Infinity Gauntlet dan Infinity Stones adalah dua buah benda yang paling kuat yang pernah muncul sampai saat ini di Marvel Cinematic Universe. Dalam cerita di MCU sampai sejauh ini, kita baru melihat satu orang yang berhasil menggunakan kekuatan dari kedua benda tersebut yaitu Thanos. Di film Avengers: Infinity War, kita bisa melihat bagaimana besarnya kekuatan dari Infinity Stones dan Infinity Gauntlet.

Infinity Gauntlet sendiri pertama kali muncul pada 1990 dan Infinity Gauntlet menjadi salah satu benda yang yang paling kuat di Marvel Comics. Jika berbicara tentang cerita komik, sebenarnya selain Thanos masih ada karakter Marvel lainnya yang pernah mendapatkan, menggunakan, dan merasakan kekuatan dari Infinity Gauntlet dan Infinity Stones. Siapa saja mereka?

Spider-Man

Di film Infinity War, Peter Parker hampir berhasil menarik Infinity Gauntlet dari tangan Thanos. Sayangnya, Thanos yang sudah berhasil di “hipnotis” oleh Mantis terpaksa kembali sadar oleh Star-Lord yang marah ketika mengetahui Gamora dikorbankan untuk mendapatkan Soul Stone. Tapi, cerita di komik Avengers Infinity Gauntlet semuanya berbeda.

Spidey yang bekerja sama dengan para hero Marvel lainnya, seperti Wolverine dan Captain Marvel, berhasil mendapatkan Gauntlet tersebut ketika Thanos tidak menyadari kehadiran Spidey. Dia pun kemudian menggunakan Gauntlet tersebut. dibandingkan dengan menjentikan jarinya, Spidey lebih memilih untuk memutar waktu sampai ke titik dimana Thanos sama sekali belum memiliki Infinity Stones dan Gauntletnya.

Black Panther

Dalam cerita komik Secret Wars yang dirilis pada 2015 lalu, musuh bebuyutan Fantastic Four, Doctor Doom, membuat seluruh Marvel Universe menjadi sebuah tempat yang mengerikan seperti Neraka. Doom seolah kembali me-remake Marvel seperti yang ada di dalam bayangannya. Hal itu benar-benar membuat Marvel Universe jadi hancur. Dengan dibantu oleh Namor, Black Panther kemudian menemukan sebuah gua yang sudah lama sekali ditinggalkan oleh Doctor Strange.

Saat keduanya masuk ke dalam, mereka ternyata menemukan Infinity Gauntlet yang kemudian dipakai oleh Black Panther untuk mengalahkan Doom. Dengan adanya Gauntlet di tangannya, T’Challa kemudian mengembalikan semua kengerian yang sudah diciptakan oleh Doom. Di akhir ceritanya, T’Challa kemudian kembali ke masa dimana dia menemukan sebuah dunia parallel dengan Doctor Strange.

Santa Claus

Apakah Geeks pernah terbayang jika seorang Santa Claus memiliki Infinity Gauntlet dan memiliki semua kekuatannya? Hal ini benar-benar pernah terjadi dalam komik Marvel Digital Holiday Special pada 2009 silam. Infinity Gauntlent diceritakan berada di tangan Santa Claus. Apakah Santa menggunakan kekuatan Infinity Stones untuk mengirimkan semua hadiah natal? Atau memberikan pelajaran kepada mereka yang nakal?

Dengan kekuatan Infinity Stones yang ada di tangannya, Santa justru berubah menjadi sosok yang jahat. Kekuatan yang dimiliki oleh Santa Claus tersebut juga justru membawa kehancuran dan kekacauan bagi dunia. Konyolnya, ternyata untuk mengalahkan Santa jahat tersebut hanya membutuhkan satu serangan bola salju saja. Marvel Studios akan mengangkat cerita ini? kita nantikan saja.

Hulk

Apa jadinya jika salah satu kekuatan terbesar Marvel memiliki kekuatan Infinity Gauntlet, bahkan dua Infinity Gauntlet? Dalam cerita Ultimate Universe di komik The Ultimates Disassmbled #25, tidak ada karakter lain yang bisa mendapatkan Infinity Gauntlet selain Hulk. Satu hal yang berbeda, di realita itu Infinity Stones tidak hanya enam buah melainkan ada delapan Infinity Stones dan dua Infinity Gauntlet.

Hulk punya kedelapan Infinity Gems tersebut dan dia juga punya kedua Infinity Gauntlet saat pertarungannya melawan the Ultimates. Beruntung untuk Iron Man, Hulk tidak bisa mengakses kekuatan semua batu tersebut dan membuatnya menjadi mudah untuk diserang. Setelah semuanya selesai, Wolverine kemudian menghancurkan Infinity Stones tersebut.

Lockjaw

Lockjaw bukanlah seorang superhero ataupun manusia, melainkan seekor anjing. Lockjaw merupakan anjing milik Mr. Fantastic alias Reed Richard. Namun, bukan berarti Lockjaw menggunakan Infinity Stones dan Infinity Gauntlet di tangannya dan menggunakan kekuatan tersebut. Hal ini terjadi dalam komik Lockjaw and the Pet Avengers.

Bersama dengan teman-teman binatang lainnya dan bantuan dari Mind Stone, Lockjaw mencari keberadaan Infinity Stones. Seluruh Infinity Stones yang berhasil dikumpulkan tersebut kemudian diberikan kepada tuannya, Mr. Fantastic, untuk digunakan apapun yang dia inginkan.

Captain America

Mungkin diantara semua Avengers, Captain America adalah pilihan orang yang lebih pantas buat menggunakan Infinity Gauntlet. Bahkan, Steve dipilih langsung oleh organisasi Illuminati untuk menggunakan Infinity Gauntlet. Hal ini terjadi di tahun 2013 dalam komik Infinity. Di komiknya diceritakan jika Illuminati berusaha buat menghentikan kumpulan kecil realita lainnya masuk ke Earth-616.

Selama ancaman tersebut berlangsung, Steve Rogers diberikan keenam Infinity Gems/ Infinity Stones oleh para sekutu-sekutunya. Dia kemudian menggunakan kekuatannya agar Earth dari realita lain menjauh dari Earth-616. Sayangnya hal itu terlalu berat buat Infinity Gauntlet maupun Infinity Gem. Semua Infinity Stones hancur kecuali Time Stones. Dengan tidak adanya pilihan lain, akhirnya mereka pun memilih untuk menghancurkan bumi lainnya.

Doctom Doom

Dalam seri komik Fantastic Four, Doctor Doom benar-benar membuat tim Fantastic Four kerepotan dengan kekuatan Infinity Gauntlet miliknya. Sama seperti Hulk, Doom juga memiliki dua Infinity Gauntlet. Perbedaannya dengan Hulk, Doom bisa menggunakan dua Infinity Gauntlet tersebut secara bersamaan, berkat kemampuannya untuk bisa pergi ke universe yang lain.

Berkat kemampuannya tersebut, Dia harus Doom mampu “mengumpulkan” Doom lainnya  yang disebut Parliament of Doom dan kemudian mendapatkan dua Infinity Gauntlet. Cerita lainnya di komik What If Series 1, berkat kekuatan Infinity Stones dan Infinity Gauntlet Doctor Doom benar-benar sangat kuat. Bahkan, dia berubah menjadi sosok immortal God.

Nebula

Nebula adalah penerus dari Thanos dan dia juga pernah merasakan kekuatan dari Infinity Gauntlet. Dalam cerita klasik Infinity War, ketika Avengers berusaha untuk mengalahkan Thanos, Nebula berpura-pura bergabung dengan mereka. Saat pertempuran dengan Thanos berlangsung, Nebula kemudian mencuri Infinity Gauntlet dan kemudian mengambil kekuatan Infinity Stones.

Dengan kekuatan Infinity Stones, Nebula kemudian berubah menjadi sosok pahlawan yang tidak diduga. Dia memutar kembali waktu dan mencegah apa yang sudah dilakukan oleh Thanos. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh Nebula tersebut membuatnya menjadi sosok zombie. Adam Warlock kemudian muncul untuk membuat sebuah disharmoni untuk Infinity Stone, yang membuat Nebula akhirnya melepaskan Infinity Gauntlet.

Silver Surfer

Dalam seri komik What If, Silver Surfer diberikan sebuah “kesempatan” untuk bisa merasakan bagaimana kekuatan dari Infinity Gauntlet. Dengan kekuatan yang sudah dia miliki sebelumnya, ditambah dengan kekuatan dari Infinity Stones dan Gauntlet membuat Silver Surfer memiliki kekuatan yang lebih kuat dibandingkan karakter lainnya.

Silver Surfer juga banyak melakukan hal yang membuat orang-orang yang membaca komiknya akan muncul dengan sebuah pertanyaan. Apakah Silver Surfer sendiri atau kekuatan dari Infinity Stones yang mengendalikan dirinya? Namun, Shalla-Bal yang bisa dibilang kekasih dari Silver Surfer, meyakinkan untuk melepaskan kekuatan tersebut dan melepaskan Infinity Gauntlet.

Adam Warlock

Sejauh apapun perkembangan dari para pahlawan Marvel, rasanya tidak ada perubahan yang lebih signifikan dibandingkan dengan sosok Adam Warlock. Dia adalah pengguna terakhir Infinity Gauntlet dalam mini seri Infinity Gauntlet. Tidak usah diragukan lagi, kekuatannya semakin menjadi kuat dengan Adam memiliki Infinity Gauntlet.

Meskipun dia kuat, Adam sendiri sempat melakukan “tes” apakah dia pantas untuk menggunakan Infinity Gauntlet Tapi, akhirnya Living Tribunal meminta Adam untuk menghilangkan Infinity Stones. Adam Warlock sendiri menyimpan satu Infinity Stone, yaitu Soul Stone, karena dia beralasan kalau dia memiliki koneksi dengan Soul World.

Magus

Magus adalah versi jahat dari Adam Warlock. Sebenarnya ada banyak sekali versi jahat dari Adam Warlock tapi, Magus mungkin adalah satu-satunya yang pernah menggunakan Infinity Gauntlet. Magus sendiri adalah versi jahat Adam yang diciptakan waktu dia mengeluarkan kegelapan dari tubuhnya dengan menggunakan Gauntlet ini. Hal ini terjadi dalam komik The Infinity War.

Dengan mengalahkan Kang the Conqueror, Doctor Doom, dan bahkan Adam Warlock, akhirnya Magus punya kekuatan Infinity Stones yang sangat dahsyat. Akhirnya Magus berhasil dikalahkan setelah Adam Warlock membuat versi hybrid dari Eternity dan Infinity, dua makhluk yang masuk ke jajaran karakter terkuat Marvel Universe. Setelah kalah, Magus kemudian diasingkan ke Soul World tapi dia kemudian berhasil kabur.

Norman Osborn

Dalam komik What If Infinity Dark Reign, Green Goblin membuat Spider-Man masuk dalam fase mimpi terburuknya. Dengan kekuatan tersebut, Green Goblin memaksa Spider-Man untuk terus menyelamatkan Gwen Stacy dari bahaya yang diciptakan oleh Green Goblin. Hal itu sengaja dilakukan agar perhatian Spidey teralihkan dan Green Goblin pun bebas melakukan kekacauan.

Dibandingkan mengincar nyawa orang-orang yang tidak berdosa dengan kekuatan tersebut dia justru mengincar Thanos. Kekacuan yang diciptakan oleh Norman harus terhenti ketika sebuah drama keluarga antara ayah dan anak terjadi. Perjalanan waktu yang dilakukan oleh Norman juga mengakibatkan dia kehilangan Infinity Gauntlet. Setelah benda tersebut hilang, mimpi buruk Spider-Man pun akhirnya bisa berhenti.

Reed Richard

Sebenarnya Reed Richard bisa merasakan kekuatan dari Infinity Gauntlet ini sebanyak dua kali. Pertama, dalam komik The Complete Fantastic Four. Di komik tersebut Reed Richard mengumpulkan dirinya versi lain dari waktu dan universe yang berbeda dan membentuk Council of Reeds. Masing-masing dari Reed Richards tersebut menggunakan Infinity Gauntlet untuk kebaikan di universe mereka. Bahkan sampai mengorbankan nyawa.

Tapi, kemudian mulai muncul keinginan untuk merasakan kekuatan Infinity Gauntlet dari sosok Reed. Inilah yang membuatnya kembali menggunakan Infinity Gauntlet. Meskipun begitu, reed masih bisa mengendalikan dirinya sehingga tubuhnya tidak diambil alih oleh kekuatan tersebut dan tidak menimbulkan kerusakan yang lebih besar.

Tony Stark

Tony Stark adalah salah satu manusia yang pernah menggunakan Infinity Gauntlet. Seperti yang diceritakan di komik Avengers #12 yang dirilis tahun 2011, Iron Man punya kekuatan dari Infinity Gauntlet saat berhadapan dengan seorang supervillain bernama, The Hood. Meskipun dia punya kekuatan yang dahsyat dari Infinity Gauntlet, dia tidak membunuh The Hood.

Sebaliknya dia kemudian ngirim The Hood ke penjara dan setelahnya dia kemudian menghancurkan Gauntlet tersebut. Tapi, Infinity Stonesnya sendiri dia berikan kepada Ilumnati dan para Iluminati yang memegang salah satu Infinity Stones menyebar ke seluruh dunia. Tujuannya, agar gak ada lagi orang yang menggunakan kekuatan Infinity Gauntlet lagi.

Darkseid

Apa jadinya jika para karakter Marvel melakukan crossover dengan karakter DC? Bagaimana jika Darkseid menggunakan Infinity Gauntlet? Hal ini terjadi dalam komik crossover JLA Avengers. Sejak adanya kesamaan dari karakter Thanos dan Darkseid, sepertinya Darkseid juga merupakan karakter yang cocok untuk menggunakan Infinity Gauntlet.

Tapi, ketika Darkseid menggunakan Infinity Gauntlet dia tidak bisa menggunakan kekuatannya 100%. Hal itu dikarenakan Darkseid menggunakannya di DC Universe. Bahkan, bisa dibilang Darkseid hampir tidak merasakan efeknya sama sekali ketika menggunakannya dan hanya sebagai hiasan saja. Meskipun begitu, Darkseid tetap memberikan kesulitan yang luar biasa untuk para anggota Justice League.

 

Infinity Gauntlet dan Infinity Stones merupakan benda yang “menggiurkan” bagi karakter-karakter yang ingin memiliki kekuatan lebih. Infinity Gauntlet sendiri terbukti bisa memberikan efek positif dan negatif, tergantung siapa yang memakainya. Kira-kira, siapa karakter yang harus mencoba Infinity Gauntlet selanjutnya?