Warning: Artikel ini mengandung HARD SPOILER untuk Avengers: Endgame, read with your own risk!

Banyak orang yang memprediksi film Avengers: Endgame akan menjadi film yang besar, epik, mengharukan, dan akan menjadi sebuah awal baru bagi film-film di Marvel Cinematic Universe lainnya. Film ini juga banyak memperlihatkan karakter-karakter favorit para fans dengan akhir yang bahagia (dan memuaskan). Tapi, tentunya kita tahu jika cerita besar di MCU tidak berhenti disini.

Meskipun banyak pertanyaan para fans sebelumnya tentang Endgame yang akhirnya terjawab, banyak pertanyaan lainnya muncul setelah film ini tayang. Berbagai cerita yang terkesan “menggantung” tentunya membuat para fans penasaran dengan apa yang akan disuguhkan di Phase 4 nanti. Berikut adalah pertanyaan yang muncul setelah menonton film Avengers: Endgame.

Apakah Kita Akan Melihat Bruce Banner Lagi?

Ketika kita melihat apa yang terjadi dengan Bruce Banner dan Hulk di akhir film Avengers: Infinity War, sepertinya keduanya sedang memiliki permasalahan dalam “hubungan” mereka. Hulk bersikeras untuk tidak muncul saat Bruce membutuhkannya. Sementara di awal film Endgame kita melihat Bruce berhasil menyatukan kepintarannya dengan kekuatan Hulk, dan menjelma menjadi sosok inkarnasi Hulk bernama Professor Hulk.

Dari film Infinity War sampai Endgame, kita tidak mengetahui apa sebenarnya masalah yang terjadi dengan mereka berdua. Dengan menyatunya Bruce dan Hulk, apakah itu artinya Bruce Banner (dalam versi normal) dan juga Hulk sudah hilang selamanya? Tentunya ada banyak orang yang penasaran, jika Bruce Banner masih memiliki keinginan untuk kembali menjadi manusia lagi.

Apa yang Terjadi Dengan Gamora?

Dari berbagai pengembangan yang merubah hal yang sudah terjadi di Marvel Cinematic Universe, salah satu yang menarik adalah di film Endgame Marvel memunculkan kembali sosok Gamora. Dibandingkan dengan membangkitkan kembali sosoknya, kita justru melihat Gamora muda melakukan perjalanan waktu dari sebelum tim Guardians of Galaxy bertemu dengannya. Artinya, Gamora “baru” tersebut adalah Gamora dari 9 tahun yang lalu.

Namun, di akhir Endgame kita melihat Peter Quill tetap mencari keberadaan Gamora dan yakin dia masih hidup. Apakah hal itu benar? Mengapa jentikan jari Tony Stark tidak “menghapus” para karakter yang sama seperti Gamora? Apakah jentikan jari Tony bisa diatur sesuai kehendak pemakainya? Jika Gamora masih hidup, bagaimana cara dia bisa tetap hidup? Apakah Gamora selamat dan bersembunyi di bumi?

Apa yang Terjadi Dengan Loki?

Salah satu momen yang bisa mengundang senyum dari film ini adalah saat para Avengers mencoba untuk mendapatkan Tesseract. Namun, Tesseract justru berada di tangan Loki yang sudah tertangkap. Melihat hal itu Loki kemudian menghilang dan tidak terlihat lagi di filmnya. Lalu, apa artinya hal tersebut bagi Loki? Apakah dia sudah mati atau masih hidup?

Apa yang dilakukan oleh Loki sepertinya sudah menyebabkan sebuah aliran waktu paralel untuk memisahkan masa atau waktunya dengan para Avengers.  Sehingga sekarang ada sebuah linimasa (timeline) dimana Loki kabur dengan memegang satu Infinity Stones. Apakah ini juga merupakan petunjuk untuk seri terbaru Loki nanti di Disney Plus?

Mengapa Steve Mampu Mengangkat Mjolnir?

Selain momen yang mengundang senyum, ada banyak juga momen atau kejadian di film Endgame yang memberikan fan service kepada para penonton dan penggemar setia Marvel. Salah satu diantaranya adalah saat Steve Rogers mampu mengangkat palu legendaris milik Thor, Mjolnir saat pertarungannya melawan Thanos.

Tidak diragukan lagi jika Steve Rogers adalah sosok atau karakter yang baik dan memberikan banyak efek positif kepada penonton ataupun para Avengers. Namun, yang jadi pertanyaan adalah mengapa Steve bisa mengangkat Mjolnir sekarang? Mengapa di film sebelumnya Steve tidak bisa mengangkat Mjolnir (meskipun berhasil menggesernya)?

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2: