Film Avengers: Endgame menjadi film puncak dari 21 film yang ada di MCU dalam satu dekade terakhir ini. Selain menjadi film puncak MCU, Endgame juga menjadi film terakhir bagi beberapa cast di filmnya salah satunya adalah Chris Evans. Bersama Robert Downey Jr., Evans memutuskan untuk berhenti memerakan Tony Stark dan Steve Rogers.

Marvel sendiri tidak melanjutkan kontrak kerja sama dengan dua cast tersebut atas keinginan mereka. Steve Rogers sendiri menyebutkan bahwa dia ingin mencoba sesuatu yang baru dalam hidupnya. Sutrarada film Endgame, Joe Russo sempat ditanya dalam podcast Happy Sad Confused apakah Evans akan kembali ke MCU. menurut Joe, Endgame benar-benar menjadi film terakhir bagi Evans di MCU, setidaknya untuk saat ini.

Tidak, aku pikir Chris adalah orang yang sangat emosional. Jika kalian mengikutinya di Twitter dia benar-benar menggunakan perasaan terhadap apa yang dia ucapkan tapi aku pikir dia suda menutup pintu terhadap apapun (yang berkaitan dengan Captain America) dan secara emosional pindah menuju hal lainya. Tidak ada rencana apapun. Menurutku untuk sekarang dia secara emosional sudah move on

Chris Evans sudah memerankan karakter Steve Rogers sejak tahun 2011 silam. Di film Endgame, Marvel mencoba memberikan sebuah “salam perpisahan” yang emosional bersama dengan RDJ. Sebelum Endgame rilis, Evans sendiri sempat memberikan petunjuk bahwa film tersebut merupakan film terakhirnya di MCU. dia sempat mencuitkan kata-kata perpisahan dan mengatakan bahwa suatu kehormatan bisa memerankan karakter Captain America.

Di film Endgame, Steve kembali ke masa lalu untuk mengembalikan Infinity Stones yang diambil dari masa lalu. Dia kemudian kembali dalam usia yang sudah tua. Steve kemudian menyerahkan tameng dan mantel Captain America kepada Sam Wilson. Mungkin dengan Evans yang berhenti berperan sebagai Captain America, Marvel memperlihatkan cerita seperti di komiknya ketika Sam menjadi pengganti Steve untuk meneruskan perjuangan Captain America.