Spider-Man adalah salah satu karakter Marvel ciptaan Stan Lee yang menjadi karakter ikonik sampai saat ini. Dalam cerita komiknya sendiri, Spidey sudah muncul sejak tahun 1962. Dengan sejarahnya yang panjang dalam dunia komik, sudah tidak terhitung berapa banyak judul ataupun cerita juga crossover yang dilakukan oleh Spidey sampai saat ini.

Dengan banyaknya cerita yang memunculkan sosok Spidey, artinya banyak juga kostum yang dia gunakan saat melaksanakan aksinya. Ada beberapa kostum atau suit dari Spidey yang bisa dianggap sebagai kostum Spider-Man terbaik. Apa saja?

Future Foundation Suit

Kostum ini dipakai saat Spider-Man berkolaborasi dengan tim kosmik Marvel, Fantastic Four. Kostum ini dipakai dalam komik FF #1, dimana diceritakan Johnny Storm alias Human Torch meninggal dunia. Spider-Man kemudian menjadi pengganti Jhonny ketika tim Fantastic Four (dan Future Foundation) membutuhkan bantuannya. Future Foundation sendiri merupakan tim lainya yang dibuat oleh Reed Richard dan pertama kali muncul pada 2010 dalam komik Fantastic Four #579.

Spider-Man kemudian bergabung dengan Future Foundation setahun kemudian atau pada 2011. Sama seperti kostum anggota Fantastic Four lainnya, kostum ini terbuat dari bahan molekul yang tidak stabil. Sehingga kostumnya bisa terhindar dari kotoran, mampu berubah penampilan, dan bisa memperbaiki sendiri ketika rusak. Tapi, berbeda dengan yang lainnya kostum Spidey ini bisa berganti ke kostum orisinalnya kapanpun dia mau.

Spider-Armor MK III

Dibandingkan dengan kostum yang biasa digunakan, kostum ini lebih kepada armor yang mirip dengan Iron Man atau War Machine. Armor ini pertama kali muncul dalam seri komik The Amazing Spider-Man #682 dalam story arc Ends of the World. Kostum atau armor ini merupakan ciptaan Peter Parker dan Horizon Lab untuk menjadi senjata terakhir mengalahkan Sinister Six.

Akibat pertarungannya dengan Sinister Six, armor ini pun rusak dan sempat diperbaikin oleh Peter. Armor tersebut kemudian disimpan oleh Peter di gudang Horizon Lab. Saat Horizon Lab hancur, Peter kemudian menyimpan kostum ini di lab perusahaan miliknya, Parker Industries. Armor ini memiliki kemampuan mendengar yang sangat peka yang terinspirasi dari Daredevil. Selain itu, kemampuan lainnya adalah armor ini mirip seperti milik Iron Man, yang memiliki alat komunikasi, proyektor, kemampuan terbang, durabilitas yang kuat, dan sebagainya.

Six-Armed Suit

Dalam komik The Amazing Spider-man #100, story arc Six Arms Saga memperlihatkan bagaimana Peter Parker berusaha untuk menyembuhkan dirinya akibat gigitan laba-laba yang terkena radiasi. Sayangnya, serum tersebut justru membuatnya bermutasi menjadi memiliki enam tangan. Untuk itu, Peter kemudian “mereparasi ulang” kostum klasik miliknya.

Sebenarnya tidak ada yang berbeda dari segi kekuatan, hanya saja dari penampilan kostumnya Peter harus membuat kostumnya muat untuk enam tangannya. Meskipun terlihat aneh, berkat enam tangan yang dimilikinya dia bisa menyelesaikan berbagai misinya dengan mudah.

Stealth Suit

Sebagai seorang superhero yang ahli memanjat dinding, tentunya Spider-Man bisa menyelinap ke sebuah tempat dengan mudah. Tapi, dengan bantuan kekuatan ksotumnya Spidey pastinya bisa lebih leluasa lagi ketika menghadapi musuhnya. Untuk itulah Peter Parker membuat kostum Stealth Suit. Awalnya dia membangun kostum ini untuk mempertahankan diri dan menjadi senjata melawan sonic screams milik Hobgoblin.

Sesuai namanya, kostum ini bisa membuat Peter menjadi invisible atau tidak terdeteksi. Karena, kostum ini memiliki kemampuan untuk meredam suara dan cahaya yang ada di sekitarnya. Selain melawan Hobgoblin, Stealth Suit juga pernah digunakan untuk mengalahkan Spider-Queen oleh Kaine Parker. Jika berkonsentrasi dengan penuh, warna dari Stealth Suit bisa berubah seperti yang dilakukan oleh Kaine.

Spider-man 2099

Kostum yang dipakai oleh Migue O’hara ini memang bisa dibilang salah satu kostum Spider-Man yang terbaik. Dengan kuku yang tajam di ujung jari, simbol yang mirip tengkorak dibanding laba-laba, warna biru yang lebih mencolok, dan juga penampilannya yang garang, benar-benar membuat kostum Spider-man 2099 ini terlihat sangat badass.

Kostum ini terbuat dari bahan molekul yang tidak stabil, sama seperti bahan yang digunakan oleh kostum Spidey dalam cerita Fantastic Four. Kostum ini juga memiliki jubah yang terbuat dari material yang mirip jaring laba-laba yang disebut Lyte Byte. Topeng yang digunakan juga lebih mirip dengan bentuk tengkorak dibandingkan laba-laba.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2