastic, the Thing, dan Invisible Woman, seiring berjalannya waktu mereka banyak juga menerima karakter Marvel lainnya. Bahkan beberapa diantaranya ada juga yang diminta untuk menjadi pemimpin mereka. Lalu, siapa saja karakter yang pernah bergabung bersama Fantastic Four?

Crystal

Crystallia Amaquelin, merupakan seorang anggota keluarga kerajaan Inhuman dan juga mantan kekasih dari Human Torch. Crystal merupakan karakter yang cukup kuat, dengan kemampuannya untuk mengendalikan berbagai elemen seperti api, air, udara, dan tanah. Hal itu bisa membuat Crystal menciptakan sebuah bencana besar seperti Tornado, gempa bumi, dan lainnya.

Hal ini berbeda dengan kemampuan Storm dari X-Men. Alasan Crystal bergabung dengan Fantastic Four adalah menggantikan posisi dari Sue Storm, yang pada 1968 diceritakan tengah hamil. Selain pernah bergabung dengan Fantastic Four, Crystal juga pernah bergabung dengan Avengers. Adiknya, Medusa, juga pernah menjadi bagian dari Fantastic  Four.

Power Man

Sebelum Netflix dan Mike Colter membuat Luke Cage terkenal seperti saat ini, Power Man merupakan karakter yang serupa dengan Luke. Power Man pertama kali muncul pada tahun 1972. Pada 1978, dia bergabung dengan Danny Rand untuk membentuk sebuah kelompok Heroes fo Hire, dan bahkan sering bekerja sama juga dengan pihak Fantastic Four.

Power Man disewa jasanya oleh Reed Richard untuk menggantikan posisi Ben Grimm yang kehilangan kekuatannya dan tidak lagi menjadi sosok The Thing. Sama seperti Crystal, Luke Cage juga sebenarnya pernah bergabung dengan Avenger.

She-Hulk

Selain Power Man, She- Hulk juga merupakan pengganti Ben Grimm saat dia tidak ada. Saat event Sercret Wars berlangsung pada 1984, Jennifer Walters alias She-Hulk  kembali ke bumi bersama dengan Reed Richard dan juga Johnny Storm. Sementara itu, Ben Grimm memilih untuk sementara berada di Battleworld.

Ketika Ben tidak ada, dialah yang menjadi “pusat kekuatan” dari Fantastic Four dan menjadi bagian dari mereka selama beberapa waktu sampai akhirnya Ben memutuskan untuk kembali ke bumi pada November 1986. Setelah Ben kembali, Jennifer pun kembali menjadi bagian dari Avengers.

Mr. Fixit/Hulk

Beberapa tahun setelah She-Hulk bergabung dengantim Fantastic Four, Bruce juga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bergabung. Salah satu persona dari Hulk, Mr.Fixit, bergabung dalam cerita New Fantastic Four. Dalam cerita itu, Hulk bergabung dengan tim Fantastic Four untuk membalaskan dendam para anggota asli yang dibunuh. Karakternya sendiri muncul dalam tiga edisi selama 1990-1991 dan beberapa volume lainnya pada 1993.

Ghost Rider

Selain Mr. Fixit, salah satu anggota lainnya dari New Fantastic Four adalah Ghost Rider dari era 90an, Danny Ketch. Hampir sama dengan pendahulunya Johnny Blaze, karakter Ketch sebagai Ghost Rider sedikit diberi sentuhan modern untuk era tersebut dan juga di tengah-tengah kepopulerannya.

Tim mereka berhasil ditipu akibat permainan dari Skrull, yang membuat mereka berpikir jika anggota asli Fantastic Four sudah tewas. Mereka pun akhirnya harus melawan Mole Man dan dipaksa harus menyelamatkan Reed Richard yang sudah dicuci otaknya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2