Saat pertama kali diumumkan pada 2014 lalu, proyek film Toy Story 4 dikabarkan akan menjadi sebuah film romantis bagi Woody dan juga Bo Peep. Tapi, perubahan terjadi saat proses pengembangan filmnya terutama saat mereka membatalkan skrip awal yang ditulis oleh Rashida Jones dan Will McCormack.

Saat diwawancarai oleh Screen Rant dalam sesi konferensi pers untuk film Toy Story 4, sang sutradara, Josh Cooley, ditanya seberapa jauh filmnya berubah setelah ada proses perubahan saat pengembangan filmnya. Cooley kemudian menjawab jika di film Toy Story 4 nanti bukan hanya akan menampilkan kisah percintaan antara Woody dan Bo saja.

Dengan kembalinya Bo ke dalam film, Woody dan Bo mendapatkan (kembali) hubungan yang mereka jalani di film sebelumnya. Ada juga elemen tersebut, tapi jelas ini bukan tentang hal itu saja. (Jika dilakukan) filmnya akan menjadi berbeda seperti yang diperlihatkan di film Toy Story lainnya. Jadi, ada banyak petualangan di dalamnya.

Ide untuk membuat Bo kembali muncul di dalam cerita Toy Story merupakan sebuah ide yang bagus, tapi untuk memasukan unsur romantisme ke dalam filmnya rasanya ide tersebut kurang begitu pas dengan citra yang dibangun oleh Toy Story selama ini. Bukan berarti itu adalah hal buruk, karena seperti yang diungkapkan oleh Cooley akan tetap ada elemen cinta dan romantis di filmnya. Karena, Bo kembali ke filmnya dan mereka berdua juga kembali bertemu.

Mungkin unsur cinta yang dimaksud Cooley adalah seperti yang diperlihatkan di film Toy Story pertamanya. Pixar sendiri selalu menganggap Woody sebagai karakter protagonis di seri ini. Dengan dirilisnya film ini, Pixar sepertinya memberikan Woody satu cerita terakhir sebelum cerita Toy Story atau Woody benar-benar berakhir. Yang pasti, film ini sangat “riskan” karena Toy Story 3 terbukti memberikan efek yang cukup kuat bagi para penonton.