Dibandingkan dengan kota-kota yang ada di dalam cerita komik lainnya, Gotham selalu memiliki banyak rahasia. Dalam komik The Batman Who Laughs #2, kita diperlihatkan salah satu contoh rahasia kota Gotham yaitu Last Laugh. Seperti yang diungkapkan dalam komiknya, Last Laugh adalah sebuah infrastruktur yang segaja dibuat pada abad ke 18, untuk melindungi kota Gotham dari menyebarnya ancaman dari dalam.

Batman kemudian kembali memperjelas, jika maksudnya adalah untuk menyegah penyebaran dari serangan biologi atau kimia. Program dari Las Laugh yang diperbaharui sendiri secara spesifik digunakan untuk membatasi jumlah epidemik dari racun yang sering digunakan oleh The Joker. The Batman Who Laughs #5 kemudian mengungkapkan ada sebuah rahasia di dalam Last Laugh.

Peran Court of Owls

Bukan hal yang aneh jika kemudian rahasia yang di dalam protokol Last Laugh memiliki keterkaitan terhadap sebuah organisasi paling rahasia di kota Gotham, Court of Owls. The Batman Who Laughs kemudian pergi mengunjungi kelompok rahasia tersebut, untuk meminta bantuan mereka. Versi gelap dari Batman tersebut ingin meminta bantuan Court of Owls untuk mengubah warga Gotham menjadi versi gelap mereka.

Court of Owls sendiri melihat The Batman Who Laughs adalah sebuah ancaman nyata, baik bagi Gotham maupun bagi kelompok mereka. Batman versi jahat tersebut terbukti sudah berhasil mempengaruhi berbagai sebagian besar dari apa yang mereka kuasai, seperti penegak hukum, anak buahnya, dan sebagainya. Dengan kata lain, mereka punya dua pilihan yaitu mengikuti permintaan sang Batman jahat atau pergi dari Gotham. Dia punya kunci yang bisa mengakses ke sebuah rahasia terbesar kelompok tersebut.

Batman Tertawa Terakhir, Mungkin

Sementara itu, Batman yang sebenarnya sedang berusaha keras untuk menghilangkan racun The Joker yang ada di dalam tubuhnya. Dia hampir saja menyerah dan berubah menjadi Batman Who Laughs versi dunianya. Namun, akal sehat dan keyakinan masih ada di dalam diri Batman. Dia dan Komisioner Gordon pun akhirnya mulai mengaktifkan protokol Last Laugh. Tujuannya adalah untuk menghentikan penyebaran racun Batman Who Laughs ke luar kota Gotham. Secara tidak langsung hal itu membuat Gotham menjadi kota yang terisolir.

Setelah Gordon mengaktifkan setengah dari protokol tersebut, Batman kemudian sadar jika sebenarnya mereka melakukan hal yang salah. Dia sadar jika sebenarnya apa yang mereka lakukan, mengaktifkan protokol Last Laugh, adalah jebakan yang sengaja dibuat oleh Batman Who Laughs. Dia ingin protokol tersebut diaktifkan.

Batman Who Laughs Menang

Dengan hitung mundur dari protokol Last Laugh yang sudah dimulai, Batman Who Laughs kemudian mengirimkan sebuah pesan ke Batcave. Dalam sebuah gambar holografik tersebut, terlihat jika Batman Who Laughs berada di sarang Court of Owls. Dalam pesannya, Batman Who Laughs menjelaskan jika sebenarnya protokol Last Laugh bukan diciptakan untuk melindungi kota Gotham dari dunia luar, tapi sebaliknya.

Last Laugh adalah sebuah pelindung agar para pendiri kota Gotham dan para orang yang berpengaruh di dalamnya, bisa membuat Gotham menjadi salah satu kota dengan kekuatan yang sangat dahsyat. Artinya pelindung tersebut justru untuk melindungi dunia luar dari serangan kota Gotham. Jika Last Laugh sudah aktif, Gotham bisa menciptakan tentara, senjata, dan berbagai peralat penyerangan lainnya yang akan digunakan terhadap dunia luar. Hal tersebut sesuai dengan rencana Batman Who Laughs.

Setelah mempertimbangkan berbagai hal, akhirnya Batman kembali ke keputusan awalnya untuk mengaktifkan Last Laugh. Tapi, kali ini tujuannya berbeda. Apakah artinya Batman baru saja menghancurkan Gotham dan memberikan kemenangan pada “kembarannya”? Apakah Gotham akan menjadi tempat kelahiran para villain? Batman Who Laughs adalah seorang karakter yang jahat. Bisa jadi apa yang dia katakan selama ini adalah bohong. Kemungkinan lainnya adalah apa yang diucapkan olehnya adalah sejarah kota Gotham dalam dunianya, bukan dunia kita.

Bisakah Batman Menyelamatkan Gotham?

Meskipun Batman ternyata “membantu” rencana yang sudah dibuat oleh Batman Who Laughs, protokol Last Laugh mungkin memiliki sisi baiknya. Ada hal yang mungkin tidak disadari oleh Batman Who Laughs. Dengan diaktifkannya protokol tersebut, justru bisa membuat Batman lebih meudah menghabisinya dan merusak semua rencana jahatnya. Gotham memiliki beberapa superhero lainnya. Mereka bisa bekerja sama untuk menghentikan batman Who Laughs.

Gotham mungkin dibangun dengan dasar tujuan untuk menciptakan sebuah pusat kekuatan. Tapi, bukan berarti Gotham adalah sebuah kota yang jahat. Batman Who Laughs, yang berasal dari sebuah dimensi dimana semuanya sudah rusak sampai ke intinya, mungkin tidak akan paham dengan hal tersebut, dan itu bisa jadi bukti jika apa yang dia ucapkan adalah salah.