Superman, siapa yang tidak mengenal salah satu superhero terkuat ini. Ia terkenal akan kekuatan supernya, seperti kemampuan untuk dapat terbang dengan super cepat, mata yang dapat mengeluarkan laser, tiupan dari mulutnya yang dapat membuat lawan beku membeku, dan berbagai kekuatan super lain. Tidak aneh bukan bila Superman dikatakan sebagai salah satu superhero terkuat semenjak ia muncul sampai dengan saat ini. Walau begitu, ada banyak versi Superman dengan banyak tingkat kekuatannya sendiri. Bahkan ada versi superman yang jahat dan menguasai dunia. Versi – versi apa sajakah yang paling menarik dari Superman?


Calvin Ellis


Di datangkan dari alternate reality Earth – 23, Calvin Ellis pertama kali muncul pada komik Final Crisis #7. Walau dia terlihat berbeda dari Superman yang kita kenal, Calvin Ellis memiliki semua kemampuan Superman yaitu kekuatan super, mata laser, dan paket kekuatan standar Superman. Tetapi ia memiliki sebuah kemampuan lebih dibanding Superman yang biasanya kita kenal, yaitu kemampuan kepemimpinan yang jauh superior. Kenapa begitu? Karena tidak seperti Superman biasa, dia adalah Presiden dari United States of America. Jadi, anggap saja dia seperti Barrack Obama dengan kekuatan Superman.


 Superman: The Dark Side


Superman jahat. Kenapa? Karena Superman versi ini tidak jatuh di Kansas tempat keluarga Kent, tetapi ia jatuh di planet Apokolips, rumah dari Darkseid. Pada versi ini Darkseid mengangkat Superman sebagai anaknya sendiri, dan Superman menjadi sangat loyal terhadap Darkseid dan membantunya menghancurkan banyak dunia. Pada versi ini ia menggunakan armor hitam dengan dua petir merah di dadanya, selain itu dia senang menggunakan berbagai senjata untuk menghancurkan musuhnya.


Injustice: Gods Among Us


Versi ini masih menjadikan Superman sebagai sosok yang jahat, dimana Superman ini pernah tampil di dalam komik dan video game. Pada versi ini Superman menjadi jahat ketika Joker melakukan hal yang luar biasa kejam terhadap Superman. Joker membuat Superman membunuh istrinya, Louis, dan anaknya yang belum lahir. Setelah kejadian mengerikan tersebut, ia kehabisan akal sehatnya dan akhirnya membunuh Joker saat Batman sedang mengintrogasi Joker. Setelah itu dia menyatakan dirinya sebagai High Councilor dan menjadi salah satu diktator paling kejam di dunia. Walau Superman ini memiliki kekuatan yang sama dengan Superman yang biasa kita kenal, hanya saja ia sama kejamnya seperti Superman: The Dark Side,  dimana ia tidak segan membunuh orang yang membantahnya.


Kingdom Come Superman


Kingdom Come, adalah sebuah cerita elseworlds yang merupakan cerita alternate reality dunia DC yang bukan canon, maksudnya cerita elseworlds tidak akan memberi efek ke reality. Kingdom Come menceritakan versi masa depan dari karakter – karakter DC dan keturunan mereka. Karena cerita ini ada pada masa depan, Superman yang ada juga lebih kuat dari Superman yang biasa kita kenal. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan ia terus menerus terkena sinar matahari yang membekalinya dengan kekuatan tambahan dan membuatnya tahan terhadap kryptonite dan meningkatkan kemampuan lainnya. Selain itu Superman pada masa ini juga memiliki pengetahuan, ilmu, pengalaman, dan kebijakan yang lebih daripada versi Superman muda.


Bizarro Superman


Bizarro terlahir secara tak sengaja dikarenakan Lex Luthor ingin menciptakan clone dari Superman tetapi berakhir dengan kegagalan. Bizzaro memiliki kulit khas berwarna putih yang mirip seperti kapur, dan ia memiliki kekuatan yang berbanding terbalik dengan Superman, contohnya, dia punya kemampuan untuk dapat menghembuskan api dari mulutnya, bukan es seperti yang dikeluarkan oleh Superman biasa. Bahanya, ia tidak memiliki moralitas yang sama seperti Superman yang membuat Bizarro susah diprediksi dan dikalahkan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2