Warning: Artikel ini mengandung HARD SPOILER, read with your own risk

Avengers: Endgame benar-benar jadi film MCU yang berbeda dibanding film lainnya. Dengan berani, Marvel Studios akhirnya “membunuh” beberapa karakter yang selama ini sangat di cintai para penggemar. Para karakter tersebut adalah Black Widow a.k.a Natasha Romanoff, Vision yang tidak kembali hidup, Steve Rogers yang tampaknya sudah tidak mampu mengemban nama Captain America, dan yang paling menyedihkan adalah Tony Stark alias Iron Man yang berkorban demi alam semesta.

Hiro Studios

2 nama terakhir yang disebutkan, bisa dibilang merupakan anggota major sejak Avengers generasi pertama. Kehilangan Steve dan Tony, sama dengan kehilangan pemimpin dan visi. Karena mereka berdua adalah sosok yang masing-masing mewakili hal tersebut. Kehilangan mereka tentu akan sangat berefek pada Avengers yang tersisa.

Regenerasi Peran

Tentunya kehilangan Tony dan Steve tidak membuat Avengers berhenti begitu saja. Marvel Studios juga sampai saat ini tengah menyiapkan beberapa slot film untuk MCU phase 4. Pertanyaannya, siapa yang akan menggantikan peran Steve dan Tony di babak selanjutnya?

Jika dari segi visi dan ilmu pengetahuan, adalah Bruce Banner atau yang kini bisa dibilang Profesor Hulk, mampu menjadi kandidat scientist utama di Avengers. Namun ada juga sosok potensial lain, yaitu Shuri, adik dari T’Challa, yang pernah Kevin Feige sebut sebagai manusia terpintar di seluruh MCU.

Shuri juga mampu jadi pelopor teknologi nano yang digunakan di kostum Black PantherĀ  dan menginspirasi Tony untuk mengadaptasinya di armor Iron Man. Sedangkan untuk superhero “berarmor” ala Iron Man, mungkin kita tidak akan sepenuhnya kehilangan hal tersebut, karena Papper Potts kini telah fasih menggunakan armor rescue yang diberikan oleh Tony sebelum kematiannya, belum lagi War Machine yang masih akan setia menemani kita di petualangan selanjutnya.

Lalu bagaimana dengan peran Steve Rogers? Well, untuk alter egonya sebagai Captain America sudah pasti diemban oleh Sam Wilson, yang sebelumnya menggunakan identitas Falcon. Namun dari segi kepemimpinan, nampaknya Captain Marvel akan jadi pemimpin Avengers selanjutnya.

Captain Marvel selama berpuluh tahun telah melakukan “superhero things” diseluruh penjuru semesta, belum lagi ia ditempa dengan berbagai pelatihan militer di Bumi dan di Hala. Oleh karena itu tentu ia akan menjadi Avengers yang paling berpengalaman dan memiliki jika kepemimpinan yang kuat.

Avengers Yang Tersisa

Jika tadi kita membicarakan pengganti peran Tony dan Steve di Avengers, maka sekarang mari kita membahas kelanjutan nasib Avengers yang tersisa. Dimulai dari Thor, yang merupakan satu-satunya yang tersisa dari “Trinity”. Di Endgame sendiri telah dipastikan bahwa Thor akan bergabung dengan kawanan Guardians of the Galaxy seperti Quill, Drax, Groot, Mantis, Rocket dan Nebula.

Namun Gamora yang merupakan sosok dari masa lalu tampaknya lebih memilih untuk berpisah dari kawanan GOTG. Entah apakah di GOTG Vol.3 ia akan kembali atau justru penampilannya di Endgame adalah penampilan terakhir dari Gamora, meskipun kemungkinannya cukup kecil.

Disamping itu, GOTG Vol.3 tampaknya akan menjadi titik penting bagi masa depan MCU. Karena dalam sebuah sesi interview, president of Marvel Studios, Kevin Feige, menjabarkan bahwa terlepas dari masalah yang sebelumnya ada, GOTG Vol.3 akan tetap menggunakan jasa dan script karya James Gunn.

Masalahnya sepenting apa script dan visi James Gunn untuk MCU phase selanjutnya? Dalam wawancaranya bersama IGN di akhir tahun 2017, James Gunn berucap bahwa “Itu (GOTG Vol.3) sudah menjadi bagian dari apa yang saya lakukan dengan Marvel dan percakapan yang saya dan Kevin lakukan setiap hari. Ketika kita berbicara tentang Guardians of the Galaxy 3, kisah itu adalah kisah yang akan mengarah pada cerita lain, itulah adalah awal dari seluruh elemen lain dari alam semesta Marvel Cosmic. Itu bagian dari apa yang saya lakukan sekarang. “.

Selain itu, ada pula Spider-Man, yang hanya tinggal menunggu beberapa minggu untuk menghibur kita di film Spider-Man: Far From Home. Di film ini akan ada beberapa karakter MCU lain yang dipastikan bergabung. Seperti Happy Hogan dan Nick Fury. Film ini juga kemungkinan besar akan menampilkan petunjuk untuk MCU phase 4, karena menurut Kevin Feige, meskipun Endgame adalah akhir dari arc Infinity Saga, namun Far From Home adalah akhir dari phase 3 MCU.

Mungkin kita akan mengernyitkan dahi begitu tahu Far From Home adalah penutup phase 3. Namun Marvel Studios sepertinya ingin membuat “akhir menjadi awal yang baru”, seperti penutup phase 2 yaitu film solo Ant-Man. Phase 2 yang puncaknya terjadi di Avengers: Age of Ultron ditutup dengan canda tawa dan cerita ringan namun esensial dari Ant-Man.

Selain Spider-Man, karakter lain yang dipastikan mendapat sekuel adalah Doctor Strange. Kehadiran sosok ini semakin sentral bagi Avengers. Strategi “Endgame” miliknya terbukti berhasil dan membuktikan bahwa Strange bukanlah karakter “kelas B”. Dengan semakin luasnya MCU, perannya tentu akan semakin sering terlibat dengan Avengers.

Sedangkan masa depan karakter lain seperti Captain Marvel, War Machine, Hawkeye, Ant-Man, dll masih cukup misterius. Meskipun Marvel Studios pastinya telah merancang skema cerita untuk mereka. Mungkin hanya tinggal menunggu waktu saja sampai update terbaru bisa kita ketahui.

Hiro Studios