Film fenomenal sepanjang tahun ini, Avengers: Endgame telah memecahkan berbagai rekor fantastis. Mulai dari penjualan tiket pre-sale yang habis secepat kilat, sampai dengan pendapatan box office yang berhasil meraup US$ 1.2 miliar hanya dalam beberapa hari.

Film ini memang memuaskan ekspektasi dari para penggemar yang menunggu hampir satu tahun lamanya. Kompleksitas cerita, twist, dan visualisasi menawan jadi nilai lebih yang selama ini kita tunggu. Tapi ada satu hal janggal yang membuat para fans bertanya-tanya. Mengapa film ini tidak memiliki credit scene?

Padahal, seperti yang kita tahu, sejak awal seluruh film MCU memiliki credit scene, entah itu mid atau post credit. Bahkan terkadang credit scene menjadi hal yang ditunggu-tunggu agar para penggemar tahu gambaran masa depan MCU meskipun itu hanya sekilas.

Menjawab hal ini, duet sutradara Russo Brothers yang menjadi dalang dibalik kesuksesan Avengers: Endgame memberi penjelasan mengapa mereka melewatkan post credit di film ini.

“Tidak pernah ada (credit scene) dalam rencana kami. Itulah mengapa film ini berjudul ‘Endgame’, karena film ini adalah sebuah akhir. ‘Buku’ ini menutup sebuah bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU) dan sebuah buku baru akan ditulis. Ini adalah film Marvel pertama yang kami buat dimana kami tidak memikirkan tentang masa depannya”.

Alasan tersebut sebenarnya cukup masuk akal, karena dari segi cerita, Kevin Feige, President of Marvel Studios menegaskan bahwa Endgame adalah akhir dari arc ( cerita ) seluruh MCU yang ada selama ini, yang ia namakan Infinity Saga.

Sedangkan penutup phase 3 yang sebenarnya adalah Spider-Man: Far From Home. Maka besar kemungkinan gambaran mengenai phase 4 MCU baru kita temukan di film ini. Semoga.

FOLLOW US