Sebelum film Avengers: Endgame dirilis secara resmi pada 26 April lalu, Marvel Cinematic Universe menjadi sorotan banyak orang terutama para fans Marvel. Film tersebut akan menjadi puncak 21 film Marvel sebelumnya. Tapi, meskipun Endgame menjadi puncak cerita dalam satu dekade ini bukan berarti Marvel Studios akan berhenti memberikan kejutan dan cerita yang menarik.

Spider-Man: Far From Home akan menjadi film selanjutnya yang juga akan memberikan pengaruh bagi MCU kedepannya. Para fans memiliki harapan tinggi terhadap film sekuel Homecoming ini, karena mereka tentunya penasaran apa yang sudah dipersiapkan oleh Marvel Studios di masa yang akan datang. Beberapa elemen di Endgame, memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi di film ini. Apa saja?

Semua Teman-teman Peter Parker Ikut Jadi Korban Decimation

Salah satu pertanyaan yang muncul setelah film Endgame adalah apakah teman sekolah Peter menjadi korban Decimation Thanos? Bisa dibilang jawabannya adalah ya. Ada beberapa alasan, pertama adalah saat keadaan kembali normal dan Peter kembali ke sekolah, semua teman-teman sekolahnyanya masih terlihat sama dan tidak terlihat lima tahun lebih tua.

Kedua kita bisa melihat dalam adegan terakhir dimana Ned yang begitu murung kemudian senang saat bertemu kembali dengan Peter. Tapi, kemungkinan apa yang sempat terjadi dengan teman-teman Peter di Endgame akan dibahas di film ini.

Membahas Tentang kejadian Avengers: Endgame

Film Far From Home akan memiliki latar waktu tepat setelah kejadian di akhir Avengers: Endgame. Seperti yang diperlihatkan dalam filmnya, Peter kembali ke sekolah dan kembali bertemu dengan sahabatnya, Ned. Jika ada lompatan waktu, tentunya tidak akan sampai bertahun-tahun karena Peter harus pergi liburan musim panas dengan sekolahnya.

Dengan tidak adanya Iron Man, Captain America, Thor yang memutuskan untuk pergi ke luar angkasa, dan para Avengers lainnya yang menghilang, membuat Peter menjadi satu-satunya orang yang bisa menjadi pahlawan bagi teman-temannya. Mungkin Spider-Man akan menjadi terkenal ketika semua orang tahu jika Spider-Man juga terlibat saat pertarungan melawan Thanos.

Menjadi Akhir Phase 3

Sejak tahun lalu, film Avengers: Endgame selalu digadang-gadang akan menjadi film penutup di Phase 3, dengan menjadi puncak cerita satu dekade MCU. Sedangkan Far From Home akan menjadi pembuka Phase 4. Tapi, kemudian Kevin Feige menjelaskan jika sebenarnya Far From Home adalah film penutup Phase 3 dengan latar waktu ceritanya yang tidak terlalu jauh dari akhir cerita Endgame.

Hal itu juga ditambah dengan pernyataan Feige lainnya yang menyebutkan belum akan menyebutkan rencana film selanjutnya sampai Far From Home tayang. Sebagian fans berpikir, jika Endgame masih meninggalkan banyak misteri. Sehingga kemungkinan di film Far From Home ini, selain menjadi akhir Phase 3 akan juga memberi petunjuk tentang berbagai proyek film Marvel selanjutnya.

Iron Man Tidak Akan Muncul

Di film Homecoming, sosok Tony Stark muncul dan menjadi mentor bagi Peter Parker. Dia jugalah yang memberikan kostum Iron Spider yang digunakan dalam film Endgame dan Infinity War. Namun, dengan apa yang terjadi di film Endgame bisa dipastikan Tony Stark tidak akan (kembali) muncul di film ini.

Kecil kemungkinan Tony akan muncul baik dalam bentuk flashback, mimpi, atau dalam bentuk apapun. Karena, tentunya hal itu bisa “merusak” dampak dari hilangnya sosok Tony Stark. Mungkin itu alasan mengapa Happy Hogan yang ditugaskan menjadi pengganti Tony untuk menjaga Peter dan bibinya, seperti yang diperlihatkan dalam trailer resminya.

Peter parker Semakin Dewasa

Satu hal yang bisa kita lihat di seluruh cerita Spider-Man: Homecoming adalah Peter tidak benar-benar dalam situasi yang berbahaya. Karena, dia selalu dilindungi oleh “temannya” yang juga merupakan pahlawan super yaitu Iron Man atau pahlawan lainnya yang lebih kuat. Peter menangani kasus yang skalanya lebih “kecil” sedangkan Iron Man menangani kasus dengan skala yang lebih besar.

Tapi, kali ini semuanya berbeda. Peter pastinya akan menjadi sosok yang lebih dewasa dibandingkan film sebelumnya. Karena, dia tidak memiliki sosok pelindung lagi seperti mentornya Iron Man. Jadi, dia sekarang harus mulai belajar bagaimana menangani masalah besar sendiri. Apa yang dia saksikan di Endgame pastinya akan menjadi cambuk bagi Peter untuk menjadi lebih kuat menjadi sosok Spider-Man.

Nick Fury Mencari Anggota Baru Avengers

Sosok Nick Fury terakhir kali terlihat di akhir film Infinity War, dimana dia menghilang bersama Maria Hill. Tapi, kemudian kita melihat Nick Fury muda dalam film Captain Marvel yang berjuang bersama Carol Danvers untuk membantu Talos dan bangsa Skrull menemukan planet baru untuk rumahnya. Di film akhir film Endgame, kita kembali bisa melihat Nick Fury saat pemakaman Tony Stark.

Dengan para Avengers pertama rekrutannya yang menghilang, sepertinya Nick Fury kembali akan merekrut anggota Avengers lainnya seperti yang dia lakukan beberapa tahun lalu. Di trailer resmi filmnya, kita bisa melihat bagaimana Spidey direkrut oleh Nick untuk membantu Mysterio mengalahkan the Elementals of Doom. Artinya, merekrut Spidey merupakan bagian dari kelanjutan Avengers.

Happy Hogan Akan Jadi Pengganti Tony Stark

Di film Spider-Man: Homecoming, Happy Hogan merupakan bawahan Tony Stark yang memang diperintahkan untuk menjaga Peter Parker. Di film tersebut, Happy juga bukanlah karakter penting karena seperti yang kita tahu cerita antara Peter dan Tony Starklah yang menjadi menu utama dalam filmnya. Tapi, di film Far From Home sepertinya hal itu berubah. Selain menjaga anak Tony Stark dan pepper Potts, tugas lainnya adalah menjadi pengganti Tony untuk menjadi penjaga Peter.

Berbeda dengan Tony Stark yang keras terhadap Peter, Happy lebih lunak terhadapnya. Juga jika di filmnya Happy hanya menjadi tokoh sampingan saja, di film ini kemungkinan kita akan melihat lebih banyak peran Happy. Yang menarik juga jika apa yang diungkapkan di trailernya benar, Happy Hogan bisa jadi merupakan kekasih baru bagi bibinya.

Filmnya Memiliki Set Waktu 2023

Hal ini mungkin sudah diketahui oleh banyak fans, karena dalam Endgame dijelaskan jika ada lompatan waktu (time skip) selama lima tahun setelah kejadian di Infinity War. Jika ceritanya terjadi pada 2018 silam, dengan lompatan waktu lima tahun artinya film ini akan memiliki latar waktu pada tahun 2023.

Ada kemungkinan Spider-Man: Far From Home memiliki beberapa referensi yang menyebutkan jika tahun yang sedang mereka lewati adalah tahun 2023. Secara teknis, pada 2023 usia Peter dan teman-temannya berada di usia 21-22 tahun. Dengan perbedaan yang drastis di lini masanya, para murid yang menghilang selama lima tahun dan kembali muncul pada 2023 tentunya akan memberikan dampak yang menarik terhadap cerita filmnya.

Dunia Akan Sangat Berbeda

Jika berbicara tentang tahun 2023 di dalam filmnya, Far From Home seharusnya bisa memberikan gambaran kepada para penonton bagaimana berbedanya dunia yang mereka jalani saat itu. Seperti yang disebutkan di atas, dengan lompatan waktu selama lima tahun artinya masyarakat atau pun penduduk Amerika dan dunia yang menjadi korban Thanos, usianya bertambah lima tahun dan tentunya akan memberikan dampak pada ceritanya.

Far From Home harus memberikan sebuah dunia yang berbeda dengan dunia dari versi 2018 yang kita lihat di film Infinity War. Film Endgame sudah memperlihatkan kepada kita perbedaan yang signifikan dari beberapa tempat, contohnya New Asgard. Dengan Peter yang berencana akan berkeliling Eropa, tentunya kita bisa melihat dunia yang berbeda di lokasi lainnya.

Memperkenalkan Tujuan Baru MCU

Selama satu dekade MCU berjalan, para fans banyak yang terbiasa dengan gaya bercerita Marvel Studios. Sehingga rasanya sulit jika mereka harus mengganti cara tersebut. Tapi, di film Far From Home Marvel Studios mencoba untuk membangun sebuah gaya bercerita baru. Dengan para Avengers yang meghilang atau tewas, arah baru untuk franchise ini mutlak diperlukan.

Kemungkinan tidak akan ada lagi pembahasan tentang Infinity Stones ataupun villain dari masa lalu yang kembali muncul. Marvel Studios mencoba untuk kembali melangkah kembali dengan karakter dan antagonis yang baru. Contohnya adalah Mysterio atau Elementals of Doom. Arah baru ini bisa menjadi fondasi kedepannya bagi Phase 4 atau pun Phase lainnya di MCU.