Sudah jadi rahasia umum di industri perfilman Hollywood, sebuah film blockbuster yang diadaptasi dari game rata-rata gagal di pasaran meskipun ada juga yang cukup sukses. Tapi, umumnya para fans banyak mempermasalahkan bagaimana Hollywood mengaplikasikan cerita yang ada di dalam game ke dalam sebuah cerita di layar lebar.

Film live-action Sonic the Hedgehog adalah salah satu contoh film adaptasi game yang kurang diminati oleh para fans. Kemarin, pihak Paramount Pictures merilis trailer perdana untuk film Sonic yang juga sekaligus memperlihatkan first look dari Sonic. Sayangnya, justru trailer tersebut banyak mendapatkan komentar negatif dari para fans di internet. Ada beberapa alasan mengapa proyek Sonic the Hedgehog dihujat fans di internet.

Sonic Tidak Bisa Diangkat Menjadi Cerita film

Ketika proyek film live-action Sonic the Hedgehog pertama kali diumumkan, sudah bisa ditebak bahwa akan banyak pihak yang melakukan komplain terhadap proyek filmnya. Berbagai hal menjadi pertimbangan mengapa mereka protes terhadap proyek film ini, salah satunya adalah jalan cerita Sonic yang dianggap tidak pas jika diangkat ke layar lebar.

Di gamenya sendiri memang Sonic memiliki sebuah plot atau jalan cerita, dimana dia berusaha untuk mengalahkan Dr. Eggman dan menyelamatkan berbagai karakter lainnya. Namun, mereka menganggap jika hal itu tidak cukup untuk diangkat menjadi sebuah cerita film. Cerita Sonic berbeda dengan cerita dari game lain seperti franchise Resident Evil, sehingga mereka berpendapat sebaiknya cerita Sonic tetap menjadi cerita di dalam game.

Karakter Manusia yang Tidak Pas

Permasalahan ini sudah menjadi “kutukan” untuk berbagai film adaptasi, khususnya game. Di film live-action Aladdin, karakte Jin yang diperankan oleh Will Smith banyak menerima komentar negatif karena dianggap kurang sesuai dengan versi animasinya. Hal ini jugalah yang menjadi permasalahan dalam film live-action Sonic.

Karakter yang dipermasalahkan salah satunya adalah villain bebuyutan Sonic, Dr. Eggman/ Dr. Robotnik. Karakter ini diperankan oleh aktor sekaligus komedian, Jim Carrey. Untuk masalah akting, kualitas Jim Carrey memang tidak perlu lagi diragukan. Tapi, banyak fans merasa Carrey tidak cocok (baik dari segi karakter ataupun penampilan) untuk memerankan Dr. Eggman.

Desain Sonic yang Mengerikan

Diantara dua hal yang banyak dihujat fans, desain karakter Sonic adalah “masalah” yang paling kencang dan paling banyak perhatian banyak pihak. Sedari awal Sega memberikan sebuah teaser karakter Sonic sampai muncul di dalam trailernya, hampir tidak ada reaksi positif yang diterima oleh pihak pembuat film. Mereka mempermasalahkan desain dan skala tubuh Sonic yang tampak menyeramkan.

Desain yang diperlihatkan oleh Pramount bahkan sempat dijadikan meme oleh para netizen dan pecinta game. Netizen sendiri sempat memberikan beberapa masukan, bahkan ada fans yang kemudian mendesain ulang karakter Sonic dan banyak yang mendukung Sonic versi fanmade. Dengan banyaknya gelombang protes membuat sang sutradara, Jeff Fowler, kemarin mengumumkan akan mendesain ulang karakter Sonic di film ini.