Warning: Artikel ini mengandung HARD SPOILER untuk Avengers: Endgame, read with your own risk!

Avengers: Endgame telah memberi kita banyak sekali kejutan di filmnya. Mulai dari lompatan waktu hingga kematian karakter kesayangan. Namun kejutan yang paling menarik adalah kembalinya salah satu senjata ikonik di Marvel Cinematic Universe (MCU), yaitu Mjolnir.

Hiro Studios

Tidak sampai disitu, selain Mjolnir yang kembali eksis, kejutan terkait senjata ini adalah penggunanya. Jika sebelumnya hanya Thor ( dan Vision ) yang bisa mengangkat Mjolnir, maka di Endgame akhirnya kita bisa melihat Steve Rogers alias Captain America bertarung menggunakan Mjolnir.

Momen itu terasa begitu epic, Thanos hanya sedikit lagi mampu membunuh Thor akhirnya gagal setelah Captain America melemparkan Mjolnir padanya. Thanos pun sempat dibuat terpojok saat Capt menghujani Thanos dengan petir yang dikeluarkan dari Mjolnir.

Thor pun tampaknya sangat senang saat tahu bahwa Capt “worthy” menggunakan Mjolnir, dan dengan senang hati meminjamkannya pada Steve sebagai senjata tambahan. Namun setelah final battle selesai, beragam pertanyaan keluar dari mulut penggemar, salah satunya adalah kemana perginya Mjolnir?

Seperti yang kita tahu, setelah final battle atau di ending Avengers: Endgame, Steve Rogers melakukan perjalanan waktu untuk menyimpan seluruh Infinity Stones di waktu saat mereka di ambil. Namun saat Steve kembali ke masa itu ( dengan sosok yang lebih tua ), ia hanya membawa tameng Captain America dan mewariskannya pada Falcon.

Lalu kemana Mjolnir? Sedikit flashblack, Captain America mengembalikan Infinity Stones ke waktu yang seharusnya karena petuah dari Ancient One kepada Bruce Banner. Ancient Onemengatakan bahwa Infinity Stones adalah artefak pelindung di realitas mereka. Jika realitas tersebut kehilangan pelindungnya, maka kehancuran akan dengan mudah mendatangi realitas tersebut.

Hal ini juga tampaknya berlaku pada Mjolnir, meskipun tidak sekuat Infinity Stones, Mjolnir bagaimana pun adalah salah satu artefak terkuat di MCU, di tangan Thor, Mjolnir telah melindungi banyak dunia. Perlu diingat, bahwa Mjolnir yang digunakan Captain America adalah Mjolnir dari masa lalu, yang di ambil Thor saat ia dan Rocket pergi ke Asgard untuk mencari reality stones.

Jadi, besar kemungkinan jika Captain America telah membawa Mjolnir ke tempat asalnya, yaitu Asgard, di masa saat event Thor: The Dark World berjalan. Tapi perginya Capt ke masa lalu untuk mengembalikan Infinity Stones juga memberi kita pertanyaan lain, yaitu apakah ia menyimpan soul stones di Vormir? Jika ya, tentunya Capt dipastikan bertemu lagi dengan musuh lamanya, Red Skull, lalu apa yang terjadi pada mereka?

Well, stay tune di Greenscene.co.id untuk membahas berbagai pertanyaan yang masih menggantung di film Avengers: Endgame.

Hiro Studios