Dalam sejarah Iron Man yang telah ada lebih dari 50 tahun, Tony Stark telah banyak membuat berbagai armor besinya. Tapi, armor-armor yang ia ciptakan bukan hanya ia gunakan untuk seorang diri. Beberapa armor yang ia ciptakan pernah digunakan oleh orang-orang dekatnya, tapi malah dalam beberapa kasus, armornya pernah digunakan oleh villain sebagai alat kejahatan.

Nah, berikut ini kita akan membahas 10 karakter yang pernah mengenakan armor Iron Man, remember, not Iron Heart, not Iron Lad, But Iron Man. Siapa saja dan bagaimana ceritanya? check these out ya Geeks!


Steve Rogers


Steve Rogers pernah menjadi Iron Man! Dalam universe Bullet Points yang bercerita di tahun 1940, Captain America tidak pernah ada. Hal itu terjadi karena Abraham Erskine (ilmuan yang menciptakan serum Super Soldier) terbunuh oleh mata-mata Jerman
sebelum serum Super Soldier disuntikkan pada tubuh Steve dalam Project: Rebirth.

Karena pembunuhan itu Project: Rebirth dibatalkan. Pemerintah AS kemudian mengaktifkan Project: Iron Man dan meminta Steve Rogers untuk berpartisipasi didalamnya. Steve dipilih untuk mengunakan armor Iron Man menggantikan Tony. Namun Berbeda dengan Tony, Steve harus dioperasi agar terhubung dengan armor Iron Man itu.

Debut Steve sebagai Iron Man adalah ketika pertempuran Guadalcanal, disaat
ia bertugas untuk membantu memenangkan perang dunia kedua. Semenjak itu ia terus menjadi bagian penting dari taktik militer Amerika. Namun perjalanan Steve menjadi Iron Man tidak berlangsung lama. Ia tewas oleh Peter Parker yang dalam Universe ini ia adalah
Hulk.


Happy Hogan


Sebelum ia menjadi orang kerpercayaan Tony Stark, Happy Hogan adalah seorang petinju berbakat di New York. Ia pernah melawan orang-orang hebat seperti Jack Murdock (ayah Matt Murdock) dan Eddie March. Berulang kali pula ia pernah menyelamatkan Tony dari berbagai insiden. Happy juga sering tampil di depan publik mengenakan setelan Iron Man ketika Tony sedang sibuk dengan urusannya.

Namun, meski ia tidak terlalu terampil ketika menerbangkan armor Iron Man karena beberapa kali ia pernah terjatuh, ia juga pernah ikut bergabung dengan temannya Eddie March, James Rhodes, Carl Walker, Bethany Cabe, dan Mike O’Brien sebagai Anggota dari Iron Legion.

Iron Legion merupakan grup dari beberapa armor Iron Man dan Droid yang biasa muncul untuk melindungi penduduk ketika para Avengers bertarung di lokasi yang padat penduduk. Di kesempatan lain, dia juga pernah mengenakan armor Iron Man untuk
melawan Mandarin, meskipun pertempuran itu membuat dia dan armornya rusak parah.


Norman Osborn


Norman Osborn atau yang lebih dikenal sebagai Green Goblin selalu punya berbagai cara untuk melakukan rencana jahatnya. Ketika Asgard telah jatuh, Osborn mengenakan armor Iron Man lama kemudian menghiasnya dengan warna-warna Captain America dan menyebut dirinya sebagai Iron Patriot.

Ia kemudian membentuk tim villain baru yaitu The Dark Avengers yang berisi Ares, Noh-Varr, Bullseye, Trickshot, Sentry dll. Dia mampu menipu orang-orang yang menganggapnya sebagai pahlawan dengan melakukan berbagai operasi selama beberapa waktu. Untungnya bagi Obsorn karena kala itu Tony Stark sedang bersembunyi karena Tony dikambing hitamkan selagi invasi Skrull terjadi, sehingga Osborn bisa bergerak bebas tanpa berhadapan dengan Tony.


Captain Britain


Brian Braddock alias Captain Britain, pernah mengenakan baju besi Iron Man dalam perang melawan Apocalypse dan pasukannya. Dalam timeline Age of Apocalyse alternatif ini, X-men tidak pernah ada karena Legion membunuh Profesor X dan Magneto. Hal itu membuat Captain Britain dan timnya yang harus bertanggung jawab melindungi seluruh umat manusia dari Apocalypse.

Captain Britain memiliki beberapa pukulan berat dikedua tangannya. Perjuangan Captain Britain dan pasukannya tidak cukup untuk dapat membantu Captain America karena Nyawa Captain Britain harus berakhir setelah Apocalypse merobek tubuhnya menjadi dua.


Mary Jane


Mary Jane Watson telah memiliki banyak pengalaman dengan pakaian armor dari yang kita kira. Di Marvel Knights Spider-Man #20, dia dan bibi peter parker, May mengenakan sepasang armor Iron Man. Tony Stark saat itu meminjamkan armornya kepada mereka berdua sehingga mereka bisa bergabung dengan Spider-Man untuk memasuki kastil Doctor Doom. Mereka ingin mencuri mesin waktu Doom untuk kembali kemasa lalu dan melihat bagaimana orang tua Peter meninggalkannya.

BACA JUGA: 15 Senjata Iron Man Yang Paling Mematikan!

Dalam seri Invincible Iron Man, Mary Jane juga pernah menggunakan armor Iron Man. Ketika itu Jane bekerja di Stark Industries. Karena pekerjaannya disana, ia diberi akses langsung untuk melihat armor-armor Tony Stark disana. Ia bahkan sempat mengenakan kostum Iron Spider.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2