Setelah peristiwa di Endgame, bagaimana masa depan Tony Stark dan alter egonya, Iron Man di MCU? Endgame telah memberikan akhir yang emosional bagi Tony Stark. Ketika Iron Man muncul di MCU pada 2008 lalu, ia telah menjadi pusat perhatian bagi para penggemar Marvel dan kisahnya juga menjadi pembuka dari ke 22 film MCU sekarang ini. Tony telah muncul di tiga film Iron Man, empat film Avengers, satu film Captain America dan Spider-Man.

Endgame terbukti sebagai ajang balas dendam Tony Stark. Setelah menderita kekalahan terbesar di Infinity War, Iron Man lantas memimpin Avengers untuk melawan Thanos di pertempuran terakhir Endgame, dan Tony bersama timnya berhasil memulihkan kembali kehidupan dari setengah populasi mahkluk hidup di seluruh alam semesta yang sebelumnya telah dibantai sang Mad Titan. Pada akhirnya, Stark menggunakan Infinity Stones menjebak Thanos dan pasukannya, lalu merubah mereka menjadi debu sama seperti yang terjadi di Infinity War. Tapi itu menjadi pengorbanan terakhir yang dilakukannya karena setelah itu ia tewas. Tapi ini MCU. Dimana semua kematian belum tentu menjadi final. Memang sulit untuk menerima fakta kematian Tony setelah 11 tahun mengenakan baju besinya yang ikonik, dan kita tak bisa menyalahkan Downey selaku pemeran Tony Stark atau Marvel Studios jika mereka memang ingin membiarkan Tony untuk beristirahat sebentar.

Namun, meskipun Tony mengakhiri ke 22 film MCU dengan kalimat ikonik “I am Iron Man”, salah satu pendiri Avengers ini masih bisa terus muncul. Lagipula, franchise Marvel adalah dunia film yang diadaptasi dari buku komik dan sulit untuk membayangkan jika MCU tanpa kehadiran Iron Man selamanya. Tony Stark adalah aset penting bagi MCU sehingga pengaruhnya akan terus berlanjut bahkan setelah kematiannya, tetapi Iron Man masih bisa tetap muncul dengan cara lain. Dan, seperti yang diceritakan di Endgame tentang time travel, ada berbagai cara yang membuat Tony Stark dapat kembali lagi, bahkan jika inkarnasi utama Tony sudah mati.

Tony Sebagai Hologram

Tony bisa saja muncul sebagai hologram dalam film-film masa depan MCU. Endgame sudah membuktikan kemungkinan ini, dimana Tony merekam pesan hologram tepat sebelum para pahlawan mencoba untuk kembali ke masa lalu. Jika ia gagal, Tony ingin agar hologram ini menjadi pesan terakhir untuk Pepper Potts dan putri kecilnya, Morgan. Jadi cara termudah untuk terus melihat Tony Stark di MCU adalah Downey akan sesekali mengulangi perannya sebagai versi hologram dari Tony Stark.

Bagaimanapun, Tony memang selalu bergantung dengan A.I Jarvis dan Friday, dan mereka berdua adalah “sahabatnya” sejak menjadi Iron Man. Tidak berlebihan untuk membayangkan bahwa Tony akan mengupload dirinya sendiri sebagai A.I untuk menjaga kepintarannya agar tetap hidup, apalagi Tony adalah orang yang cukup sering memamerkan dan bangga akan kepintarannya. Bahkan, jika ada orang lain yang akan mengenakan armor Iron Man, akan masuk akal bagi Tony Stark menjadi A.I dan membantu karakter baru yang mengisi peran Iron Man.

Akan Ada Iron Man Lainnya

Tony Stark dan Robert Downey memang tak tergantikan, tapi Iron Man tidak. Bahkan secara teknis sudah ada dua Iron Man di MCU sejak James Rhodes mengambil salah satu armor Tony di film Iron Man 2. Sebagai War Machine atau Iron Patriot, Rhodey telah menjadi bagian dari Avengers sejak apa yang terjadi di Age of Ultron, bahkan setelah tim Captain America menjadi burunan di Civil War, Avengers pada masa itu adalah Avengers yang terdiri dari para loyalis Stark, seperti War Machine dan Vision yang secara tak langsung dibuat oleh Iron Man. Mungkin loyalis yang ketiga adalah Peter Parker yang juga mengenakan armor Spiderman buatan Tony.

War Machine dan Spider-Man kemungkinan akan terus mengenakan armor buatan StarkTech, tetapi adalagi orang baru yang lebih layak untuk mengenakan armor Iron Man selain Tony. Salah satu pilihan yang sangat mungkin adalah Harley, seorang anak yang berteman dengan Tony di film Iron Man 3. Sekarang ia tumbuh dewasa. Harley menjadi salah seorang yang menghadiri pemakaman Tony, dan ini bisa menjadi petunjuk bahwa ia bisa menjadi the next Iron Man.

Rescue Bukanlah Kandidat Kuat

Meskipun Pepper Potts telah menjadi versi wanita dari Iron Man, dia tak mungkin mengambil alih pekerjaan Tony sebagai superhero. Potts telah berhasil menggunakan armor Iron Woman dalam pertempuran terakhir melawan Thanos. Dalam komik, Pepper menyebut dirinya sebagai Rescue ketika mengenakan armor tersebut. Namun itu semua adalah kesempatan khusus baginya dan bukan sesuatu yang akan Potts lakukan sepenuhnya di MCU. Dengan kepergian Tony, Pepper harus membesarkan Morgan sendirian dan terus menjadi CEO Stark Industries.

Lebih jauh lagi, Gwyneth Paltrow selaku pemeran Pepper Potts juga telah meninggalkan MCU, dengan menyebut bahwa “Saya agak tua untuk mengenakan setelan tersebut dan semua yang ada saat ini.” Meskipun, aktris pemenang Academy Award ini juga menambahkan, “Jika mereka (Marvel) berkata, ‘bisakah kamu kembali selama sehari?’ Saya akan selalu ada jika mereka membutuhkan saya, atau sebagai Iron Man baru.”

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2