Minggu pembuka bagi Avengers: Endgame akhirnya tiba dan seperti yang sudah bisa diduga, filmnya berhasil mendapatkan banyak keuntungan baik dari pemasukan domestik maupun dari seluruh dunia. Film berdurasi tiga jam tersebut “membunuh” karakter lebih banyak dari yang diduga oleh para fans selama ini. Pertanyaanya kemudian kemana arah Marvel Studios setelah ini? Apakah Avengers: Endgame menjadi akhir dari franchise Avengers?

Tahun 2020 kabarnya akan menjadi tahun perilisan bagi film solo Black Widow. Namun, setelah film tersebut tidak ada kabar lagi tentang film Avengers lainnya yang sedang diproduksi. Setelah film Endgame sepertinya kita tidak akan mendapatkan Captain America 4 ataupun Iron Man 4. Sehingga bisa dibilang sudah waktunya bagi Marvel Studios untuk “move on” dari franchise tersebut.

Dengan kesuksesan film Black Panther dan Captain America, sepertinya di Phase 4 atau tahun-tahun mendatang kita akan lebih banyak menerima film-film solo dari para karakter Avengers. Sebagian mungkin berpikir untuk melanjutkan “brand” Avengers dengan anggota lainnya, tapi pilihan lainnya Marvel Studios bisa saja mencoba grup lainnya untuk diperkenalkan di filmnya, contohnya adalah the Ultimates atau Young Avengers.

Kevin Feige sendiri sempat mengatakan jika Marvel Studios baru akan mengumumkan rencana mereka setelah film Spider-Man: Far From Home. Tapi, yang paling penting adalah para fans jangan berharap terlalu banyak untuk bisa mendapatkan film lanjutan Endgame (atau film untuk brand Avengers) dalam waktu dekat.