Sampai saat ini, salah satu topik yang banyak diperdebatkan oleh para fans dari seri Dragon Ball Z adalah seberapa kuat kekuatan Goku. Tapi, sepertinya perdebatan tersebut mulai memunculkan kesimpulan. Di situs Reddit, salah seorang fan Dragon Ball mencoba untuk menghitung seberapa jauh kekuatan Saiya Goku. Menurutnya, kekuatan resmi Saiya milik Goku berada di angka 8.618.

Sebenarnya, topik perhitungan seberapa besar kekuatan karakter yang muncul di DBZ dari “kacamata” para Scouter pernah dibahas oleh seorang redditor bernama “Summer Flux” yang membahas seluruh angka dari kekuatan level para karaketr tersebut. Hal itu tentunya membuat para fans kemudian ramai membahas tentang kekuatan para karakter di seluruh seri Dragon Ball Z.

Tapi, tentu saja tidak ada yang namanya angka pasti atau hal semacamnya dalam cerita Dragon Ball Z. Selain Goku, sempat juga terjadi debat di kalangan fans tentang seberapa besar kekuatan dari Gohan dari pengamatan para Scouter dan apakah angka tersebut bisa dipercaya atau tidak. Tapi, seperti yang Qdiungkapkan oleh seorang pengguna reddit lainnya, “BootheFuzzyHamster,” power level atau level kekuatan yang muncul di DBZ pada akhirnya tidak perlu diambil pusing.

Akira Toriyama tentunya memiliki sebuah tujuan, yaitu menunjukan bahwa karakter tersebut memiliki kekuatan yang dahsyat. Itulah mengapa meskipun sebagian orang sangat “terobsesi” dengan level kekuatan, pada akhirnya angka tersebut tidak berpengaruh dan karakter antagonis tetap akan merasakan kedahsyatan dari kekuatan Goku, Vegeta, atau karakter lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.