Adegan terakhir dari film Avengers: Endgame terbukti menjadi salah satu adegan yang paling emosional di seluruh franchise Marvel Cinematic Universe. Setelah mengembalikan keenam Infinity Stones ke tempat mereka berasal, Steve Rogers memilih untuk tetap berada di masa lalu dan akhirnya menepati janjinya untuk berdansa dengan Peggy Carter. Berkat kecanggihan alat perjalanan waktu, kemudian Steve kembali dengan usianya yang sudah tua dan memberikan mantel Captain America kepada Sam Wilson.

Tapi, hal tersebut menimbulkan pertanyaan di kalangan para fans. Salah satunya, apakah artinya ada dua Steve Rogers yang hidup selama ini di timeline MCU? Dalam sebuah wawancara dengan Entertainment Weekly, Russo brothers mencoba menjawab kebingungan tentang keberadaan Steve dengan Peggy.

Jika Cap pergi kembali ke masa lalu dan tinggal disana, dia akan menciptakan sebuah cabang realitas. Pertanyaanya kemudian menjadi, bagaimana dia kembali ke masa sekarang dan memberikan tameng miliknya? Pertanyaan yang menarik bukan? Mungkin ada sebuah cerita disana. Ada banyak sekali lapisan yang dibangun di film ini dan kami sudah menghabiskan tiga tahun untuk memikir hal hal tersebut, jadi ini merupakan hal yang menyenangkan untuk dibahas dan mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan mereka sehingga mereka bisa mengertika apa yang mereka pikirkan.

Russo brothers juga mengatakan jika Bucky Barnes sebenarnya tahu rencana Steve yang sebenarnya. Oleh karena itu, ada sebuah hal yang memberatkan Bucky untuk meninggakan Steve. Namun, jika dilihat dari apa yang diungkapkan oleh kedua sutradara tersebut artinya Steve bersama dengan seorang Peggy lainnya di sebuah alternate universe, dan bukan dengan Peggy yang “sebenarnya.”

Seperti yang diungkapkan oleh Joe dan Anthony, bagamana Steve bisa kembali ke masa sekarang dan memberikan tamengnya kepada Sam masih menjadi sebuah misteri besar. Mungkin jawabannya akan diungkapkan dalam film Marvel lainnya. Terlepas dari misteri tersebut para fans Marvel pastinya merasa senang karena setelah menunggu sekian lama akhirnya Steve menepati janjinya tersebut.

Kaskus Battleground