Bagaimana rasanya jika kita bisa bertemu dengan diri kita dari masa depan secara face to face? Sebagian besar tentunya akan merasa kaget dan mungkin ada juga yang takut, jika bisa bertemu diri kita secara langsung. Namun, sepertinya bagi Old Man Logan bertemu dengan sosok dirinya yang lain sudah diperkirakan olehnya. Hal ini terjadi dalam komik Dead Man Logan #6.

Ceritanya dimulai dengan Old Man Logan mengucapkan salam perpisahan kepada Steve Rogers di masa tersebut (Captain America versinya dan seluruh Avengers dari masa depan sudah tewas). Tapi, Logan tahu siapa yang selanjutnya akan menemuinya. Dia kemudian pergi ke sebuah bar terdekat dan memesan minuman.

Wolverine dan Old Man Logan Bertemu

Tamu yang ditunggu pun akhirnya datang, dia adalah Wolverine. Namun, Wolverine sendiri berpikir bahwa mengobrol santai atau bahkan bersenang-senang dengan dirinya dari masa depan seperti itu bukanlah ide yang bagus. Logan tidak memberi tahu apapun tentang hal yang akan terjadi kepada dirinya di masa depan.

Meskipun Wolverine tahu itu merupakan ide yang buruk, dia tetap duduk bersama dengan Logan dari masa depan dan minum bir bersama. Old Man Logan mungkin terlihat sangar, tapi dalam dirinya dia mengakui bahwa apa yang dia lakukan di dunia alternatif tersebut terasa hanya sebagai pengganti sementara. Dia hanya menjadi pengganti, sampai Wolverine yang sebenarnya dari realita tersebut muncul.

Setelah berbicara banyak, Logan sudah mengira jika Wolverine akan bertanya tentang apa yang terjadi di masa depan. Logan kemudian menjawab,”tidak terlalu bagus” dengan mudah. Sudah sangat panjang cerita yang dilalui oleh Old Logan selama ini, untuk mencegah berbagai kejadian buruk di masa depan terjadi di dunia paralel. Banyak juga yang sudah dia korbankan, termasuk kematian istri dan anaknya.

Old Man Logan Berikan Peringatan Tentang Masa Depan

Dia memberi tahu pada Wolverine jika di masa depan para villain dari seluruh dunia akan bersatu, membunuh seluruh pahlawan, Amerika akan terbelah dalam beberapa kubu, dan dia bersama dengan Hawkeye akan pergi menyelamatkan bayi Hulk. Namun, dalam cerita ini Marvel berusaha untuk tidak menyinggung keadaan di masa depan yang kacau dan menjadi dunia antah berantah.

Old Logan juga memberikan nasihat kepada versi muda dirinya untuk menghindari kebahagiaan, cinta, dan keluarga yang selama ini dia idamkan. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk mencegah apa yang terjadi di masa depan. Namun, di akhir percakapan mereka Logan sempat mengatakan untuk kembali ke “keluarga” yang sebenarnya, pulang ke “rumah” mereka yaitu X-men.

“selesaikan apapun yang kau lakukan disini, kemudian kembali ke X-Men. Mereka merindukanmu. Mereka membutuhkanmu.”

Pertemuan mereka kemudian dipotong ketika ada perkelahian di dalam bar tersebut. Hal itu tentunya dimanfaatkan oleh kedua Wolverine tersebut untuk bertarung bersama yang pertama dan mungkin yang terakhir kalinya. Masih harus kita tunggu apakah Wolverine akan mengikuti seluruh nasihat dari Old Man Logan.

Meskipun pada akhirnya Wolverine akan memiliki jalannya sendiri di masa depan, dia memiliki sebuah “pegangan” dalam hidupnya yaitu untuk segera kembali ke keluarganya yang sudah dia bangun yaitu X-Men. Selain itu, berpisah dengan mereka berarti meniti jalan menuju kehancuran. Di akhir ceritanya Old Man Logan kembali ke masa depan dan mudah-mudahan ini akan memberikan sebuah jalan menuju cerita akhir yang spektakuler.