Buat Geeks yang senang dengan cerita One Piece, tentunya pernah mendengar tentang Vivre Card Databook. Sesuai dengan namanya, databook ini berisikan berbagai data dan juga informasi lain tentang karakter-karakter yang muncul di dalam cerita. Informasi yang disampaikan biasanya berupa data yang tidak diungkapkan dalam ceritanya. Contohnya adalah makanan kesukaan, nilai buruan, sampai trivia lainnya.

Vivre Card Databook ini sekarang sudah mencapai volume 8 dan untuk volume terbaru, yaitu volume 9, baru saja dirilis beberapa waktu lalu. Ada berbagai hal yang dibahas dalam Databook terbaru ini. Di volume sembilan ini, kebanyakan pembahasannya adalah tentang bajak laut Doflamingo. Kemudian pembahasan tentang Nico Olivia, dan trivia lainnya. Berikut adalah pembahasannya.

Trivia Tentang Bajak Laut Doflamingo

Pertama adalah pembahasan fakta kekuatan dan kelemahan beberapa karakter. Contohnya adalah Sugar dan Diamante, yang merupakan anak buah dari Doflamingo. Selama ini Diamante selalu menyembunyikan kelemahannya. Pemakan buah iblis Hira Hira ini merupakan salah satu anggota bajak laut Doflamingo terkuat. Karena kekuatannya, dia dijuluki Pahlawan Colosseum. Namun, ada hal menarik tentang Diamante yaitu ternyata kelemahannya terletak pada dahinya. Mungkin itulah mengapa dia selalu menutupi dahinya dengan topi.

Sugar juga merupakan salah satu anggota bajak laut Doflamingo. Dia merupakan pemakan buah iblis Hobi Hobi. Hal itu membuatnya memiliki tubuh seperti anak-anak. Tapi, meskipun tubuhnya kecil dan seperti anak-anak gerakannya bisa lebih cepat dari pasukan Tontatta dan bisa mengubah pasukan tersebut menjadi mainan. Sugar juga memiliki trauma dengan wajah Usopp setelah apa yang terjadi di Dressrossa.

Siapa yang sangka jika Giolla merupakan pecinta anak-anak. Di Databook ini dijelaskan jika Giolla senang untuk merawat anak-anak dan inilah alasannya mengapa dia mengurus Dellinger sejak usianya masih kecil. Dengan pola asuh yang diterapkan Giolla, Dellinger berfikif jika dirinya adalah perempuan. Tapi, dalam Databook ini dia masih dikategorikan pria dan bukan Okama. Giolla sendiri sebenarnya pernah mencoba merawat Trafalgar Law. Tapi, karena sifat keras kepalanya dia tumbuh berbeda dengan Dellinger.

Databook ini sedikti membahas tentang masa lalu, Machvise, yang merupakan salah satu anggota terlama dari bajak laut Doflamingo. Pada awalnya, hidup Machvise tidak seperti kehidupan bajak laut seperti umumnya. Semuanya berubah ketika dia memakan buah iblis Ton Ton dan mendapatkan kekuatannya. Karena kekuatan tersebut, banyak orang yang mengincar nyawa Machvise. Sedari kecil juga dia sudah terbiasa untuk kabur dari kejaran para pemburu kekuatannya.

Ada hal konyol dari sosok Machivse ini. Dia dulunya merupakan karakter yang memiliki badan kekar dan kuat, sampaii-sampai dia pernah dijuluki “Machovise”. Tapi, karena terlalu banyak memakan burger dan Pizza akhirnya dia pun berubah menjadi Machvise yang kita lihat.

Trivia menarik lainnya tentang bajak laut Doflamingo adalah nama kapal yang digunakan oleh Doflamingo dan krunya ketika mereka masih beraksi di wilayah North Blue. Namanya adalah Numancia Flamingo. Numancia sendiri merupakan sebuah kota tua di wilayah Hispanik yang ditaklukan oleh bangsa Roma.

Nilai Buruan Para Bajak Laut Doflamingo

  • Nilai Buruan : 99.000.000 Belly. Dia adalah salah satu kru yang memiliki nilai buruan tertinggi. Namun, karena Doflamingo berubah menjadi Shichibukai nilai buruannya pun dibekukan.
  • Nilai Buruan : 99.000.000 Belly. Nilai buruannya sama dengan Trebol setelah Doflamingo diangkat menjadi Shichibukai.
  • Nilai Buruan : 99.000.000 Belly. Pica memiliki nilai buruan yang sama dengan Diamante dan Trebol sebelum akhirnya nilai buruan tersebut dibekukan.
  • Nilai Buruan : 15.000.000 Belly. Berbeda dengan kru tiga nama sebelumnya, nilai buruan Dellinger lebih murah. Tapi, dengan usianya yang sekarang dan mengingat Doflamingo diangkat menjadi Shichibukai 10 tahun yang lalu, artinya dia sudah mendapatkan nilai buruan tersebut sejak usianya enam tahun.
  • Senor Pink. Nilai Buruan : 58.000.000 Belly. Dia adalah satu-satunya pemakan buah iblis yang mampu berenang di laut. Nilai buruannya juga cukup tinggi.
  • Nilai Buruan : 11.000.000 Belly. Meskipun dia merupakan anggota terlama dari bajak laut Doflamingo, nilai buruannya tidak lebih dari nilai buruan Dellinger.
  • Lao G. Nilai Buruan : 61.000.000 Belly. Walaupun Machvise adalah anggota terlama, Lao G adalah anggota tertua dibandingkan kru Doflamingo lainnya. Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, nilai buruannya bisa dikatakan cukup tinggi.
  • Nilai Buruan : 31.000.000 Belly. Sejak kecil, Gladius memang sudah senang menutup wajahnya dan bukan karena ada kekurangan apapun. Nilai buruannya juga lebih tinggi dibanding Machvise.

Trivia lainnya

Selain membahas tentang bajak laut Doflamingo, trivia lainnya adalah tentang masa lalu Foxy. Dia lahir di South Blue pada 38 tahun yang lalu. Sejak awal usia 20 tahun, Foxy sudah menjadi seorang petinju, seorang petarung di sebuah turnamen. Tapi, 15 tahun yang lalu lisensinya sebagai petinju pun kemudian dicabut setelah ketahuan melakukan kecurangan. Karena hal itu, dia tidak bisa lagi berpartisipasi dalam turnamen apapun. Dua tahun kemudian, dia menemukan buah iblis Noro Noro yang memberikannya kekuatan untuk bisa memperlambat waktu

Di usianya yang ke 28, dia mulai terobsesi dengan sosok Davy Jones. Dia kemudian mengadakan sebuah turnamen yang disebut Davy Back Fight. Tujuannya, untuk menghajar setiap kelompok bajak laut lain. Rekor kemenangannya adalah 920 kali, itu pun karena dia curang. Tapi, kemenanganya musnah setelah mampu dikalahkan oleh Luffy. Meskipun “karirnya” cemerlang nilai buruannya hanya 24.000.000 Belly.

Vivre Card Databook kali ini sedikit membahas tentang sosok legendaris, Jaguar D. Saul. Awalnya Saul memiliki pangkat Laksamana Pertama di angkatan laut. Tapi, kemudian dia diangkat menjadi wakil admiral. Hal yang menarik adalah Saul merupakan anggota klan D., meskipun dia bukan dari ras manusia. Karena berasal dari ras yang berbeda, Oda Sensei sendiri kemudian bertanya tentang bagaimana hubungan darah klan D. tersebut bisa terhubung. Mungkin di dalam cerita (atau Databook selanjutnya) hal ini dibahas.

Di Data book ini kita akhirnya mengetahui tentang ibu dari Nico Robin, yaitu Nico Olivia. Dulunya ibu Robin adalah seolah arkeolog cerdas, sama seperti Robin, dan sudah belajar tentang ilmu tersebut sejak masih muda. Ternyata selain ibunya, ayahnya Robin pun merupakan seorang arkeolog. Ayahnya sempat bergabung dalam sebuah tim untuk mencari keberadaan poneglyphs di seluruh lautan.

Sayangnya, ayah Nico Robin tersebut meninggal dunia karena suatu alasan. Olivia hampir bisa memecahkan rahasia dari peradaban yang hilang, tapi pada akhirnya waktunya tidaklah cukup.Tanpa diduga ternyata Nico Olivia juga memiliki nilai buruan. Nilainya sama dengan milik Robin yaitu 79.000.000 Belly.