Superman adalah salah satu karakter superhero yang paling dikenal sepanjang masa. Sudah tidak terhitung berapa banyak dia muncul di bagian sampul komik atau muncul dalam berbagai cerita selama 80 tahun ini. Selain muncul di komik, Superman juga sering diadaptasi dalam berbagai cerita live-action. Tyler Hochlin dan Henry Cavill adalah dua orang yang pernah memerankan Superman dalam versi live-action.

Superman memang pada dasarnya adalah seorang “pengungsi” dari planet Krypton. Tapi, di bumi dia merupakan ikon dan juga pemimpin untuk kehidupan manusia yang lebih baik. Itu adalah cerita yang kita kenal selama ini. tapi, bagaimana jika hal sebaliknya terjadi? Bagaimana jika Superman bukanlah seorang superhero yang membasmi kejahatan, melainkan yang menyebabkan terjadinya kehancuran? Berikut adalah Superman versi dark dari alternatif universe lain.

Overman

Bagaimana jika superhero merupakan bagian dari Nazi? Itu adalah tema yang selalu menarik untuk dibahas dalam cerita komik superhero. DC juga mengangkat tema tersebut dan menghadirkan sosok Superman dalam ceritanya. Dalam cerita komik DC 52, Kal-L yang berasal dari Earth-10  tidak jatuh di Kansas, seperti yang kita ketahui selama ini. Tapi, dia justru jatuh di German saat pendudukan Nazi dan kemudian Superman dirawat oleh Nazi dan Hitler.

Dengan menggunakan kekuatan Overman, Nazi berhasil mengalahkan musuh-musuhnya. Para Peneliti Nazi menciptakan sosok tandingan bagi Overman. Pertama adalah Overgirl dan yang kedua adalah sesosok monster. Overman menggunakan kostum yang memiliki kerah dan tidak ada lambang ‘S’ di dadanya, melainkan lambang petir.

Kingdom Come

Superman versi komik Kingdom Come ini berasal dari Earth-22. Ceritanya sendiri menampilkan apa yang terjadi di masa depan ketika sudah tidak ada lagi Justice League dan Superman juga menghilang, setelah seorang superhero baru yaitu Magog, menunjukan pada dunia cara baru mengatasi penjahat ala superhero; membunuh. Meskipn dibilang “dark’ tapi Superman versi ini masih memegang prinsip-prinsip yang diyakini oleh Clark.

Dia hanya akan tampil beringas dan menghajar musuhnya sampai tewas, ketika memang dia harus melakukan hal itu. Contonya adalah saat Shazam mengorbankan dirinya untuk menghentikan sebuah bom nuklir. Dalam prosesnya itu, ada banyak sekali superhero dan metahumans yang terbunuh. Marah karena banyaknya korban jiwa, Superman kemudian pergi ke kantor PBB dan menghancurkan gedung tersebut sebagai bentuk balas dendam.

Superdemon

Etrigan the Demon adalah karakter yang dikirim ke Earth-13 setelah rumahnya, Kamelot hancur. Sampai disana, Etrigan kemudian bergabung dengan League of Shadown untuk menghadapi berbagai kejahatan. Tapi, saat Etrigan membantu League of Shadows dalam menghadapi musuhnya ternyata musuh tersebut adalah sekelompok vampir yang juga menyerang tempat tinggalnya.

Superdemon sendiri sebenarnya merupakan perpaduan dari Superman dan Etrigan. Mereka kemudian menyebut diri mereka sebagai Superdemon. Ada lambang ‘S’ yang menyala di kostumnya, dan pemilihan nama Superdemon sendiri dikarenakan Etrigan tidak ingin dirinya dikenali oleh orang lain. Ketika dia dan seluruh pasukan League of Shadows dari Earth-13 akan menghadapi musuh terakhirnya, Superdemon harus menghadapi Vampire Ultraman.

Superman: Speeding Bullets

Superman dan Batman udah lama dikenal sebagai sepasang “sahabat” yang saling melengkapi. Lalu, bagaimana jika Superman dan Batman disatukan? Komik Speeding Bullets menjawab pertanyaan itu. Diceritakan saat Kal-El jatuh ke bumi dia justru ditemukan oleh keluarga Wayne dan bukan keluarga Kent. Thomas dan Martha memanggilnya dengan nama Bruce dan bukan Clark. Saat kedua orang tua angkatnya dibunuh, Bruce menggunakan heat vision miliknya untuk membakar Joe Chill.

Dia juga melakukan hal yang sama kepada sekelompok penyusup yang masuk ke rumahnya beberapa tahun kemudian. Dengan kekuatannya, Bruce mnghajar habis-habisan para penyusup tersebut. Dengan kekuatan tersebut, Bruce pun kemudian memutuskan untuk menjadi seorang pembasmi kejahatan ketika dia tahu jika angka kejahatan di kota Gotham terus meningkat. Selain kedua karakter protagonis, karakter antagonisnya juga muncul di cerita ini. Bruce berhasil menghentikan Lex Luthor yang berubah menjadi Joker dan menyelamatkan Lois lane.

Dru-Zod

General Zod sudah lama menjadi musuh bebuyutan Superman, bahkan keluarga Superman saat masih di Krypton. Dalam seri Action Comics, Dru-Zod atau General Zod adalah mantan pemimpin pasukan militer Krypton. Dia dihukum dengan diusir pergi ke Phantom Zone karena alasan makar dan juga melepaskan sebuah virus mengerikan yang membunuh banyak orang. Tapi, saat perang dunia kedua terjadi para ilmuwan Amerika melakukan sebuah percobaan yang membuat Zod berhasil keluar dari Phantom Zone dan berpura-pura menjadi orang baik.

Pasukan Amerika mengangkatnya sebagai ‘Clark Kent’ dan menganggapnya sebagai ‘Superman’ mereka. Ketika Zod mengetahui jika pihak Russia memiliki sebuah alat yang bisa membuatnya lemah, Zod kemudian membunuh semua orang disana. Zod kemudian tewas saat dirinya berusaha untuk menghancurkan proyek tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2