Film Iron Man yang dirilis pada 2008 silam, menjadi awal bagi kemunculan Marvel Cinematic Universe. Beberapa sudah menduga jika filmnya akan menjadi sebuah awal yang sukses bagi Marvel. film Iron Man tersebut disutradarai oleh Jon Favreu. Peran Iron Man di MCU tentunya tidaklah sedikit, dan tentunya dengan kehilangan sosok Tony Stark akan menjadi sebuah kehilangan besar bagi Avengers.

Sampai saat ini Iron Man sudah memiliki tiga buah film solo. Meskipun merupakan salah satu karakter penting dalam perkembangan MCU, sepertinya untuk saat ini Marvel tidak lagi terlalu bergantung pada sosok Iron Man tersebut. Hal inilah mungkin yang menjadi alasan mengapa Marvel Studios tidak memiliki rencana untuk membuat Iron Man, seperti yang diungkapkan oleh Favreu kepada Screen Rant.

Kami belum berbicara tentang Iron Man 4. Aku sudah berbicara kepada Kevin (Feige) tentang apa yang sedang mereka rencanakan, tapi kami senang bisa bekerja sama dan kami sangat senang dengan karakter-karakter ini. Jadi kami berdiskusi tentang apa yang akan terjadi, dan kami selalu membuat lelucon tentang cerita yang ‘gila’ dimana Happy Hogan memiliki cerita jika dia bisa berubah menjadi seperti Hulk. Kami membuat lelucon tentang itu, tapi kami belum memiliki rencana untuk saat ini.

Dengan brand dan pengaruh yang mereka miliki, Marvel Studios bisa saja dengan mudah kembali membuat film Iron Man. Tapi, tentunya akan terasa berbeda jika memang jadi dibuat. Selain itu, mengingat apa yang terjadi di film Avengers: Endgame, Marvel Studios sepertinya akan membiarkan Iron Man Istirahat (bersama dengan Captain America).

Film Endgame benar-benar menjadi sebuah cerita penutup dan salam perpisahan yang benar-benar menyentuh bagi sang karakter. Dengan tidak adanya rencana untuk membuat Iron Man 4, bukan berarti memang Marvel Studios sudah tidak berminat untuk membuatnya. Bisa saja dalam beberapa tahun kedepan sosok Iron Man akan kembali muncul, tentunya dengan karakter baru. Contohnya adalah Iron Heart. Yang pasti, untuk saat ini Marvel sudah memiliki rencana proyek film yang mereka siapkan dan untuk film Iron Man, sepertinya belum akan dibuat dalam waktu dekat.