Lini masa atau timeline yang diketahui oleh orang yang melakukan perjalanan waktu sebenarnya sudah tersusun dengan rapih. Itulah realita (reality) mereka. Sederhananya, Apapun yang terjadi di masa lalu tidak akan merubah realita milik sang karakter. Dengan konsep itu, ketika para Avengers berhasil mendapatkan Infinity Stones dan melakukan “snap” sebenarnya mereka tidak menghilangkan atau merubah apapun di lima tahun terakhir.

Hal itu justru membawa mereka yang hilang dan berubah menjadi debu masuk ke lini masa mereka, ke masa mereka saat ini (di filmnya). Jika diperhatikan, konsep ini memang rumit tapi cukup masuk akal. Meskipun tidak mengubah realita dari sang karakter yang melakukan perjalanan waktu, mengambil Infinity Stones akan menghancurkan sebuah lini masa yang ada dan membuat lini masa yang baru.

Hal ini dijelaskan oleh the Ancient One saat Bruce berusaha untuk mendapatkan Time Stone dari tangannya. Ancient One paham jika Bruce membutuhkannya, tapi dia mengingatkan tentang munculnya sebuah realita lainnya jika Infinity Stones tersebut diambil dari waktunya. Karena itulah pada awalnya Ancient One tidak ingin memberikannya kepada Bruce.

Poin tentang menciptakan sebuah realita dan timeline yang baru adalah poin yang menarik dan bagus. Tapi, Bruce juga kemudian menjelaskan hal itu bisa dicegah jika dia mengembalikannya tepat di waktu yang sama ketika mereka mengambilnya. Hal itu bisa dilakukan berkat alat GPS waktu yang diciptakan oleh Tony.

Berdasarkan pembahasan di atas, ada tiga aturan tentang time traveling di Endgame. Pertama adalah kita tidak bisa mengacaukan atau merubah masa sekarang meskipun kita pergi ke masa lalu. Kedua adalah jika pergi ke masa lalu dan merubahnya, kita akan menciptakan sebuah realita atau alternatif baru. Ketiga alternatif baru tersebut bisa dicegah jika kita berhasil kembali ke masa lalu tepat dimana kita mengambil Infinity Stones tersebut.

Meskipun banyak pertanyaan yang pastinya muncul di benak para fans tentang film ini, yang pasti MCU masih tetap sama seperti yang kita kenal. Film ini baru saja membuka beberapa kemungkinan petualangan baru yang bisa digali dengan karakter-karakter baru lainnya di MCU. Kita tunggu saja kejutan lainnya yang sudah dipersiapkan dari Marvel Studios.