Tahun 2019 akan menjadi tahun penutup bagi Marvel Studios untuk menutup satu dekade mereka berkarya dan juga menjadi penutup Phase 3 dari MCU. Marvel Studios membuka sebuah shared universe mereka untuk pertama kalinya pada 2008 dengan dirilisnya Iron Man. Terakhir, mereka kemudian menutup satu dekade dengan sempura dengan dirilisnya Avengers: Endgame.

Tidak bisa dipungkiri, MCU merupakan sebuah fenomena besar dalam sejarah pop kultur, dengan mampu menjaga hype film-film yang mereka hasilkan sebanyak 22 film. Sampai sejauh ini, Marvel Studios sudah mengumpulkan sebanyak 20 miliar dollar dari pemasukan seluruh dunia. Tapi, sepertinya mereka tidak akan berhenti sampai disitu. Mereka masih memiliki rencana film yang siap diproduksi. Apa saja?

7Spider-Man: Far From Home

Peter Parker versi Tom Holland pertama kali muncul di film Captain America: Civil War sebelum akhirnya memiliki film solonya yaitu Spider-Man: Homecoming. Marvel kemudian mengumumkan untuk membuat sekuel dari Homecoming yang berjudul Spider-Man: Far From Home. Filmnya sendiri menceritakan Peter yang pergi liburan musim panas dengan mengelilingi Eropa bersama teman-temannya.

Tapi, liburan menyenangkan Peter harus terganggu oleh kemunculan Mysterio dan The Elementals of Doom. Menurut kabar, film Far From Home akan memiliki cerita beberapa menit setelah apa yang terjadi di film Endgame. Peter juga akan “bekerja sama” dengan Mysterio dan Nick Fury untuk mengalahkan ancaman tersebut.

6Black Widow

Natasha Romanoff alias Black Widow adalah salah satu karakter yang muncul di awal Marvel Cinematic Universe muncul. Black Widow juga menjadi salah satu anggota orisinal Avengers versi MCU. Meskipun dia adalah “senior” di MCU, sayangnya Black Widow belum pernah mendapatkan sebuah “penghargaan” dari Marvel dengan dibuatkan sebuah film solonya.

Kevin Feige sendiri pernah mengatakan kalau Marvel Studios mencoba untuk memperkenalkan lebih banyak lagi karakter-karakter superhero perempuan dan itu sudah jadi komitmen mereka. Untuk mulai mewujudkan komitmen tersebut mereka membuat film Captain Marvel dan kemudian akan disusul oleh film solo Black Widow yang akan disutradarai oleh Cate Shortland. Scarlett Johansson akan kembali memerankan Nastaha di film ini.

Kabar terakhir menyebutkan jika proses shooting akan dilaksanakan pada Juni mendatang dan akan menjadi film MCU pertama yang dirilis pada 2020.

5The Eternals

Selain akan lebih banyak memperkenalkan berbagai superhero perempuan, salah satu komitmen Marvel Studios lainnya adalah lebih banyak lagi menceritakan tentang dunia kosmik. Setelah film Guardians of Galaxy harus mengalami penundaan setidaknya sampai 2023 mendatang, Marvel Studios kemudian berencana untuk membuat film tentang dunia kosmik lainnya, The Eternals, yang diadaptasi dari komik ciptaan sang legenda, Jack Kirby.

Ceritanya sendiri akan berpusat pada dua ras alien luar angkasa yang sangat kuat dan “tua” yang sudah lama saling berperang dengan satu sama lainnya. Kabarnya, film ini kana memiliki latar waktu jutaan tahun yang lalu. Chloe Zhao adalah orang yang akan menggarap filmnya dan proses castingnya sendiri sudah dilakukan. Sudah ada beberapa nama yang bergabung ke dalam filmnya.

4Black Panther 2

Marvel sendiri sebenarnya belum memberikan kabar atau pernyataan apapun tentang proyek film sekuel dari Black Panther. Tapi, berdasarkan semua laporan yang ada membuat sekuel Black Panther ini bukanlah hal yang mustahil. Ryan Coogler, sutradara film pertama Black Panther, tahun lalu mengatakan kalau dia siap kembali menggarap filmnya. Salah satu bintang mereka, Chadwick Boseman, mengatakan kalau dia juga siap jika diminta untuk kembali berperan sebagai T’Challa.

Film pertama Black Panther sendiri benar-benar menjadi sebuah fenomena yang baru untuk Marvel Studios. Selain banyak pujian karena mengangkat budaya Afrika, film Black Panther juga sukses secara pemasukan dengan total mencapai 1.3 miliar Dollar Amerika. Jadi, sepertinya Marvel Studios akan sesegera mungkin untuk menggarap film keduanya. Apalagi rumornya Namor akan coba diperkenalkan di film ini dengan bergabung bersama T’Challa.

3Guardians of the Galaxy 3

Sebenarnya rencana untuk membuat film ini sudah dikonfirmasi pada awal pengumuman Phase 4. Semua rencana sudah sesuai dengan jadwal, bahkan rencananya mereka akan mulai melakukan proses shooting pada Januari kemarin. Tapi, James Gunn, sutradara yang menggarap dua film Guardians of Galaxy sebelumnya, dipecat oleh Disney akibat cuitan-cuitan lamanya yang bersifat menyerang pihak tertentu kembali muncul ke permukaan.

Namun, setelah beberapa bulan dipecat oleh Disney sepertinya perseteruan antara Disney dan Gunn sudah kembali mencair. Beberapa hari yang lalu dikabarkan kalau Gunn akan kembali menggarap film ketiga GOTG. Menurut direktur Disney, Alan Horn, alasan Disney kembali menarik Gunn adalah karena dia sudah menangani situasi yang terjadi dengan sangat baik. Semuanya sudah kembali normal.

Meskipun Gunn akan kembali menyutradarai film GOTG, sebelumnya Gunn akan menggarap film Suicide Squad 2 dari DC. Sebelumnya, setelah Gunn dipecat oleh Disney WB dan DC Film mendekati Gunn untuk menulis naskah film Suicide Squad. Tapi, dalam perkembangannya Gunn ternyata bukan hanya akan menulis naskahnya saja melainkan juga akan menyutradarainya.

2Doctor Strange 2

Untuk sebuah karakter yang sebelumnya jarang didengar oleh orang, kesuksesan besar film Doctor Strange yang dirilis pada 2016 lalu tentunnya sangat mengejutkan. Benedict Cumberbatch sukses memerankan karakter Stephen Strange, baik di film pertamanya maupun di film lainnya seperti Avengers: Infinity War dan Thor: Ragnarok.

Setelah kesuksesan film pertama, rencana untuk membuat film sekuelnya sudah mulai banyak didengar. Apalagi sang sutradara, Scott Derrickson, sudah memberikan bebarapa petunjuk tentang kembalinya karakter Dr. Strange di layar lebar. Bahkan,Scott Derrickson sempat mengunggah sebuah gambar sampul komik dimana ada Namor dan Stephen Strange di sampul tersebut. Hal itu menyiratkan kalau sepertinya Namor akan muncul bersama Dr.Strange. Menurut kabar beberapa waktu yang lalu, film ini direncanakan rilis pada 2020.

1Shang-Chi

Film Black Panther memperlihatkan kepada Marvel kalau mereka bisa mencoba untuk menyuguhkan sesuatu yang baru yang benar-benar akan menarik perhatian para penggemar. Kalau pengemasan dan eksekusinya berajalan dengan baik, para penonton yang belum pernah menyaksikan film-film Marvel sebelumnya atau mereka yang belum mengenal karakternya bisa menjadi “pelanggan” baru Marvel.

Shang-Chi adalah film yang akan menjadi eksperimen berikutnya dari Marvel Studios. Shang-Chi sendiri adalah sebuah film tentang pahlawan Marvel yang memiliki kemampuan bela diri yang luar biasa. Shang-Chi akan jadi film MCU pertama yang memperlihatkan karakter atau aktor Asia yang akan menjadi pemeran utamanya. Destin Daniel Cretton akan menjadi sutradara untuk film ini.

Apakah Franchise Fox Akan Masuk MCU?

Proses akuisisi 20th Century Fox oleh Disney sudah selesai dilakukan. Artinya berbagai franchise milik Fox sudah menjadi milik Disney dan bisa digunakan oleh Marvel Studios. Meskipun franchise tersebut sudah menjadi milik Disney, sepertinya kita belum akan melihat X-Men ataupun franchise lainnya dalam waktu dekat. Karena, sebelum perjanjian tersebut selesai Kevin Feige sudah memiliki rencana untuk lima tahun kedepan.

Namun, khusus untuk franchise Deadpool Disney memberikan kesempatan yang berbeda untuk terus berkarya secara “mandiri”. Artinya untuk film Dark Phoenix yang akan tayang pada 7 Juni nanti dan New Mutants pada 2 Agustus, akan menjadi film terakhir dari franchise X-Men. Noah Hawley sendiri masih menulis skrip untuk film solo Doctor Doom yang awalnya akan tayang di bawah Fox.

Kesuksesan yang sudah diraih Marvel sampai sejauh ini, tidak membuat mereka berhenti untuk terus membuat proyek film. Terbukti ada beberapa film yang sudah dikonfirmasi dan masih rumor, untuk proyek mereka selanjutnya. Masih harus ditunggu apakah mereka akan membuat “Avengers” lainnya atau tidak.