The Curse of La Llorna atau dikenal juga sebagai The Curse of the Weeping Woman adalah salah satu film horror yang akhir–akhir muncul di berbagai bioskop tanah air. Film ini juga merupakan salah satu diantara beberapa film Horror yang menyambung ke dunia The Conjuring.

Beberapa film – film lain yang ada pada dunia The Conjuring adalah seri film Annabelle dan The Nun. Film -film tersebut meluaskan dunia The Conjuring dengan mengeskpansi cerita untuk beberapa objek mistis atau setan–setan yang muncul di The Conjuring.  Tetapi tidak seperti The Curse of La Llorna, film–film seperti Annabelle dan The Nun dengan blak-blakan menunjukkan bahwa mereka tengah berbagi dunia yang sama dengan film The Conjuring, sedangkan The Curse of La Llorna tidak terlalu obvious menunjukkan koneksinya.

Jadi apa saja yang menunjukkan The Curse of La Llorna ada di dalam dunia The Conjuring?


Proses Pembuatan Film The Curse of La Llorna


Iklan–iklan seperti trailer untuk film ini tidak menunjukkan koneksinya terhadap dunia The Conjuring, sehingga banyak pecinta horror menganggap film ini hanyalah film horror thriller yang tidak terikat oleh cerita manapun. Tetapi sebenarnya ada tanda–tanda kecil bahwa film ini berada di dalam dunia The Conjuring, salah satunya adalah pencipta dunia The Conjuring yaitu James Wan dan Gary Dauberman yang merupakan producer dari film ini. Selain itu apakah ada yang tahu bahwa The Curse of La Llorna tadinya berjudul The Children?


Pastor Perez Pernah Muncul di Film Annabelle


Salah satu hal yang memperkuat teori ini adalah munculnya Pastor Perez pada film ini. Karakter ini pertama kali muncul pada Annabelle pertama, dimana ia dihubungi oleh keluarga yang diserang oleh setan yang merasuki boneka Annbelle. Walau pada film Annabelle pertama (yang terjadi sebelum film ini) Pastor Perez diserang oleh setan yang merasuki Annabelle dan perlu masuk rumah sakit, kondisi Pastor Perez sudah pulih. Walau begitu hanya fisiknya saja yang pulih, karena Pastor Perez menolak untuk terlibat dalam pertempuran melawan setan pada The Curse of La Llorna, walau begitu ia tetap menjalankan tugasnya sebagai penasihat dan mengarahkan keluarga yang diserang kepada salah satu kenalannya.  


Ada Cameo Annabelle


Saat Pastor Perez menceritakan pengalamannya melawan setan yang merasuki Annabelle, ada flashback yang menunjukkan boneka Annabelle. Flashback ini menunjukkan Pastor Perez meninggalkan apartemen Form dengan boneka Annabella, yang merupakan bagian terakhir dari film Annabelle.


Akankah The Curse of La Llorna Menjadi Spinoff Conjuring?


Walau The Curse of La Llorna bukan sebuah spin-off dari film Conjuring dan hanya memberikan sedikit elemen yang meneruskannya ke dunia Conjuring, hal ini menunjukkan sebuah rencana dimana The Curse of La Llorna akan dengan benar–benar dimasukkan ke dunia The Conjuring.

Untuk saat ini belum ada rencana sekuel untuk The Curse of La Llorna, tetapi tentunya kesuksesan finansial film ini akan menentukan apakah ada sekuel atau tidak. Bila muncul sekuel untuk The Curse of La Llorna, maka berdasarkan bukti-bukti kecil ini, sudah banyak yang memprediksikan setan film ini akan muncul kembali, terutama dengan post credit scenes yang muncul.

Baik akan ada sekuel atau tidak, ada kesempatan lain untuk setan di film ini kembali muncul di dunia The Conjuring, salah satunnya adalah The Conjuring 3 yang akan disutradarai oleh Michael Caves, sutradara dari The Curse of La Llorna. Ada kemungkinan dia akan menginkorporasi elemen–elemen horror The Curse of La Llorna ke sekuel The Conjuring yang sedang digarap.