Batman mungkin saja menjadi superhero paling populer di dunia, tetapi karir sinematiknya memang sering naik turun. Batman memulai karir sinematiknya saat ia pertama kali diperankan oleh Adam West ditahun 1966, dan setelah itu ada banyak nama besar yang bergantian memainkan karakter tersebut seperti Michael Keaton, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale dan terakhir Ben Affleck.

Tapi diantara banyak film Batman yang telah hadir, ada dua filmnya yang sangat tak disukai oleh para penggemarnya yaitu, Batman yang digarap oleh sutradara Joel Schumacher, Batman Forever dan juga Batman & Robin. Awalnya Clooney yang memerankan Batman di film Batman & Robin melihat bahwa mengambil peran tersebut dalam karirnya akan menjadi awal yang baik melihat Batman adalah ikon dari pop culture seperti James Bond atau Han Solo. Namun sayangnya, setelah filmnya dihujat, Clooney sejak itu jujur tentang pengalaman buruknya bermain sebagai Batman, dan bahkan secara terbuka meminta maaf atas kegagalannya untuk film Batman & Robin.

Bahkan ternyata sebelum Ben Affleck menerima peran Batman di DCEU, Clooney mencoba memperingatkan Affleck untuk tidak mengambil peran barunya itu. “Aku benar-benar bicara dengannya tentang hal itu. Saya berkata ‘Jangan lakukan itu.’”

Tentu saja, Affleck tidak mengikuti saran Clooney, dan akhirnya bermain sebagai Batman pertama kali di Batman v Superman: Dawn of Justice dan Justice League, serta juga tampil sebagai cameo di Suicide Squad lalu. Akhirnya Affleck secara resmi meninggalkan peran Batman awal tahun ini, saat Matt Reeves membuat film solo Batman berjudul The Batman. Film tersebut akan menampilkan inkarnasi yang lebih muda dari Bruce Wayne sehingga Affleck akhirnya harus digantinkan.

Untuk menghargainya, Clooney mengakui bahwa Affleck melakukan perannya dengan baik. Masalah-masalah yang kini mendera DCEU tampaknya masih selalu berkutat pada skrip dan eksekusinya, dan bukan masalah pemilihan pemeran. Banyak penggemar yang juga menyesali betapa sebentarnya Affleck untuk memerankan Batman, sama seperti halnya jika Henry Cavill akhirnya tak lagi memerankan Superman.