Sebuah film live-action adaptasi dari seri animasi terpopuler Jepang, Akira, diketahui sudah memasuki masa pengembangan sejak beberapa tahun yang lalu. Banyak sutradara terkenal yang dirumorkan akan menggarap filmnya; George Miller, Christopher Nolan, Justin Lin, dan bahkan Jordan peele. Tapi, kemudian pada September 2017 kemarin akhirnya proyek ini jatuh ke tangan Taika Waititi.

Setelah sibuk dengan berbagai proyek yang sudah dia persiapkan sebelumnya, akhirnya film adaptasi Akira mengalami perkembangan. Menurut laporan dari Discussing Film, Akira akan mulai memasuki proses produksi pada Juli mendatang. Selain menjadi sutradara filmnya, Waititi juga akan menulis naskah skripnya bersama Michael Golamco. Proses pencarian para cast juga sudah mulai dilakukan, artinya kemungkinan dalam beberapa waktu kedepan kita akan dapat rumor atau kabar tentang para cast.

Sama seperti film adaptasi dari game, proyek adaptasi live-action dari sebuah seri anime merupakan sebuah tantangan terbesar yang selama ini harus dihadapi Hollywood. Tidak sedikit usaha Hollywood untuk mengadaptasi cerita animasi ke dalam versi live action. Yang paling baru adalah “kegagalan” film Ghost in the Shell, yang dibintangi oleh Scarlett Johansson. Mungkin dengan adaptasi Akira ini, Waititi bisa jadi orang pertama yang bisa sukses dengan film adaptasi anime.

Selama karirnya, Waititi memang bisa memberikan sembuah pembeda dalam sebuah cerita dengan elemen emosional di dalamnya. Kesuksesan Thor: Ragnarok bisa menjadi salah satu buktinya. Lagipula Waititi merupakan salah satu penggemar Akira, berdasarkan wawancara sebelumnya. Jadi, secara garis besarnya dia sudah paham apa yang harus dilakukan.