Kekuatan Yang Terbatas

Sebanyak apapun Bruce berusaha untuk mencegah kemarahan yang ada di dalam diri Hulk, kemarahan itulah yang menjadikan Hulk seorang pahlawan super. Kekuatan Hulk memiliki keterkaitan dengan kemarahan yang ada di dalam dirinya. Semakin dia marah, semakin kuat dengan tidak adanya batasan kekuatan.

Karena Bruce sadar akan hal itu dan pikirannya sekarang mampu dikendalikan olehnya, Professor Hulk tidak memiliki akses kepada kekuatan yang tidak terbatas tersebut. Dengan membuat sebuah batasan kekuatan dalam kemarahannya, membuat Professor Hulk sebenarnya tidak lebih kuat dibandingkan dengan Hulk versi klasik.

Bisa Kembali ke Tubuh Asal

Sebanyak apapun Prefossor Hulk bisa membantuk menyelesaikan masalah “internal” antara Bruce Banner dan Hulk, tetap ada beberapa hal buruk yang harus mereka hadapi. Memberikan batas pada kekuatannya tentu menjadi sebuah disadvantage bagi sosok Hulk, yang tidak lagi bisa menggunakan kekuatan tanpa batas yang biasanya dia gunakan. Masalah lainnya ada  dalam sistem pengamanan tubuh Professor Hulk.

Jika dia memang mengorbankan sistem pengamanan tersebut dan kembali berubah menjadi mode savage seperti yang biasa kita kenal selama ini, sistem tersebut bisa membuatnya mengembalikan Professor Hulk ke tubuh Bruce Banner dengan pikiran Hulk tetap ada di dalam dirinya. Jika hal itu terjadi, tentunya hal itu menjadi sebuah kabar buruk bagi Hulk dan Bruce dan juga kebalikan dari tujuan awal Professor Hulk.

Berbahaya dan Memiliki Banyak Senjata

Professor Hulk dalam versi Endgame sepertinya tidak memiliki batasan kekuatan seperti yang diceritakan dalam komiknya. Bahkan setelah mengalami luka yang cukup berat akibat dari dampak menggunakan Infinity Gauntlet, Hulk masih bisa ikut dalam pertarungan besar melawan Thanos. Dalam cerita komiknya, setelah Bruce dan Hulk menyatu menjadi Professor Hulk dia berubah menjadi sosok yang lain.

Bruce mungkin mengorbankan beberapa bagian dalam dirinya untuk menyatu dengan Hulk dan menjadi Hulk tentunya harus memiliki penampilan yang bisa mengintimidasi lawan. Karena itu, dalam komiknya Professor Hulk menggunakan senjata yaitu sebuah senarapan besar yang bisa menjadi kekuatan pengganti dari amarahnya.

Memberikan Arti Lain Untuk Sosok Hulk

Professor Hulk merupakan sebuah perubahan karakter yang muncul setelah berpuluh-puluh tahun tahun Hulk menjadi salah satu karakter Marvel yang populer. Tapi, setelah bertahun-tahun dan banyak cerita yang melibatkan sosok Hulk, kreasi dari Professor Hulk membantu memperkenalkan elemen baru bagi karakter Hulk dan merubah pandangan orang tentang sosoknya.

Bruce Banner pada awalnya merupakan manusia biasa sampai akhirnya dia terkena radiasi sinar gamma. Hal itu membuat Bruce memiliki sosok monster di dalam tubuhnya yaitu Hulk. Professor Hulk mencoba memperkenalkan pandangan baru yaitu pada dasarnya Hulk memang sudah jadi bagian dari diri seorang Bruce Banner. Kecelakaan atau tragedi radiasi sinar gamma yang dia alami hanyalah sebuah cara yang kemudian melepaskan sosok Hulk yang ada di dalam dirinya.

Versi Ideal Bruce Banner

Di film Avengers: Endgame, kita melihat bagaimana Banner begitu nyaman dengan penampilan barunya sebagai Professor Hulk. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang kita lihat di tahun-tahun sebelumnya, dimana dia selalu menghindari untuk menjadi Hulk. Seperti yang diungkapkan oleh Professor Hulk, kondisi tersebut adalah apa yang diinginkan oleh Bruce selama ini yaitu menyatu dengan Hulk.

Bagi Bruce Banner, Professor Hulk adalah versi ideal dari dirinya. Dia bisa tetap menjaga kekuatannya tanpa harus mengeluarkan semua kemarahannya dan merusak apa yang ada di sekitarnya. Banner akhirnya melihat sisi positif adanya Hulk di dalam dirinya menjalin sebuah hubungan dengannya.