Trailer Spider-Man: Far From Home telah mengungkapkan bahwa Mysterio di film ini adalah sosok dari semesta alternatif. Meskipun Far From Home sebelumnya telah merilis trailer, tapi saat itu tidak ada hal mengejutkan yang diceritakan. Bahkan bisa dibilang, antusiasme para penggemar biasa-biasa saja, wajar karena kita lebih antusias menunggu Avengers: Endgame di banding film solo Spidey.

Namun sekarang kita tahu, jika Far From Home ternyata memiliki cerita besar yang akan merubah masa depan Marvel Cinematic Universe (MCU). Di trailer ini, ketika Quentin Beck alias Mysterio diperkenalkan pada Peter Parker, ia mengatakan, “kita bisa menggunakan seseorang seperti kamu di duniaku.” Lalu Nick Fury mengklarifikasi, “snap (jentikan jari) merobek lubang di dimensi kita”.

Kalimat tersebut pada dasarnya mengkonfirmasi jika MCU kini bergerak menuju konsep semesta alternatif atau yang biasa disebut multiverse. Namun hal ini juga memberi banyak pertanyaan, khususnya bagi penggemar yang belum terlalu familiar dengan konsep multiverse. Untuk itu, mari kita breakdown lebih dalam konsep multiverse di Marvel Cinematic Universe.

Apa Itu Multiverse?

Mudahnya, multiverse adalah konsep dimana alam semesta memiliki beberapa versi (bahkan tak terhingga). Analogikan jika bumi dan alam semesta yang kita tinggali ini adalah satu universe. Maka dalam konsep multiverse, ada bumi dan alam semesta lain yang eksis, namun dalam dimensi yang berbeda. Di komik marvel, setiap universe memiliki angka unik, seperti misalnya universe utama yang disebut ‘Earth 616’, ada pula ‘Earth-Earth’ lainnya dari no 1 sampai selanjutnya.

Dari apa yang dikatakan Mysterio dan Fury, universe dimana Mysterio berasal telah ada sebelum event Avengers: Endgame terjadi. Tetapi semua universe saling terisolasi hingga  muncul sebuah celah yang membuat Mysterio terlempar ke universe yang kita kenal.

Namun tepatnya peristiwa apa yang membuat hal itu terjadi? Sebenarnya ada empat kali penggunaan Infinity Stones di Avengers: Infinity War dan Endgame. Pertama saat Thanos membuat membuat setengah dari populasi menjadi debu, kedua untuk menghancurkan seluruh Infinity Stones, ketiga saat Hulk menghidupkan lagi semua orang, dan terakhir saat Iron Man untuk menghapus seluruh pasukan Thanos.

Dari seluruh peristiwa tersebut, besar kemungkinan jika portal antar universe tercipta karena Thanos menghancurkan seluruh Infinity Stones. Hal ini diambil dari ucapan Ancient One di Avengers: Endgame saat ia bertemu dengan Hulk. Ia berkata setiap realitas harus menyimpan Infinity Stones-nya sendiri. Jika tidak, maka keseimbangan akan hilang dan pelindung utama realitas tersebut hancur. Maka, saat Thanos menghancurkan seluruh Infinity Stones milik universe utama, maka keseimbangan universe ini telah goyah dan membuka portal antar dimensi.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2