Jika DC punya Aquaman, maka Marvel memiliki Namor sebagai karakter bawah laut mereka. Kesuksesan dari film Aquaman membuat banyak para fans kemudian berpendapat bahwa sudah waktu karakter Namor untuk muncul. Apalagi, Namor merupakan karakter yang banyak terlibat dalam berbagai cerita dalam komiknya. Tapi, siapa sebenarnya Namor?

Kehidupan Awal Namor

Namor the Submariner merupakan anak dari Leonard McKenzie dan putri Fen, putri kerajaan Atlantis. Di tahun 1920, Leonard pergi ke wilayah Antartika dengan misi untuk mencari keberadaan benda misterius Helmet of Power. Di tengah-tengah perjalanan kapalnya terjebak diantara es. Leonard kemudian bahan peledak untuk menghancurkan bongkahan es tersebut. Tanpa disadari, sebenarnya lokasi dia berada tepat berada di atas wilayah Atlantis.

Akibat Ledakan tersebut, beberapa bagian wilayah Atlantis rusak berat. Penguasa Atlantis, raja Tha-Korr, kemudian memerintahkan putrinya, putri Fen, untuk mengirim pasukan dan mencari sumber ledakan. Tidak ingin membuat orang lain dalam bahaya, sang putri kemudian mencari sendiri sumber ledakan. Sesampainya di atas kapal yang ditumpangi McKenzie, Fen kemudian ditangkap. Namun, mereka tidak bisa saling berkomunikasi karena tidak mengerti bahasa masing-masing.

Fen ditangkap selama beberapa hari di dalam kapal tersebut. Meskipun tidak mengerti bahasa masing-masing, mereka ternyata saling jatuh cinta dan kemudian menikah. Merasa anaknya hilang atau diculik, Tha-Korr kemudian mengirimkan pasukan untuk mencari anaknya. Pasukan tersebut menghabisi seluruh kru kapal, termasuk McKenzie. Putri Fen kemudian berhasil dibawa pulang dan ketika Fen sudah berada di Atlantis dia kemudian melahirkan Namor.

Namor sangat membenci dunia luar khususnya di daratan. Tapi, setelah dia bertemu dengan Jim Hammond, original Human Torch, dia akhirnya mau mencoba untuk pergi ke daratan. Ketika Nazi menyerang Atlantis, Namor berjuang bersama Steve Rogers di garis depan musuh. Suatu ketika, Atlantis kembali diserang oleh ledakan yang misterius.

Sama seperi ibunya, Tha-Korr memerintahkan cucunya untuk mencari tahu apa yang terjadi. Setelah disellidiki, dia kemudian bertemu dengan seseorang benama Destiny. Dia mengaku jika dia adalah orang yang sudah menyerang Atlantis, dengan menggunakan Helmet of Power. Saat bertarung, Destiniy menggunakan kekuatan mental miliknya untuk memperlihatkan kepada Namor jika Atlantis akan hancur dan semua orang yang dia cintai akan tewas di bawah puing-puing Atlantis.

Dengan kekuatan yang sama, Destiny membuat Namor amnesia dan “membuangnya” ke New York. Disana dia hidup sebagai seorang gelandangan, sampai suatu ketika dia bertemu dengan Johnny Storm dan mengembalikan ingatanya. Ketika kembali ke Atlantis, Namor marah melihat Atlantis sudah tinggal puing-puing. Dia pun kemudian membangkitkan raksasa Giganto dan menyerang New York.

Fantastic Four berhasil mengalahkan Namor juga Giganto dan akhirnya Namor kemudian berhasil menemukan Atlantis yang baru dan menjadi penguasa disana. Meskipun begitu, dia masih tetap sering berperang dengan para manusia di darat. Baik melawan para villain ataupun para Avengers.

Berbagai Story Arc Namor

  • Avengers dan the Defenders

Setelah Namor harus kehilangan istrinya, Marrina, dan sempat diusir dari Atlantis dia kemudian bergabung dengan mantan rivalnya yaitu Avengers. Selain bergabung dengan the Avengers, Namor merupakan salah satu pendiri kelompok pahlawan Marvel lainnya yaitu Defenders. Namor juga merupakan anggota dari tim superhero bawah laut, Deep Six. Meskipun dia menjadi bagian dari Avenger, rasa angkuh dan keras kepalanya membuat Namor sulit untuk bekerja sama dengan anggota tim lainnya. Perseteruannya dengan Hercules merupakan yang paling mencolok saat dia bergabung dengan Avengers.

Rasa hormat yang tinggi kepada Steve Rogers, merupakan alasan Namor tetap bertahan di Avengers selama beberapa waktu. Namor pernah ikut bertarung melawan Magneto ketika Magnus mencoba untuk menyelamatkan muridnya dari Emma Frost, kemudian White Queen dari Hellfire Club, dan membantu mengembalikan tanduk raksasanya yang hilang yang ditemukan oleh X-Terminators. Saat masyarakat Atlantis yang dipimpin oleh Attuma mendeklarasikan perang dengan wilayah permukaan, Namor diduga tewas dalam perang tersebut.

  • Civil War

Sepupu Namor, Namora, bersama dengan anggota New Warriors lainnya tewas dalam sebuah ledakan Stamford yang diakibatkan oleh seorang supervillain bernama Nitro. Kejadian tersebut kemudian menuntun pada arc Superhuman Registration, dimana diceritakan seluruh superhuman untuk mendaftar diri mereka kepada pemerintah untuk didata seluruh kemampuannya.

Illuminati kemudian meminta Namor untuk mempertimbangkan bergabung dan mendaftarkan dirinya, tapi Namor menolak. Demi membalaskan dendam sepupunya, Namor mengaktifkan para agen-agen kerajaan Atlantis untuk mencari keberadaan Nitro, yang justru mereka ditangkap oleh Wolverine. Mengetahui agennya diserang di wilayah amerika, Atlantis kemudian membatalkan kerjasama diplomatik mereka. Namor membantu Captain America dalam perang antara pro dan anti registrasi. Tapi, mereka kemudian kembali ke Atlantis setelah Captain America menyerah.

  • Avengers vs X-Men

Saat event Avengers vs X-Men, Namor berada di pihak yang sama dengan X-Men. Dia berhasil mengalahkan Luke Cage dan juga the Thing. Setelah peperangan singkat, X-Men kemudian berpura-pura untuk menyerah dan pergi dari Utopia untuk bisa mencari lebih awal sosok Hope Summers, anak dari Cable. X-Men kemudian menemukan lokasinya berada di bulan. Namor, Cyclops, Emma Frost, Colossus, dan Magik pergi ke bulan untuk menemukannya.

Disana justru mereka bertemu dengan Avengers, yang juga mencari keberadaan Hope. Sebelum pertarungan pecah, Thor kemudian tiba dan diikuti oleh the Phoenix. Akhirnya, pertarungan pun tidak terhindarkan. Sementara itu, Tony Stark membangun sebuah senjata untuk mampu melawan the Phoenix. Iron Man menyerang the Phoenix, tapi alih-alih menghancurkannya justru serangan tersebut membuat mereka kelima X-Men tersebut menjadi sebuah kelompok super kosmik, bernama Phoenix  Five.

Namor beserta para X-Men lainnya kemudian membawa Hope kembali ke bumi. Di bumi, mereka kemudian menciptakan sebuah Utopia yang baru, yang berada di atas angkasa, dan menjadi tempat perlinfungan bagi para mutan. Para Avengers tidak percaya kepada Phoenix Five dan masih sering untuk mengambil Hope dari Utopia. Tapi, usaha mereka selalu gagal.

Scott Summer alias Cyclops berpendapat jika para Avengers harus diburu dan dipenjara. Namun, Namor menolak ide Cyclops dan lebih memilih untuk menghancurkan mereka. Namor pun pergi ke Wakanda dan pergi danau yang ada di sekitar sana. Dia kemudian membangun sebuah tembok air raksasa dan menenggelamkan Wakanda. Seluruh kerajaan pun hancur dan banyak orang yang tidak bersalah tewas. Namor kemudian berhasil dikalahkan oleh para Avengers yang ada di Wakanda.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2