Beberapa waktu yang lalu, Disney sudah mengumumkan berbagai rencana proyek film mereka yang akan dimulai pada tahun ini sampai 2022 mendatang, lengkap dengan film animasi mereka. Dengan proses akuisi Fox yang sudah rampung, sepertinya dalam beberapa tahun kedepan kita masih akan melihat dominasi Disney di industri perfilman Hollywood.

Berbagai cabang Disney seperti Disney Animation Studios, Pixar Animation, dan beberapa akusisi baru seperti Blue Sky Studios, Locksmith Animation, dan 20th Century Fox Animation, Disney sepertinya sibuk mempersiapkan berbagai film animasi mereka. Apa saja film yang sudah mereka siapkan?

Frozen 2

Film ini merupakan sekuel langsung dari film Frozen yang menjadi hits dan menjadi sebuah fenomena baru di tahun 2013. Film terbaru ini masih akan menghadirkan beberapa karakter lama seperti Olaf, Anna, Elsa, Kristoff, dan Sven. Dengan kembalinya berbagai elemen lama di film ini, Disney berharap Frozen 2 bisa kembali menghadirkan “Frozen fever” atau demam Frozen yang sempat terjadi di film pertama.

Dengan kesuksesan yang besar dan banyak orang di seluruh dunia mengenal film tersebut, rasanya tidak aneh jika sekuel Frozen ini sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang khususnya para keluarga. Frozen 2 dijadwalkan akan dirilis pada 22 November 2019.

Proyek Film Animasi Lin-Manuel Miranda

Dengan film Frozen 2 yang akan mengambil slot pada perayaan Thanksgiving 2019, Disney juga masih mempunya proyek film lainnya yang dimulai dari 2020 sampai 2022 mendatang. Salah satunya adalah proyek film animasi yang akan dikerjakan oleh Lin-Manuel Miranda. Setelah kesuksesannya dengan film Moana dan Marry Poppin Returns, kabarnya Lin sedang kembali mengerjakan proyek lainnya bersama Bryon Howard, sutradara Zootopia.

Belum ada informasi apapun mengenai proyek film animasi tersebut, tapi kita juga belum mendengar kabar jika proyek tersebut dibatalkan. Artinya proyek ini akan mengisi slot 2020-2022 mendatang. Saat ini, Miranda sendiri sedang sibuk dengan berbagai proyek lainnya, seperti Into the Heights, His Dark Material, dan juga proyek live-action Little Mermaid.

Film Animasi Disney lainnya

Meskipun Frozen 2 sudah memiliki jadwal tayang pada 22 November mendatang, berikut adalah jadwal lengkap perilisan berbagai film animasi besutan Disney

  • 25 November 2020
  • 24 November 2021
  • 23 November 2022

Berbagai Film Pixar yang Akan Segera Dirilis

Disney juga memiliki beberapa proyek film animasi yang akan dirilis dari salah satu studio animasi mereka lainnya, Pixar Animation. Dimulai dari film Toy Story 4 yang akan dirilis pada 21 Juni 2019. Menurut sang produser, Mark Nielsen, tidak ada lagi film sekuel yang sedang dikerjakan oleh Pixar selain Toy Story 4. Artinya kita akan melihat berbagai cerita orisinal terbaru dalam beberapa waktu kedepan. Berikut adalah jadwal lengkapnya.

  • 6 Maret 2020 : Onward
  • 19 Juni 2020
  • 18 Juni 2021
  • 18 Maret 2022
  • 17 Juni 2022

Berbagai Film Animasi Fox Animation yang Akan Segera Dirilis

Dengan mengakusisi Fox artinya Disney juga mengakusisi studio film animasinya. Banyak proyek terbaru  dari studio ini yang akan segera dirilis. Salah satu proyek film mereka, Spies in Disguise, akan dirilis pada natal tahun ini. Berikut adalah jadwal lengkap proyek film dari Fox Animation.

  • 17 Juli 2020 : Bob’s Burgers: The Movie (20th Century Fox Animation)
  • 6 November 2020 : Ron’s Gone Wrong (Locksmith Animation)
  • 5 Maret 2021 : Nimona (Blue Sky Studios)