Dengan munculnya trailer baru Spider-Man: Far From Home, kemungkinan akan adanya multiverse di dalam MCU semakin menguat. Multiverse adalah sebuah sebutan yang menyatakan bahwa adanya banyak dunia yang sama namun berbeda, multiverse juga bisa disebut sebagai alternate reality. Sebenarnya, konsep multiverse ini sudah diterapkan ke dalam MCU pada film Dr. Strange, walau begitu konsep ini belum pernah dijelaskan atau bahkan belum pernah disebut lagi di film MCU lain, setidaknya sampai saat ini dengan munculnya trailer baru film Spider-Man, dimana Marvel sepertinya akan mengekspansi multiverse MCU.

Nah kali ini kita akan membahas tentang ragam Multiverse atau alternate reality yang paling menarik dari komik Marvel. Aapa aja sih? yuk simak pembahasannya dibawah ini.


Squadron Supreme (Earth-712)


Squadron Supreme bisa dibilang adalah Justice League-nya Marvel ditambah dengan kompas moral yang dipertanyakan. Melalui komik mini-series pada tahun 1985 – 1986, Squadron Supreme memutuskan cara terbaik untuk menyelamatkan dunia, yaitu dengan menguasai dunia itu sendiri. Bahkan disini juga diceritakan bahwa mereka sempat mengambil alih pemerintahan untuk tujuan yang tentu saja mulia. Komik ini terkenal dengan ceritanya yang kompleks, dewasa, dan sangat progresif untuk eranya, hal ini membuatnya menjadi salah satu alternate reality yang paling menarik. Squadrin Supreme juga muncul lagi dalam publikasi Marvel MAX, yang menceritakan masing – masing karakter dari Squadron Supreme yang mencoba untuk menguasai dunia, sayangnya jalan cerita ini tidak pernah diselesaikan oleh tim pembuatnya, yang dipimpin oleh J. Michael Stracynski.


House of M (Earth-58163)


Ini adalah dunia yang diciptakan oleh Scarlet Witch versi komik ketika kekuatannya tak terkendali. Ia membuat dunia baru dengan kemampuannya yang dapat memanipulasi suatu realita. House of M adalah dunia dimana semua orang mendapatkan semua yang mereka inginkan. Seperti ketika Mutants pemimpin sebuah dunia (dipimpin Magneto), manusia terlihat bahagia, dan semuanya terlihat relatif baik. Disini juga terdapat banyak kejutan yang terjadi, dimana dalam realita ini, Steve Rogers tidak pernah menjadi Captain America dan Parker yang menikah dengan Gwen Stacy, bukan dengan Mary Jane. House of M berakhir dengan cerita yang cukup mengejutkan bagi para mutans dan tidak sedikit korban jiwa yang timbul dalam peristiwa tersebut.


Age of Apocalypse (Earth-295)


Mini-series ini dimulai ketika Legion, anak dari Professor X yang jahat, tidak sengaja membunuh ayahnya sendiri di masa lalu (time travel, again). Kematian Prof. X mengacaukan timeline jaman sekarang, yang menyebabkan seorang mutan bernama Apocalypse menguasai dunia sebagai diktator. Seperti House of M, dunia Age of Apocalypse pada akhir mini-series berhasil dihapus dan dunia kembali semula, bedanya ada beberapa karakter dari Age of Apocalypse yang selamat, seperti Blink, dan Dark Beast (versi jahat Beast).


Marvel Zombies (Earth-2149)


Sepertinya tanpa dijelaskan dunia ini sudah cukup obvious isinya apa. Zombies. Yup. Alternate reality marvel ini terisi dari banyak karakter heroes dan villains Marvel yang terkena sebuah virus dan menjadikan mereka sebagai zombie. Komik ini jelas bukan untuk kalangan dibawah umur dikarenakan adanya gore dan hal–hal lain yang lebih mengerikan. Marvel zombies membuat orang–orang yang terinfeksi mengalami kelaparan yang tidak pernah usai, dan kelaparan ini membuat mereka melahap manusia, bahkan dikarenakan kelaparan ini mereka mampu membuka portal ke dunia lain karena “makanan” mereka di realitas mereka sudah akan habis.


Ultimate Universe (Earth-1610)


Ultimate universe sebenarnya adalah sebuah usaha Marvel untuk me-reboot dunia Marvel kedua kalinya (yang pertama adalah Heroes Reborn tetapi kurang sukses). Ultimate Universe sampai sekarang masih suka muncul di dunia komik modern menyediakan banyak cerita menarik baik bagi pembaca komik Marvel awam ataupun veteran. Ada bagian menyedihkan di universe ini dimana Spider-Man klasik, Peter Parker tewas saat ia berupaya mengalahkan Green Goblin. Dalam kematiannya, Parker terlihat senang bahwa ia bisa menyelamatkan bibinya, May dengan cara yang tidak pernah ia bisa lakukan untuk pamannya, Ben. Tapi setelah kematiannya, Parker lantas digantikan oleh Miles Morales.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2